Syarat Tumbuh Tanaman Kelapa

Syarat Tumbuh Tanaman Kelapa yang Tepat

Sedulurtani.com. Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum melakukan budidaya tanaman kelapa, yaitu syarat tumbuh dari tanaman tersebut. Dimana syarat tumbuh ini berperan penting dalam menentukan keberhasilan budidaya tanaman kelapa.

Ada dua faktor penting yang perlu diperhatikan terkait syarat tumbuh dari tanaman kelapa, yaitu faktor iklim dan tanah. Berikut ini uraian dari kedua faktor tersebut :

Syarat Tumbuh Tanaman Kelapa
Syarat Tumbuh Tanaman Kelapa
Syarat Tumbuh Tanaman Kelapa yang Tepat

1.Iklim

Tanaman kelapa dapat tumbuh optimal pada daerah tropis antara 23oLU dan 23oLS. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik suhu rata-rata tahunan yang dikehendaki sekitar 27oC.

Sedangkan ketinggian yang optimal untuk budidaya tanaman kelapa antara 0-450 m dpl. Pada ketinggian lebih dari 450-1000 m dpl pertumbuhan tanaman akan lebih lambat dan kadar minyak akan lebih rendah, serta produksi sedikit.

Pada budidaya tanaman kelapa penyebaran curah hujan yang merata juga dapat mempengaruhi hasil. Dimana total curah hujan tahunan yang optimal terletak antara 1.300-2.300 mm/tahun.

Meskipun demikian, curah hujan yang tinggi dan lingkungan tempat tumbuh seperti rawa juga dapat ditolerir dengan mengupayakan drainase yang baik.

Hal yang perlu diperhatikan bahwa tanaman kelapa tidak dapat tumbuh dengan optimal dibawah naungan. Tanaman ini dapat tumbuh dengan maksimal dengan intensitas cahaya matahari yang penuh, yaitu sekitar 120 jam/ bulan.

Selain itu, angin juga memiliki peranan penting dalam penyerbukan bunga (untuk penyerbukan silang) dan transpirasi.

2. Tanah

Jenis tanah yang baik untuk budidaya tanaman kelapa seperti halnya tanah aluvial yang kaya akan hara dan memiliki drainase cukup baik.

Meskipun demikian tanaman ini juga dapat tumbuh pada tanah vulkanis, laterit, liat, berpasir,  maupun berbatu.

Tanaman kelapa toleran terhadap pH tanah yang tinggi maupun rendah. Tanaman ini dapat tumbuh pada tanah liat masam dengan pH 5, hingga tanah pasir yang berasal dari koral dengan pH lebih dari 8. Akan tetapi pH optimum untuk budidaya tanaman kelapa antara pH 5,5-6,5.

Kelapa membutuhkan kandungan air tanah yang cukup tersedia. Kandungan air tanah tersebut dipengaruhi oleh struktur tanah, kondisi penutup tanah, dan kesuburan tanah.

Tanamaan kelapa menghendaki solum tanah dengan kedalaman minimal 80-100 cm. Selain itu, kondisi lahan yang baik untuk budidaya kelapa yaitu datar dengan tingkat kemiringan 0,3%. Apabila kondisi lahan memiliki tingkat kemiringan yang tinggi yaitu 30-50%, maka sebaiknya dibuat berteras agar terhidar dari erosi sehingga tanah tetap subur.

Demikian artikel tentang, Syarat Tumbuh Tanaman Kelapa yang Tepat. Semoga dapat menjadi referensi bagi Anda sebelum melakukan budidaya tanaman kelapa.

Baca juga :

Follow juga saya diFacebook.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.