Syarat Tumbuh Tanaman Nilam ( Tepat )

Syarat Tumbuh Tanaman Nilam ( Tepat )

Sedulurtani.com. Syarat tumbuh tanaman nilam merupakan hal penting yang perlu diperhatikan sebelum melakukan budidaya tanaman tersebut. Pasalnya pertumbuhan dan hasil produksi yang baik akan diperoleh apabila tanaman nilam diusahakan pada lingkungan yang sesuai dengan syarat tumbuhnya. Silahkan baca :

Dengan mengetahui syarat tumbuh dari tanaman yang kaya manfaat ini, maka Anda akan tahu daerah seperti apa yang cocok untuk melakukan budidaya tanaman tersebut.

Ada dua faktor yang perlu diperhatikan terkait syarat tumbuh tanaman nilam, antara lain faktor iklim dan tanah.

Syarat Tumbuh Tanaman Nilam
Syarat Tumbuh Tanaman Nilam

Berikut ini sedulurtani.com sajikan faktor yang menjadi syarat tumbuh tanaman nilam :

Syarat Tumbuh Tanaman Nilam ( Tepat )

1. Iklim

Tanaman nilam dapat tumbuh dan berproduksi baik pada daerah dengan ketinggian 0-1.200 meter di atas permukaan air laut (mdpl). Akan tetapi tanaman nilam akan berproduksi secara  optimum pada daerah dengan ketinggian 10-400 meter di atas permukaan air laut (mdpl).

Untuk pertumbuhanya tanaman nilam menghendaki curah hujan 2.300- 3.000 mm/tahun. Sedangkan suhu udara yang sesuai antara 24 -28°C dengan kelembaban di atas 75%. Selain itu, intensitas penyinaran supaya produkis minyak nilam dapat optimal yaitu berkisar 75- 100 %.

2. Tanah

Kondisi tanah yang yang dikehendaki untuk budidaya tanaman nilam yaitu subur, kaya akan bahan organik, dan gembur, serta perlu banyak air. Akan tetapi tanaman nilam tidak tahan terhadap genangan air. Oleh karena itu, maka perlu pembuatan drainase (pengairan) yang baik dan dapat menahan air.

Tanaman nilam dapat tumbuh baik pada tanah bertekstur dari lempung sampai liat berpasir. Sedangkan  pH tanah yang dikendaki tanaman nilam antara pH 5,5 – 7. pH dibawah 4,5 ataupun diatas 7 akan kurang sesuai untuk budidaya tanaman nilam.

Demikian informasi tentag syarat tumbuh dari tanaman nilam. Terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Baca juga :

Follow Facebook sedulurtani.com, untuk mendapatkan informasi terbaru terkait pertanian dan pendidikan dengan cara Klik disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.