Syarat Tumbuh Tanaman Cengkih yang Tepat

Syarat Tumbuh Tanaman Cengkih yang Tepat

Sedulurtani.com. Salah satu aspek penting sebelum melakukan budidaya tanaman cengkih, yaitu syarat tumbuh dari tanaman cengkih. Dimana syarat tumbuh tanaman cengkih ini juga berperan penting dalam menentukan keberhasilan dalam budidaya.

Oleh karena itu, sebelum melakukan budidaya sebaiknya terlebih dahulu memperhatikan syarat tumbuh dari tanaman tersebut. Ada dua faktor yang perlu diperhatikan terkait syarat tumbuh dari tanaman cengkih, yaitu faktor iklim dan tanah.

Syarat Tumbuh Tanaman Cengkih
Syarat Tumbuh Tanaman Cengkih
Berikut ini adalah faktor-faktor yang perlu diperhatikan terkait Syarat Tumbuh dari Tanaman Cengkih :

1. Iklim yang sesuai

Tanaman cengkih dapat tumbuh pada daerah yang terletak antara 20o LU dan 20oLS, dengan suhu antara 21o-35o C. Tanaman ini dapat tumbuh pada elevasi 0-900 m dpl. Akan tetapi ketinggian yang ideal untuk tanaman cengkih antara 200-300 m dpl, sehingga tanaman dapat tumbuh dan produktif di dataran rendah.

Tanaman ini menghendaki iklim dengan curah hujan yang merata sepanjang tahun. Karena curah hujan ini berpengaruh besar terhadap pertumbuhan dan kualitas cengkih yang dihasilkan.

Tanaman cengkih menghendaki bulan basah 9 bulan dan bulan kering 3 bulan dengan curah hujan tahunan berkisar 2.000-3.500 mm per tahun.

2. Tanah yang sesuai

Pada umumnya tanaman cengkih akan tumbuh dengan baik pada kondisi tanah yang tingkat kesuburanya sedang. Dimana tanah tersebut harus memiliki struktur tanah gembur dan solumnya dalam serta drainasinya pun baik.

Selain itu hal yang perlu diperhatikan, yaitu pH yang sesuai untuk budidaya tanaman cengkih. pH tanah yang optimum untuk pertumbuhan tanaman cengkih antara 5,5- 6,5.

Sementara itu, lahan yang bagus untuk budidaya tanaman cengkih memiliki topografi yang miring, dengan tujuan supaya air dapat mengalir dengan lancar, sehingga tidak menggenang pada lahan.

Akan tetapi pada kondisi lahan yang datar pun juga tidak menutup kemungkinan untuk ditanamani tanaman cengkih. Asalkan, drainasenya baik dan kedalaman air tanah lebih dari 3 m dan tidak ada lapisan kedap air.

Oleh karena itu perlu dibuatkan rorak. Dimana rorak ini berguna sebagai penghambat lepasnya air hujan dan menampung larutan tanah halus. Selain itu, rorak juga berguna untuk menimbun pupuk hijau dan sisa-sisa tanaman.

Baca juga :

Demikian artikel tentang, Syarat Tumbuh Tanaman Cengkih yang Tepat. Semoga dapat menjadi referensi bagi Anda yang sedang mencari informasi terkait syarat tumbuh tanaman cengkih.

Follow juga saya diFacebook.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.