Syarat Tumbuh Tanaman Karet Secara Tepat

Syarat Tumbuh Tanaman Karet Secara Tepat

Sedulurtani.com. Sebelum melakukan budidaya tanaman karet, maka kita harus mengetahui terlebih dahulu syarat tumbuh dari tanaman tersebut.

Dimana pertumbuhan dan hasil produksi yang baik akan diperoleh apabila tanaman karet diusahakan pada lingkungan yang sesuai dengan syarat tumbuhnya.

Ada dua faktor penting yang harus diperhatikan terkait syarat tumbuh dari tanaman karet, yaitu faktor iklim dan tanah.

Baca juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Karet Secara Lengkap

Berikut ini adalah Syarat Tumbuh Tanaman Karet Secara Tepat:

Syarat Tumbuh Tanaman Karet Secara Tepat
Syarat Tumbuh Tanaman Karet Secara Tepat

1. Faktor Iklim

Tanaman karet sangat cocok apabila ditanam pada daerah tropis. Derah tropis yang baik untuk budidaya karet mencakup luasan 15oLU-10oLS.  Curah hujan yang optimum untuk pertumbuhan tanaman karet antara 2.000-2.500 mm/tahun.

Sementara itu, suhu optimum untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman karet antara 25-30oC. Sedangkan untuk penyinaranya, tanaman karet membutuhkan intensitas cahaya matahari yang cukup antara 5-7 jam/ hari.

Budidaya tanaman karet akan tumbuh dengan optimum bila diusahakan pada ketinggian antara 1-600m dpl. Jika ketinggian tempat lebih dari 600 m dpl, maka akan kurang cocok untuk budidaya tanaman ini. Selain itu, hembusan angin yang terlalu kencang juga berdampak kurang baik untuk tanaman karet.

2. Faktor Tanah

Pada dasarnya tanaman karet dapat tumbuh pada kondisi tanah yang kurang subur, akan tetapi perlu penambahan pupuk dan pengolahan tanah yang tepat.

Beberapa sifat fisik dari tanah yang baik untuk budidaya tanaman karet, antara lain solum tanah sampai 100 cm dan tidak terdapat batu-batuan, aerasi tanah dan drainase baik, tekstur remah dan poreus serta dapat menahan air. Selain itu juga dibutuhkan  kandungan NPK yang cukup.

Tanaman karet akan cocok ditanam pada lahan yang kondisi derajat keasamanya mendekati normal, dengan batas toleransi pH tanah antara 4-8.

Selain kondisi tanah, topografi tanah juga mempengaruhi keberhasilan dalam budidaya tanaman karet. Tanaman karet akan lebih baik apabila ditanam pada kondisi tanah yang datar.

Dimana pada kondisi yang datar akan memudahkan pemeiliharaan dan propses pengambilan lateks. Lahan akan lebih baik lagi apabila dekat dengan sumber air, seperti sungai atau aliran-aliran air.

Baca juga :

Sekian artikel tentang, Syarat Tumbuh Tanaman Karet Secara Tepat. Semoga dapat menjadi referensi bagi Anda yang sedang mencari informasi tentang tanaman karet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.