Tanaman Bajakah Merupakan Obat Tradisional Kanker

Tanaman Bajakah Merupakan Obat Tradisional Kanker

Sedulurtani.com. Sebelum kita membahas mengenai ” tanaman bajakah merupakan obat tradisional kanker “, maka sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu apa itu penyakit kanker, gejalanya, dan cara pencegahannya.

Kanker adalah penyakit akibat pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker. Sel-sel kanker ini dapat berkembang dan menyebar ke bagian tubuh lainnya, sehingga sangat membahayakan penderita.

Banyak orang mengenal kanker dengan istilah tumor, padahal tidak semua tumor adalah kanker. Tumor adalah segala bentuk benjolan yang tidak normal atau abnormal. Penyakit tumor ini bedakan dalam 2 golongan, yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Sementara itu, kanker adalah istilah umum untuk semua jenis penyakit tumor ganas.

Pada umumnya sebelum penyakit kanker meluas atau merusak jaringan di sekitarnya, penderita tidak merasakan adanya keluhan ataupun gejala. Akan tetapi bila sudah ada gejala, maka penyakit kanker ini sudah lanjut.

Penyakit yang cukup mematikan ini dapat menimpa semua orang, pada setiap bagian tubuh, dan pada semua gologan umur. Akan tetapi penyakit kanker lebih sering menyerang orang yang berusia diatas 40 tahun.

Tanaman bajakah merupakan obat tradisional kanker
Tanaman bajakah merupakan obat tradisional kanker
Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan penyakit kanker :
  • Memiliki riwayat kanker
  • Menginjak usia tua
  • Terkena radiasi, zat kimia (misalnya dari asbes atau benzene), atau sinar matahari.
  • Terinfeksi virus, seperti Hepatitis B, hepatitis C, dan HPV
  • Terpapar hormon dalam kadar tinggi atau jangka panjang
  • Kebiasaan merokok
  • Obesitas
  • Menurunnya sistem kekebalan tubuh, misalnya akibat menderita HIV/AIDS
  • Kurang gerak dan tidak rutin berolahraga
  • Menderita penyakit yang menyebabkan inflamasi kronis (peradangan jangka panjang), misalnya kolitis ulseratif
Ada beberapa ciri/ gejala kanker yang perlu Anda perhatikan, antara lain:
  • Waktu buang air besar atau kecil ada perubahan kebiasaan atau gangguan.
  • Alat pencernaan terganggu dan susah untuk menelan makanan.
  • Pada bagian payudara atau di tempat lain terdapat benjolan (tumor).
  • Terdapat andeng-andeng (tahi lalat) yang berubah sifatnya, menjadi semakin membesar dan terasa gatal.
  • Darah atau lendir yang tidak normal keluar dari dalam tubuh
  • Suara menjadi serak dan atau batuk yang tak kunjung sembuh
  • Jika terdapat luka tidak kunjung sembuh-sembuh
Ada beberapa tips sehat untuk mencegah terjadinya kanker pada tubuh kita, antara lain sebagai berikut :
  • Mengurangi jenis makanan yang mengandung lemak berlebihan
  • Memperbanyak makanan berserat
  • Memperbanyak makan sayur-sayuran berwarna dan buah-buahan
  • Mengurangi makanan yang telah diawetkan atau disimpan terlalu lama
  • Mengurangi minuman alkohol
  • Lebih banyak makan makanan segar
  • Menghindari kebiasaan merokok. (Bagi perokok sebaiknya berhenti merokok)
  • Hindari stres dengan melakukan gaya hidup yang seimbang
  • Periksakan kesehatan secara berkala

Setalah Anda mengetahui tentang penyakit kanker, meliputi penyebab, gejala, dan pencegahan, maka selanjutnya akan kita bahas mengenai tanaman bajakah untuk obat tradisional kanker.

Tahukah Anda bahwa baru-baru ini dunia dikejutkan dengan penemuan pengobatan kanker oleh siswa SMA Negeri 2 Kota Palangkaraya yang bernama Anggina Rafitri, dan Aysa Aurealya Maharani dan Yazid.

Ketiganya siswa SMA tersebut telah berinovasi tentang pengobatan kanker menggunakan tanaman Bajakah yang dikemas dalam bentuk serbuk.

Sangat membanggakan, inovasi tersebut berhasil memboyong medali emas dalam lomba karya ilmiah internasional pada kompetisi World Invention Creativity (WICO) yang diselenggarakan pada tanggal 25 Juli 2019 di Seoul, Korea Selatan.

Bajakah atau dengan nama latin (Spatholobus littoralis Hassk) merupakan jenis tanaman merambat yang berasal dari hutan di pedalaman Kalimantan Tengah. Bajakalah adalah tanaman asli Indonesia.

Tanaman Bajakah tumbuh merambat dengan ukuran batang yang cukup besar dan dapat mencapai ketinggian 5 meter.

Tanamaan Bajakah banyak ditemukan pada daerah hutan yang ternaungi, sehingga tampak rimbun dengan intensitas cahaya matahi yang sedikit.

Tanaman Bajakah Merupakan Obat Tradisional Kanker

Tanaman Bajakah sudah dikenal lama oleh suku Dayak sebagai obat herbal alami yang ampuh menyembuhkan beberapa penyakit berbahaya.

Tidak hanya untuk mengobati penyakit kanker, Suku Dayak banyak memanfaatkan Bajakah untuk mengobati beberapa penyakit lainnya, seperti disentri, reumatik, dan bahkan digunakan untuk mengobati luka.

Kandungan akar bajakalah

Akar bajakah telah terbukti melalui uji laboratorium mengandung aktioksidan yang tinggi,  sehingga berguna untuk mengobati kanker. Dimana tanaman Bajakah ini memiliki kandungan antioksidan ribuan kali lipat dibandingkan jenis tanaman lainnya.

Terdapat sekitar 40 zat dalam bajakah yang dapat membunuh dengan efektif sel-sel kanker yang menyebar ke seluruh bagian tubuh.

Uji laboratorium yang dilakukan seorang mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat pada tahun 2012 menemukan kandungan senyawa fenolik, flavonik, tanin, dan saponin, dalam tanaman Bajakah.

Bersumber dari cerita yang berkembang, pengobatan penyakit kanker menggunakan tanaman bajakah ditemukan oleh orang Dayak asli yang bernama Daldin pada tahun 1970 an.

Pada waktu itu Daldin menemukan tanaman bajakah di tengah hutan dan digunakan untuk mengobat kanker payudara pada ibunya. Penyakit kanker pada Ibunya telah memasuki  stadium 4. Oleh karena itu, pada beberapa bagian tubuh ibu Daldin mengeluarkan cairan nanah.

Setelah satu minggu Ibu Daldin mengonsumsi air rebusan tanaman bajakah, maka kondisinya pun kian membaik. Bahkan satu bulan setelah itu Ibu Daldin dapat sembuh total.

Tanaman bajakah untuk obat kanker biasa dibuat oleh suku Dayak dalam bentuk bubuk. Suku Dayak biasa memanfaatkan bajakah untuk obat dengan cara mengolahnya terlebih dahulu baru kemudian dikonsumsi.

Cara pembuatanya, yaitu Bajakah dikeringkan melalui sinar matahari, kemudian dicacah dan ditumbuk hingga lembut menjadi bubuk. Bubuk tersebut kemudian di rebus selama 30 menit, kemudian diminum secara rutin.

Demikian artikel tantang, Tanaman Bajakah Merupakan Obat Tradisional Kanker. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Baca juga :

Follow saya diFacebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.