Teknik Pemeliharaan Tanaman Kelapa (Sederhana)

Teknik Pemeliharaan Tanaman Kelapa Secara Sederhana

Sedulurtani.com. Pemeliharaan tanaman kelapa meliputi penyiangan, drainase, pemupukan tanaman dilapang, pembumbunan, dan sanitasi. Baca juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kelapa Secara Lengkap.

Berikut ini adalah bagian-bagian dari teknik pemeliharaan tanaman kelapa :
1. Penyiangan

Pada penyiangan ini terbagi menjadi dua langkah, yaitu pemeliharaan gawangan dan bokoran. Pemeliharaan gawangan merupakan pengendalian tanaman pengganggu yang terletak diantara barisan tanaman.

Jika ditanam LCC( Legum Cover Crop) yang merupakan tanaman penutup tanah, gulma harus dibersihkan. Secara umum gulma yang sering terdapat pada bagian gawangan, antara lain alang-alang, euphotorium, kucingan dan paitan.

Dalam pemeliharaan gawangan ini penggunaan herbisida pada TBM (Tanaman Belum Menghasilkan) sebaiknya dihindarkan.

Selanjutnya ialah bokoran, yaitu merupakan kegiatan penyiangan di daerah sekitar pokok tanaman kelapa. Jari-jari bokoran pada tanaman kelapa yang berumur 2 tahun yaitu sekitar 2 m. Sedangkan jari-jari bokoran tanaman kelapa yang berumur 3 tahun adalah 1,5 m. Pastikan pada bagian jari-jari  bokoran bersih dari gulma maupun LCC.

Pembersihan bokoran dilakukan sebulan sekali. Jika tanama telah menghasilkan bokoran tidak perlu dibersihkan hanya cukup menurunkan LCC, kemudian pembalikan tanah.

Teknik Pemeliharaan Tanaman Kelapa
Teknik Pemeliharaan Tanaman Kelapa
2. Pengairan

Pada dasarnya budidaya tanaman kelapa harus terhindar dari genangan air. Oleh karena itu, dua bulan sebelum musim hujan harus dilakukan pembersihan selokan (saluran air) supaya tidak terjadi run off.

Kebutuhan akan air pada tanaman kelapa cukup besar, untuk itu perlu penyiraman dua kali sehari dipagi dan sore, pada musim kemarau. Pada setiap pohon membutuhkan kurang lebih 3-5 liter air per hari, tergantung dari ukuran pohon tersebut. Sedangkan penyiraman pada musim hujan dapat menyesuaikan dengan kondisi tanah.

3. Pemupukan

Pemupukan tanaman kelapa dilakukan dua kali per tahun. Pemupukan pertama pada akhir musim hujan dan pemupukan kedua dilakukan menjelang akhir musim hujan. Bagi tanaman yang masih berumur 1-2 tahun pupuk diberikan dengan cara disebar pada bokoran selebar tajuk pohon.

Sedangkan untuk tanaman yang telah berumur 2 tahun lebih pupuk diberikan dengan cara disebar di daerah pinggiran tanaman sampai dengan jari-jari 1 meter dari tanaman.

Berikut ini adalah tabel jenis dan dosis pupuk yang dianjurkan untuk tanaman kelapa yang belum menghasikan :

JENIS PUPUK PADA TANAMAN KELAPA HIBRIDA DAN KELAPA DALAM BELUM MENGHASILKAN (TBM)

Umur (tahun)Dosis Pupuk g/pohon/tahun)
UreaRPTSPKCLKiseritBorax
180050060030050
21.10090090040050
31.8001.5001.60070050
42.0001.5002.000800

Keterangan :

RP = rock phosphate (fosfat alami)

Sumber :Buku Budidaya  11 Tanaman Perkebunan Unggul

Jika pupuk urea akan digantikan menggunakan pupuk kandang, maka dosis pupuk KCL dan TSP juga harus disesuaiakan.

Berikut ini adalah tabel jenis dan dosis pupuk pada kelapa hibrida dan kelapa dalamyang belum menghasilkan :

Umur (Tahun)Dosis Pupuk (pohon/tahun)
Pupuk Kandang (kg)TSP (g)KCL (g)Kiserit (g)Borak (g)
19010945030025
212480269340050
32031.26270050
42251.625800

Sumber :Buku Budidaya  11 Tanaman Perkebunan Unggul

4. Pembumbunan

Seperti halnya dalam budidaya tanaman kentang, pembumbunan dilakukan dengan cara melakukan pengolahan tanah secara ringan di sekeliling tanaman kelapa menggunakan cangkul.

Tujuan dari pembumbunan, yaitu untuk meningkatkan kesuburan tanah disekeliling tanaman, memperkokoh berdirinya tanaman, dan aerasi supaya berjalan lancar.

5. Sanitasi

Sanitasi dilakukan dengan tujuan untuk pencegahan terhadap serangan hama dan penyakit. Kegiatan ini harus dilakukan secara periodik dengan membuang berbagai jenis kotoran serangga, pelepah yang menggantung, atau daun-daun kering.

Pada bagian batang tanaman yang digunakan untuk memanjat pun juga harus bersih. Kegiatan sanitasi ini juga sering juga disebut dengan kegiatan penyiangan tanaman. Dimana kegiatan tersebut berupa pembersihan gulma disekeliling tanaman.

Demikian artikel tentang Teknik Pemeliharaan Tanaman Kelapa Secara Sederhana. Semoga dapat menjadi referensi bagi Anda.

Baca juga :

Follow saya diFacebook.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.