Syarat Tumbuh Tanaman Kentang Yang Tepat

Syarat Tumbuh Tanaman Kentang Yang Tepat

Sampai jumpa kembali dengan Sedulurtani.com, pada pertemuan kali ini Admin ingin berbagi informasi tentang, syarat tumbuh tanaman kentang yang tepat.

Umbi kentang merupakan salah satu umbi sayur yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya kentang memiliki nilai ekonomis yang tinggi dan juga banyak digemari oleh masyarakat kita.

Dalam melakukan budidaya kentang, pastinya ada yang disebut dengan teknis-teknis budidaya. Dimana teknis budidaya ini bertujuan untuk mendapatkan produksi yang maksimal dengan  mutu produk yang baik.

Baca juga : Faktor-Faktor Penting dalam Pemeliharaan Tanaman Kentang

Teknis budidaya yang utama untuk tanaman kentang, yaitu menentukan syarat tumbuhnya.

Hal tersebut dikarenakan apabila kentang ditanam pada tempat yang sesui dengan syarat tumbuhnya, maka akan dapat menghindari kerugian akibat ketidaksesuaian lingkungan.

Syarat Tumbuh Tanaman Kentang Yang Tepat

Syarat Tumbuh Tanaman Kentang Yang Tepat
Syarat Tumbuh Tanaman Kentang Yang Tepat
Berikut ini adalah faktor-faktor ekologi tanah dan iklim yang perlu diperhatikan untuk budidaya umbi kentang.
1. Tanah

Dalam pertumbuhanya tanaman kentang menghendaki tanah yang subur dan gembur serta drainase yang baik.

Kentang akan tumbuh dengan baik pada tanah-tanah lempung berpasir, lempung, lempung liat berpasir ataupun tanah gambut dengan kedalaman sekitar 60cm.

Tanaman kentang dapat hidup pada pH 4,5- 8, akan tetapi pH yang optimum untuk pertumbuhan tanaman ini yaitu pH 5- 6,5. Sedangkan pada pH dibawah 5 tanaman kentang akan menghasilkan mutu yang kurang baik dan mudah terserang penyakit kudis.

Budidaya tanaman kentang sebaiknya jagan dilakukan pada tanah-tanah berat seperti halnya tanah liat. Jika hal tersebut dilakukan maka akan dapat mempengaruhi bentuk umbinya menjadi tidak normal.

Untuk perkecambahan umbi kentang sangat dipengaruhi oleh suhu tanah. Dimana suhu optimum untuk perkecambahan umbi kentang, yaitu sekitar 22oC.

Apabila suhu dibawah 12oC maka pertumbuhanya akan sangat lambat, sebaliknya jika suhu diatas 22oC maka pertumbuhanya juga akan mengalami hambatan.

Syarat Tumbuh Tanaman Kentang Yang Tepat

2. Iklim

Di Indonesia tanaman kentang banyak diusahakan di dataran tinggi paling tidak 500 meter diatas permukaan laut. Akan tetapi ketinggian optimum untuk pertumbuhan tanaman kentang antara 1000-2000 meter diatas permukaan laut.

Pada ketinggian yang identik dengan kondisi sub tropis tersebut tanaman kentang akan tumbuh dan berproduksi secara optimum pada suhu harian 16-18oC.

Selain itu, pembentukan umbi kentang sangat dipengaruhi oleh suhu dimalam hari. Dimana suhu yang terlalu tinggi akan menyebabkan pembentukan umbinya menurun.

Sebaliknya suhu yang tinggi ini justru akan membuat pertumbuhan seperti daun, cabang, dan stolon meningkat.

Suhu yang dikehendaki untuk pembentukan umbi di siang hari yaitu 17-22oC, sedangkan pada waktu malam hari 6-12oC.

Tidak hanya suhu, inisiasi pembentukan umbi kentang juga dipengaruhi oleh fotoperiodesitas.

Pada daerah yang memiliki hari panjang pembentukan umbi juga masih dapat berjalan pada suhu 20oC, akan tetapi optimumnya tetap pada suhu 12oC.

Kebutuhan air tanaman kentang berkisar antara 500-700 mm selama masa pertumbuhanya. Selain itu, intensitas cahaya yang tinggi, N dalam jumlah rendah, suhu malam rendah, dan fotoperiodesitas juga dapat mendukung dan mempercepat pembentukan umbi kentang.

Baca juga :

Demikian artikel tentang, Syarat Tumbuh Tanaman Kentang Yang Tepat. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

Follow juga Facebook saya diFacebook.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.