Syarat Tumbuh Tanaman Kopi Secara Tepat

Syarat Tumbuh Tanaman Kopi Secara Tepat

Sedulurtani.com. Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum melakukan budidaya tanaman kopi, yaitu syarat tumbuh dari tanaman tersebut. Dimana tanaman kopi akan tumbuh dan menghasilkan dengan baik apabila syarat tumbuhnya sesuai dengan yang dikehendaki.

Pada pertemuan kali ini Sedulurtani.com ingin berbagi informasi tentang syarat tumbuh  dari tanaman kopi. Dengan ini diharapkan supaya Anda mengetahui persyaratan tumbuh dari tanaman kopi sebelum melakukan budidaya tanaman tersebut.

Tanaman Kopi
Tanaman Kopi
Berikut ini adalah syarat tumbuh tanaman kopi :
1.Iklim

Kopi Arabika dapat tumbuh optimum pada ketinggian 700-1.700 m dpl, sedangkan untuk robusta hanya pada ketinggian 400-700m dpl.

Tanaman kopi secara umum dapat tumbuh optimum di daerah dengan curah hujan 2.000-3.000 mm/tahun. Saat musim hujan berakhir, cabang-cabang primer sudah mulai menghasilkan kuncup bunga.

Kemudian kuncup-kuncup yang akan menjadi calon bunga akan beristirahat beberapa saat. Kuncup tersebut akan tumbuh kembali setelah mendapatkan hujan kiriman.

Akan tetapi, jika tidak ada hujan kiriman biasanya pada perkebunan kopi yang besar sering diari agar bunga tetap dapat berkembang.

Selain curah hujan, kopi juga menghendaki penyiraman yang teratur. Secara umum kopi tidak menyukai sinar matahari secara langsung karena dapat mempengaruhi proses fotosintesis apabila dalam jumlah yang banyak.

Penyinaran matahari secara langsung juga mempengaruhi terbentuknya kuncup bunga kopi. Oleh karena itu, untuk mengatur sinar matahari tersebut biasanya diantara tanaman kopi ditanami tanaman pelindung.

Tanaman tersebut diatur supaya tanaman kopi dapat tumbuh ditempat yang teduh dan mendapatkan penyinaran yang cukup untuk merangsang pembentukan bunga.

Angin juga memiliki pengaruh dalam budidaya tanaman kopi. Dimana angin memiliki peranan yang besar dalam proses penyerbukan. Angin dapat mengakibatkan bunga menjadi gugur dan merusak tajuk tanaman.

Angin kencang yang terjadi pada musim kemarau akan mempercepat tejadinya penguapan pada daun dan juga tanah, sehingga berakibat kekeringan.

2. Tanah

Selanjutnya, faktor yang sangat penting terkait syarat tumbuh kopi adalah kondisi tanah. Pada umumnya tanaman kopi menghendaki tanah yang subur dan kaya akan bahan organik. Oleh karena itu sebaiknya tanah disekitar tanaman harus sering diberi pupuk organik.

PH tanah yang dikehendaki oleh tanaman kopi jenis Arabika antara 5- 6,5. Sedangkan pH tanah yang dikehendaki tanaman kopi jenis Robusta yaitu 4,5-6,5. Dalam melakukan budidaya tanaman kopi penggunaan kapur sebaiknya dikurangi, karena tanaman kopi tidak terlalu menyukai tanah yang basa.

Baca juga :

Demikian artikel tentang, syarat tumbuh tanaman kopi secara tepat. Semoga dapat menjadi referensi bagi Anda.

Follow saya diFacebook.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.