Syarat Tumbuh Tanaman Mawar

Syarat Tumbuh Tanaman Mawar

Sedulurtani.com. Mawar merupakan tanaman hias yang cukup populer dan banyak disukai oleh pecinta tanaman hias. Pasalnya tanaman bunga ini memiliki bentuk dan juga warna yang sangat indah. Silahkan baca : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Mawar

Bunga yang sering diberikan sebagai lambang kasih sayang ini berasal dari Cina, Timur Tengah, dan Eropa Timur.

Seiring berjalanya waktu perkembangan tanaman hias yang cantik ini menyebar hingga ke Indonesia.

Bunga mawar memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan dan kesehatan, seperti halnya sebagai antiseptik, antioksidan, melembabkan kulit, melancarkan menstruasi, dan masih banyak lagi.

Mengetahui banyaknya pengemar dan berbagai macam manfaat dari bunga mawar, membuat tanaman ini menjadi suatu peluang usaha dalam budidaya yang memiliki prospek yang baik.

Sementara itu, sebelum melakukan budidaya tanaman mawar, maka diperlukan pengetahuan mendasar terkait syarat tumbuh dari tanaman tersebut.

Dimana pertumbuhan dan produksi daun tanaman mawar yang baik hanya akan diperoleh apabila ditanam pada lingkungan yang cocok dengan syarat tumbuhnya.

Bunga Mawar
Bunga Mawar

Berikut ini Sedulurtani.com sajikan syarat tumbuh yang sesuai untuk tanaman mawar :

Syarat Tumbuh Tanaman Mawar

1. Iklim

Mawar merupakan tanaman yang mampu menyesuaikan pada lingkungan tumbuh yang sangat beragam. Dimana tanaman ini dapat hidup pada daerah beriklim tropis maupun sub tropis.

Curah hujan yang optimal untuk pertumbuhan tanaman mawar, yaitu 1500-3000 mm/tahun. Apabila terlalu basah, maka pertumbuhan tanaman mawar akan terganggu.

Kemudian untuk pencahayaan tanaman ini membutuhkan cahaya yang mutlak dengan lama penyinaran 5-6 jam per hari. Pada daerah yang cukup dengan sinar matahari, tanaman mawar akan memiliki batang yang kokoh,  cepat bertunas dan juga cepat berbunga.

Sedangkan suhu udara yang optimum untuk pertumbuhan tanaman bunga ini antara 18-26o C dan kelembabannya 70-80 %.

2. Tanah

Jenis tanah yang cocok untuk budidaya tanaman mawar yaitu berpasir (Kandungan liat 20-30%), subur, gembur, dan banyak mengandung bahan organik. Selain itu, tanaman ini juga membutuhkan tempat tumbuh yang memiliki aerasi dan draenase yang baik.

Tanah yang dianjurkan untuk budidaya tanaman mawar, seperti halnya jenis latosol dan andosol, dimana tanah tersebut memiliki sifat fisik dan kesuburan yang baik.

Derajat keasaman tanah yang sesuai untuk tanaman mawar, yaitu pada pH tanah 5,6-6,5.

3. Tofografi

Tanaman mawar dapat tumbuh dengan baik pada dataran rendah hingga dataran tinggi. Akan tetapi, tanaman ini akan tumbuh dan berproduksi dengan optimal pada ketinggian 500-1500 meter diatas permukaan laut, tergantung dari jenis tanaman tersebut.

Demikian artikel tentang, syarat tumbuh tanaman mawar. Terima kasih telah berkunjung di website Sedulurtani.com. dan semoga bermanfaat.

Baca juga :

Follow Facebook sedulurtani.com, untuk mendapatkan informasi terbaru terkait pertanian dan pendidikan dengan cara Klik disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.