Syarat Tumbuh Tanaman Teh Secara Tepat

Sedulurtani.com. Sebelum melakukan budidaya tanaman teh, maka sebaiknya terlebih dahulu untuk mengetahui syarat tumbuh dari tanaman tersebut.

Dimana tanaman teh yang diusahakan pada daerah yang sesuai dengan syarat tumbuhnya akan menghasilkan produksi yang tinggi dan kualitasnya pun juga baik.

Syarat Tumbuh Tanaman Teh Secara Tepat
Syarat Tumbuh Tanaman Teh Secara Tepat
Berikut ini adalah syarat tumbuh dari tanaman teh yang sesuai :

a. Iklim

Secara umum teh di daerah tropis ditanaman pada ketinggian sekitar 800-1100 m dpl. Akan tetapi tanaman teh akan berproduksi dan menghasilkan kualitas yang baik apabila ditanam pada ketinggian 700- 1000 mdpl.

Sedangkan pada ketinggian 400-800 mdpl tanaman teh memerlukan tanaman pelindung sementara maupun tetap dan juga dibutuhkan mulsa plastik untuk menurunkan suhu tanah.

Selain ketinggian, tanaman teh juga menghendaki curah hujan antara 2.000-2.500 mm per tahun. Pada daerah tropis tanaman ini tidak tahan terhadap kemarau yang panjang. Curah hujan yang ideal tidak kurang dari 100 mm/ bulan sepanjang tahun.

Suhu ideal untuk tanaman teh berkisar 18-30o C. Apabila suhu diatas 30o C, maka kondisi tersebut akan dapat menghambat pertumbuhan tanaman teh.

Jenis angin yang berhembus membawa udara panas akan membawa efek yang tidak baik bagi pertumbuhan tanaman teh. Apabila angin ini berhembus selema 4 hari berturut-turut, maka dapat mennyebabkan kerontokan pada daun.

Kerontokan ini disebabkan karena ketidakseimbangan antara penguapan dan kemampuan akar menghisap air. Selain itu angin juga dapat menyebabkan hama dan penyakit yang dapat menyerang tanaman teh.

Syarat Tumbuh Tanaman Teh Secara Tepat

b. Tanah

Tanah yang cocok untuk budidaya tanaman teh, yaitu tanah yang subur, tidak bercadas, dan mengandung banyak bahan organik.

pH tanah yang ideal untuk tanaman teh antara 4,5-6,5, dan umumnya tanaman ini tumbuh dengan baik pada lereng-lereng pegunungan berapi yaitu pada tanah andisol.

Selain jenis tanah Andisol, tanah yang cocok untuk menanam teh, yaitu jenis tanah Latosol dan Podzolik. Kedua jenis tanah ini terdapat di daerah yang rendah di bawah 800 m dpl.

c. Elevasi

Elevasi tidak menjadi pembatas dalam pertumbuhan tanaman teh yang diusahakan. Dimana dalam hal ini terdapat kaitan antara elevasi dengan unsur iklim seperti suhu udara.

Semakin rendah elevasi tanaman maka suhu udara pun akan semakin tinggi. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi suhu yang tinggi pada dataran rendah perlu dilakukan penanaman pohon pelindung.

Dengan adanya tanaman pelindung tersebut akan dapat mempengaruhi suhu udara menjadi rendah, sehingga akan baik untuk pertumbuhan tanaman teh.

Menurut keserasian elevasi di Indonesia terdapat tiga daerah, yaitu:

  1. Daerah rendah < 800 m di atas permukaan laut
  2. Daerah sedang 800 – 1.200 m di atas permukaan laut
  3. Daerah tinggi > 1.200 m di atas permukaan laut

Dalam budidaya tanaman teh mutu yang dihasilkan sangat dipengaruhi oleh suhu udara, dimana pada umumnya aroma teh yang dihasilkan pada dataran tinggi akan lebih baik daripada dataran rendah.

Baca juga :

Demikian artikel tentang, Syarat Tumbuh Tanaman Teh Secara Tepat. Semoga dapat menjadi referensi bagi Anda yang sedang mencari informasi terkait syarat tumbuh tanaman teh.

Follow juga saya diFacebook.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.