Mengetahui Syarat Tumbuh Tanaman Coklat (Kakao)

Mengetahui Syarat Tumbuh Tanaman Coklat (Kakao)

Sedulurtani.com. Sebelum melakukan budidaya tanaman coklat, maka terlebih dahulu kita harus mengetahui syarat tumbuh dari tanaman tersebut.

Dimana tanaman coklat akan tumbuh dan menghasilkan secara maksimal apabila diusahakan pada kondisi lahan yang sesuai dengan syarat tumbuhnya.

Mengetahui Syarat Tumbuh Tanaman Coklat (Kakao)
Mengetahui Syarat Tumbuh Tanaman Coklat (Kakao)

Baca juga : Klasifikasi Tanaman Coklat (Kakao) Beserta Morfologinya Secara Lengkap

Pada pertemuan kali ini Sedulurtani.com. ingin berbagi informasi tentang, Mengetahui Syarat Tumbuh Tanaman Coklat (kakao).

Dengan mengetahui syarat tumbuh dari tanaman ini, maka diharapkan akan dapat menunjang keberhasilan dalam proses budidaya tanaman kakao.

Berikut ini adalah syarat tumbuh dari tanaman coklat (kakao) :

Kakao cocok apabila diusahakan pada daerah yang berada pada 10o LU dan 10o LS. Daerah penanaman yang baik untuk tanaman ini apabila memiliki curah hujan 1.100-3.000 mm/tahun.

Dalam budidaya kakao curah hujan ini sangat berperan penting untuk pembentukan tunas muda.

Dimana curah hujan yang rendah dalam budidaya kakao juga akan menyebabkan produksi ikut rendah. Selain itu, jika curah hujanya merata maka akan mengakibatkan pola panen menjadi ikut marata.

Dalam penelitian, suhu ideal untuk pertumbuhan tanaman coklat antara 30-32o C (suhu maksimum) dan 18-21o C untuk (suhu minimum). Dalam pertumbuhanya tanaman coklat membutuhkan naungan supaya tidak terkena sinar matahari secara penuh.

Tanaman coklat mampu hidup pada segala jenis tanah, asalkan sesuai dengan syarat fisik dan kimia yang dibutuhkan tanaman  tersebut. Tekstur tanah yang baik untuk budidaya tanaman coklat yaitu lempung liat berpasir dengan komposisi fraksi liat 40%, pasir 50%, debu 10%.

Tipe tanah seperti halnya latusol sangat kurang menguntungkan bagi tanaman ini, sedangkan tipe tanah regusol dengan tekstur lempung, liat dan berkerikil akan lebih baik daripada tanah latusol.

pH optimum untuk pertumbuhan tanaman coklat, yaitu antara 6-7,5. Selain pH tanah, sifat kimia tanah juga berperan penting yaitu kandungan bahan organik dari tanah.

Bahan organik yang tersedia dalam jumlah besar akan meningkatkan laju pertumbuhan tanaman sebelum menghasilkan (berbuah).

Sebagai upaya untuk meningkatkan kandungan bahan organik tanah dapat dilakukan dengan memanfaatkan seresah sisa pemangkasan ataupun kulit buah coklat.

Baca juga :

Demikian artikel tentang, Mengetahui Syarat Tumbuh Tanaman Coklat (Kakao). Semoga dapat menjadi referensi bagi Anda yang sedang mencari informasi terkait syarat tumbuh tanaman coklat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.