Syarat Tumbuh Bawang Putih Yang Sesuai

Syarat Tumbuh Bawang Putih Yang Sesuai

Sedulurtani.com. Sebelum melakukan budidaya bawang putih, maka terlebih dahulu anda harus mengetahui Syarat Tumbuh Bawang Putih Yang Sesuai.

Baca juga : Klasifikasi dan Morfologi Bawang Putih Secara Lengkap.

Dimana untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal dan berkualitas hendaknya bawang putih  diusahakan pada lingkungan yang sesuai dengan syarat tumbuhnya.

Ada dua faktor yang perlu diperhatikan terkait syarat tumbuh bawang putih, yaitu faktor tanah dan iklim.

Syarat Tumbuh Bawang Putih Yang Sesuai
Syarat Tumbuh Bawang Putih Yang Sesuai
Berikut ini adalah faktor yang berkaitan dengan syarat tumbuh bawang putih :

Syarat Tumbuh Bawang Putih Yang Sesuai

1. Tanah

Pada dasarnya bawang putih dapat tumbuh pada kisaran jenis tanah yang cukup luas. Akan tetapi bawang putih akan tumbuh dengan baik pada jenis tanah berlempung/berpasir ringan, gembur, dan kaya bahan organik.

Selain itu, juga dibutuhkan dreinase yang baik hingga kedalaman sekitar 50 cm. Pada tipe tanah yang liat pertumbuhan bawang putih akan terhambat, sebaliknya pada tanah yang berpasir maka umbi bawang putih akan cepat masak.

Sementara itu, bawang putih dapat hidup pada pH  tanah 5,5- 7. Akan tetapi untuk hasil optimumnya bawang putih supaya diusahakan pada pH tanah 6-7.

Pada pH yang rendah kelarutan Al, Fe, maupun Mn akan meningkat dan dapat bersifat  racun bagi tanaman. Sebaliknya pada pH yang tinggi unsur hara mikro seperti Fe, Mn, B dan lain-lain akan berkurang, sedangkan unsur P akan terjerap oleh Ca, Mg, dan Na.

2. Iklim

Syarat Tumbuh Bawang Putih Yang Sesuai

Bawang putih akan lebih cocok apabila diusahakan pada dataran tinggi. Bawang putih dapat hidup pada ketinggian antara 600- 1200 meter diatas permukaan laut.

Namun, untuk ketinggian optimumnya, yaitu sekitar 700-1000 mdpl. Sedangkan suhu yang cocok untuk budidaya bawang putih sekitar 20oC.

Pada daerah sub tropis bawang putih banyak dilakukan penanaman pada musim semi, sedangkan panenya dilakukan pada waktu musim panas.

Pengumbian pada bawang putih dipengaruhi oleh fotoperiodesitas. Selain hal tersebut, pengumbian pada bawang putih juga dipengaruhi oleh suhu selama penyimpanan umbi bibit dan suhu lingkungan waktu pertumbuhan sebelum terbentuknya umbi.

Untuk curah hujan yang dikehendaki tanaman bawang putih, yaitu 800-2000mm per tahun.  Dengan jumlah bulan basah lebih dari 100mm per bulan selama 5-7 bulan dan bulan kering selama 4-6 bulan.

Baca juga :  

Demikian artikel tentang, Syarat Tumbuh Bawang Putih Yang Sesuai. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Follow juga Facebook saya di Facebook.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.