Syarat Tumbuh Tanaman Sirih yang Tepat

Syarat Tumbuh Tanaman Sirih

Sedulurtani.com. Tanaman sirih adalah tanaman asli indonesia yang tumbuh secara  menjalar atau merambat pada tanaman lain yang berada disekitarnya. Terdapat berbagai jenis variasi dari tanaman sirih, sepeti halnya sirih hijau, sirih hitam, sirih kuning, dan juga merah.

Silahkan baca : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sirih

Sementara itu, pertumbuhan dan produksi daun tanaman sirih yang baik hanya akan diperoleh apabila ditanam pada lingkungan yang cocok dengan syarat tumbuhnya.

Oleh karena itu faktor –faktor lingkungan berupa iklim dan tanah yang sesuai untuk pertumbuhan tanaman sirih perlu mendapatkan perhatian yang lebih.

Hal tersebut dimaksudkan agar petani tanaman sirih bisa mendapatkan hasil dengan kualitas dan kuantitas yang dikehendaki.

Berikut ini adalah faktor-faktor terkait syarat tumbuh yang sesuai untuk tanaman yang kaya akan manfaat tersebut :

Syarat Tumbuh Tanaman Sirih
Syarat Tumbuh Tanaman Sirih

Silahkan baca :Manfaat Daun Sirih Sebagai Ramuan Utama

Syarat Tumbuh Tanaman Sirih

1. Iklim

Tanaman sirih dapat tumbuh baik di daerah dengan iklim sedang sampai basah. Tanaman ini dapat dibudidayakan pada dataran rendah hingga dataran tinggi mencapai 400 – 1.100 meter diatas permukaan laut (mdpl).

Sedangkan suhu lingkungan optimum yang dikehendaki, berkisar 21 – 32o C, dengan kelembaban udara 77%. Kemudian untuk curah hujan pertahunnya berkisar 400 – 1.100 mm/tahun.

Curah hujan sangat menentukan dalam pertumbuhan tanaman sirih. Dimana pada masa awal pertumbuhan tanaman harus secara intensif disiram dan dilakukan proses pemupukan secara berimbang

Sementara itu, tanaman sirih akan tumbuh dengan baik pada tempat yang mendapatkan cahaya matahari secara penuh. Rangsangan cahaya matahari ini sangat penting untuk proses keberlangsungan fotosintesis tanaman sirih.

Selain itu, sinar matahari secara langsung juga berperan dalam menyehatkan tanaman karena akan terhindar dari penyakit tanaman.

2. Tanah

Tanaman sirih dapat tumbuh di berbagai jenis tanah yang memiliki struktur sedang, subur, gembur, berhumus, dan kaya akan unsur hara.

Akan tetapi,  jenis tanah yang paling cocok untuk budidaya sirih yakni tanah liat cokelat, dan tanah liat yang mengandungan unsur organik yang cukup.

Tingkat keasaman tanah (pH) yang ideal untuk pertumbuhan tanaman sirih, yaitu antara pH 5,3- 6,7.

Demikian artikel tentang, Syarat Tumbuh Tanaman Sirih. Terima kasih telah berkunjung di website sedulurtani.com. dan semoga bermanfaat.

Baca juga :

Follow Facebook sedulurtani.com, untuk mendapatkan informasi terbaru terkait pertanian dan pendidikan dengan cara Klik disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.