Susunan Upacara Bendera HUT RI ke 74

Susunan Upacara Bendera HUT RI ke 74

Susunan acara HUT RI, susunan acara HUT RI ke 74, susunan upacara HUT RI ke 74, susunan upacara HUT RI ke 74 di istana merdeka, susunan upacara 17 Agustus 2019, susunan upacara bendera 17 Agustus 2019, susunan upacara HUT RI ke 74 tahun 2019, susunan petugas upacara HUT RI, susunan upacara 17 Agustus di sekolah.

Sedulurtani.com. Semua itu merupakan hal yang sering diketikan oleh kebanyakan orang melalui pencarian dalam media online.  Tujuanya, yaitu untuk mencari tahu informasi terkait susunan upacara bendera HUT RI.

Sumua warga Indonesia pasti tahu bahwa tanggal 17 Agustus merupakan hari yang istimewa bagi masyarakat kita. Pasalnya pada tanggal ini negera Indonesia telah bebas dari penjajahan (merdeka). Oleh karena itu, setiap tanggal 17 Agustus bangsa Indonesia memperingati kemerdekaan dengan mengadakan berbagai perlombaan maupun upacara bendera dan lain sebagainya.

Susunan Upacara HUT RI
Susunan Upacara HUT RI

Upacara bendera merupakan suatu kegiatan yang selalu digelar dalam memperingati hari ulang tahun kemerdekaan RI.

Berikut ini adalah tujuan dilakukanya upacara bendera dalam rangka peringatan HUT RI :

a. Mengenang perjuangan dan jasa pahlawan bangsa

Upacara bendera ini merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan oleh generasi penerus untuk mengenang dan juga menghargai jasa-jasa para pahlawan bangsa yang telah gugur memerjuangkan kemerdekaan RI.

b. Memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia

Upacara bendera HUT RI kegiatan yang tepat untuk semakin menguatkan persatuan dan kesatuan bangsa, sebagai cara untuk memaknai kemerdekaan yang dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh warga Indonesia.

c. Meningkatkan rasa cinta terhadap tanah air

Upacara yang dilakukan secara khidmat akan menjadikan peserta upacara lebih mencintai tanah air dan bangga sebagai bangsa Indonesia, sehingga jiwa nasionalisme dan patriotisme dalam diri akan meningkat.

d. Sebagai upaya refleksi diri

Upacara bendera dalam rangka memperingati HUT RI dapat dijadikan sebagai refleksi diri para peserta upacara. Dengan tujuan agar dapat melakukan sesuatu yang lebih baik bagi Indonesia dan juga menghargai jasa pahlawan bangsa yang telah gugur membela bangsa.

Upacara bendera dalam rangka memperingati HUT RI tidak hanya digelar dalam instansi pemerintah maupun BUMN saja. Namun, upacara bendera ini dilakukan hingga mencakup seluruh elemen masyarakat. Oleh karena itu, bagian panitia penyelenggara harus mempersiapkan susunan acara dengan matang.

Pada pertemuan kali ini Sedulurtani.com. akan berbagi informasi terkait susunan upacara bendera peringatan HUT RI ke 74. Berikut ini adalah susunan upacara bendera sebagai peringatan HUT RI ke 74.

Susunan Upacara HUT RI ke 74 tahun 2019

susunan upacara bendera peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 74 tahun 2019. 

Upacara Bendera dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, hari Sabtu, tanggal 17 Agustus tahun 2019 segera dimulai.

Acara Pendahuluan Upacara
  1. Masing-masing Komandan Pasukan menyiapkan pasukannya.
  2. Komandan Upacara memasuki lapangan upacara
Acara Pokok
  1. Inspektur Upacara memasuki lapangan upacara, pasukan disiapkan
  2. Penghormatan pasukan
  3. Laporan Komandan Upacara
  4. Pengibaran Bendera Kebangsaan Merah Putih, dipimpin Komandan Upacara
  5. Mengheningkan Cipta dipimpin Inspektur Upacara
  6. Detik-detik Proklamasi
  7. Pembacaan Teks Proklamasi oleh Inspektur Upacara
  8. Pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
  9. Amanat Inspektur Upacara
  10. Pembacaan Doa
  11. Laporan Komandan Upacara
  12. Penghormatan pasukan
Acara Penutup
  1. Inspektur Upacara meninggalkan tempat upacara
  2. Upacara selesai, pasukan dibubarkan

Berikut juga dibagikan teks Proklamasi yang merupakan bagian penting yang harus dibaca dalam pelaksanaan upacara bendera untuk memperingati HUT RI.

Teks Proklamasi

PROKLAMASI

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia. Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 45
Atas nama bangsa Indonesia,

Baca juga :

Demikian artikel dengan informasi tentang susunan upacara bendera HUT Kemerdekaan RI ke 74 Tahun 2019 semoga bermanfaat bagi Anda.
Follow saya diFacebook.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.