Syarat Tumbuh Tanaman Tembakau

Syarat Tumbuh Tanaman Tembakau

Sedulurtani.com. Tembakau merupakan bahan baku utama untuk pembuatan rokok yang sangat digemari banyak orang. Oleh karena itu, permintaan akan tembakau dipasaran cukup tinggi. Silahkan baca : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Tembakau (Lengkap)

Hal demikian, membuat banyak petani Indonesia yang memanfaatkan peluang akan permintaan tanaman tembakau dengan malakukan budidaya tanaman tersebut.

Sementara itu, sebelum melakukan budidaya tanaman tembakau, maka diperlukan pengetahuan mendasar terkait syarat tumbuh dari tanaman tersebut.

Dimana pertumbuhan dan produksi daun tanaman tembakau yang baik hanya akan diperoleh apabila ditanam pada lingkungan yang cocok dengan syarat tumbuhnya.

Berikut ini, telah kami sajikan syarat tumbuh dari tanaman tembakau. Dengan ini diharapkan dapat menjadi informasi bagi petani supaya melakukan budidaya tembakau pada tempat yang sesuai, sehingga hasil yang didapatkan pun juga akan baik.

Gambar Tanaman Tembakau
Gambar Tanaman Tembakau

Berikut ini adalah syarat tumbuh dari tanaman tembakau :

Syarat Tumbuh Tanaman Tembakau

1.Iklim

Tembakau merupakan tanaman tropis yang mampu hidup pada rentang iklim yang luas. Namun, tanaman ini akan tumbuh dengan optimum pada daerah yang beriklim kering. Tanaman yang digunakan sebagai bahan baku rokok ini dapat tumbuh dari 60o LU-40o LS.

Tembakau bisa hidup pada dataran rendah hingga dataran tinggi, mulai dari 200 – 3.000 meter diatas permukaan laut. Suhu yang dikehendaki sebagai syarat hidup tembakau, yaitu minimum 15o  C dan maksimum 42o C. Sedangkan suhu yang ideal pada waktu siang hari adalah 27o C.

Sementara itu, faktor seperti curah hujan sangat menentukan hasil dan mutu dari tembakau. curah hujan rata-rata yang dikehendaki dalam budidaya tanaman tembakau berkisar 1500-2000 mm/tahun.

Mulai dari tahap penanaman hingga fase pemasakan daun diharapkan dalam kondisi kering.

Oleh karena itu pengaturan waktu tanam yang didasarkan periode kering perlu diperhatikan karena sangat menentukan keberhasilan dari petani tembakau.

2. Tanah

Tembakau termasuk tanaman yang kuat karena mampu tumbuh pada sebagian banyak jenis tanah.

Meskipun demikian, tekstur tanah lapisan atas yang baik untuk budidaya tanaman tembakau adalah tanah lempung berpasir dengan sub soil liat berpasir. Dimana tanah-tanah tersebut mempunyai porsi udara dan air tanah yang optimum bagi pertumbuhan akar tanaman tersebut.

Selain itu, tanaman ini menghendaki tanah yang gembur, remah, strukturnya baik, dan drainase baik, serta permeabilitasnya cukup tinggi.

Keasaman tanah yang baik untuk budidaya tanaman tembakau, yaitu dengan pH antara 5-6 (tidak terlalu asam atau basa).

Demikian artikel tantang, Syarat Tumbuh Tanaman Tembakau. Semoga dapat menjadi referensi bagi Anda.

Baca juga :

Follow Facebook sedulurtani.com, untuk mendapatkan informasi terbaru terkait pertanian dan pendidikan dengan cara Klik disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.