Syarat Tumbuh Tanaman Cabai Yang Tepat

Syarat Tumbuh Tanaman Cabai Yang Tepat

Sedulurtani.com Pada pertemuan kali ini, Admin ingin berbagi informasi terkait Syarat Tumbuh Tanaman Cabai Yang Tepat kepada Anda.

Budidaya cabai (Capsicum annum L.). merupakan salah satu peluang usaha yang memiliki prospek cukup bagus untuk diusahakan. Pasalnya cabai merupakan salah satu bumbu dapur yang sangat dibutuhkan dan banyak digemari oleh masyarakat Indonesia.

Rasa pedas pada cabai menjadi salah satu cita rasa yang memiliki daya tarik tersendiri untuk melengkapi berbagai menu masakan. Selain menarik, rasa pedas cabai memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Baca jugaKandungan Gizi dan 10 Manfaat Cabai Bagi Kesehatan Tubuh

Tidak hanya itu, harga jual cabai dipasaran pun juga terbilang cukup tinggi, maka tak heran apabila budidaya cabai memiliki prospek yang bagus untuk diusahakan.

Baca juga : 7 Teknik Penting Cara Budidaya Cabai Supaya Berbuah Lebat

Syarat Tumbuh Tanaman Cabai Yang Tepat

Sebelum anda melakukan budidaya tanaman cabai, maka alangkah baiknya jika mengetahui terlebih dahulu terkait Syarat tumbuh tanaman cabe. Tanaman cabai akan dapat berproduksi dengan baik apabila di tanam pada tempat yang sesuai dengan syarat tumbuhnya.

Berikut ini adalah syarat tumbuh tanaman cabai :
Syarat Tumbuh Tanaman Cabai Yang Tepat
Syarat Tumbuh Tanaman Cabai Yang Tepat

Syarat Tumbuh Tanaman Cabai Yang Tepat

1. Tanah Yang Sesuai

Pada dasarnya tanaman cabai dapat tumbuh dengan baik pada berbagai jenis tanah, seperti halnya tanah liat berpasir. Akan tetapi tanah tersebut harus memiliki drainase dan aerasi yang baik, serta berkecukupan air selama masa pertumbuhan tanaman.

Produksi cabai yang memuaskan bisa anda dapatkan di tanah-tanah gembur (tanah ringan), dengan pH diantara 6-7.

2. Iklim Yang Sesuai

Cabai merupakan salah satu tanaman yang memiliki daya adaptasi yang cukup tinggi. Oleh karena itu, budidaya cabai dapat di usahakan pada dataran rendah maupun dataran tinggi hingga 1400 meter diatas permukaan laut.

Meskipun cabai dapat tumbuh pada dataran tinggi, namun produksinya tidak dapat maksimal.

Tanaman cabai tidak terlalu dipengaruhi oleh fotoperiodesitas. Maka dari itu, dalam hal yang berkaitan dengan panjang hari tanaman ini digolongkan dalam tanaman hari netral.

Sedangkan suhu yang dibutuhkan untuk budidaya cabai, yaitu antara 25-27oC pada siang hari, dan 18-20oC pada waktu malam hari.

Pada fase pembentukan buah, akan terhambat atau bahkan tidak akan berhasil jika suhu dibawah 16oC ataupun diatas 32oC. Pembentukan buah akan optimum pada suhu sekitar 16-21oC.

Perlu kita ketahui bahwa tanaman cabai sangat peka terhadap cuaca dingin atau lembab. Pada umumnya cabai varietas pedas memiliki sifat lebih toleran terhadap suhu tinggi jika dibandingkan dengan cabai varietas tidak/ kurang pedas.

Tanaman cabai juga memiliki sifat rentan terhadap curah hujan yang tinggi, terutama waktu pembungaan karena dapat menyebabkan bunga cabai menjadi gugur.

Budidaya cabai sebaiknya dilakukan pada akhir musim hujan, sehingga tanaman akan terhindar dari hujan berlebihan yang dapat menyebabkan serangan penyakit.

Pada daerah beriklim kering seperti tempat saya di Jawa Tenggah cabai dapat ditanam pada musim kemarau asalkan drainasenya baik.

Baca juga :

Demikian artikel tentang, Syarat Tumbuh Tanaman Cabai Yang Tepat. Semoga dapat menjadi referensi dan bermanfaat bagi anda.

Follow juga Facebook Admin di  Facebook.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.