Pidato Sambutan HUT Kemerdekaan RI ke 74 Tahun 2019

Pidato Sambutan HUT Kemerdekaan RI ke 74 Tahun 2019

Sedulurtani.com. Pidato HUT RI ke 74 singkat, naskap pidato HUT RI ke 74, sambutan HUT RI ke 74, contoh pidato HUT RI, pidato hari kemerdekaan RI untuk anak SD, contoh pidato sambutan HUT proklamasi singkat, pidato kepala sekolah HUT RI, dan pidato kemerdekaan RI ke 74.

Semua itu merupakan hal yang sering diketikan oleh kebanyakan orang melalui pencarian dalam media online. Tujuanya, yaitu untuk mencari tahu informasi terkait naskah pidato yang bagus dan singkat guna ditampilkan di hari spesial kemerdekaan RI yang ke 74 ini.

Tanggal 17 Agustus merupakan hari yang istimewa bagi seluruh masyarakat Indonesia. Pasalnya pada tanggal ini Indonesia telah bebas dari penjajahan. Oleh karena itu maka tak heran apabila banyak masyarakat Indonesia memperingatinya dengan mengadakan upacara bendera dan berbagai perlombaan guna memeriahkan kemerdekaan RI.

Suasana kemeriahan begitu terasa dalam memperingati HUT kemerdekaan RI ke 74 tahun 2019. Dimana kegembiraan dapat dirasakan mulai dari pelosok kampung, sekolah, instansi, dan lembaga negara. Semua bersuka ria dalam memeriahkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Salah satu acara seremonial dalam peringatan HUT Kemerdekaan RI yang ke 74 tahun 2019, yaitu upacara bendera.

Upacara bendera peringatan peringatan HUT Kemerdekaan RI secara serempak akan dilaksanakan seluruh instansi, mulai dari tingkat sekolah hingga tingkat nasional.

Salah satu bagian yang penting dalam upacara bendera peringatan HUT Kemerdekaan RI adalah pembacaan pidato sambutan yang dilakukan oleh Inspekur upacara.

Secara umum, pidato sambutan upacara HUT Kemerdekaan RI akan disesuikan dengan pelaksanaan pada masing-masing instansi.

Sebagai contoh, pada naskah pidato upacara HUT kemerdekaan RI di lingkungan sekolah, dapat dibuat sendiri oleh panitia pelaksana upacara tingkat sekolah dengan pengembangan yang relevan.

Berikut adalah contoh pidato sambutan HUT kemerdekaan RI yang ke 74 (Tahun 2019) di tingkat sekolah.

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Selamat Pagi, dan Salam Sejahtera bagi kita semua,

Yang saya hormati, Bapak/Ibu Guru dan karyawan

Yang saya cintai dan banggakan, peserta didik sekalian.

Marilah senantiasa kita bersyukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang, karena pada hari ini kita dapat memperingati 74 tahun Kemerdekaan Negara kita tercinta, Republik Indonesia.

Rasa syukur ini tentu akan lebih bermakna apabila kita juga mengetuk relung hati kembali untuk mengenang jasa-jasa Pahlawan Kemerdekaan seraya berdoa agar Tuhan menempatkannya di tempat terbaik di sisi-Nya.

Peserta upacara yang saya hormati,

Tidak terasa, 74 tahun sudah bangsa ini merdeka. Kemerdekaan Indonesia ke 74 ini hendaknya tidak hanya dimaknai sebagai lepasnya bangsa Indonesia dari belenggu penjajahan. Merdeka bukan pula bermakna akhir dari perjuangan.

Kemerdekaan adalah hak segala bangsa, sesuai dengan amanat Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. 

Proklasmasi menjadi syarat utama kemerdekaan bangsa Indonesia. Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia yang diproklamirkan oleh Presiden Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1945 sekaigus menjadi puncak perjuangan mengusir penjajah dan tonggak sejarah lahirnya Negara Kesatuan Republik.

HUT RI ke 74 Tahun 2019 harus dimaknai sebagai momen pemersatu bangsa, dimana kita memiliki kewajiban untuk mempertahankan dan mengembangkan hasil kemerdekaan tersebut. Kemerdekaan harusnya membuat kita berbuat lebih untuk bangsa dan negara Indonesia. 

Pidato HUT kemerdekaan RI yang ke 74 tahun 2019

Pidato HUT kemerdekaan RI yang ke 74 tahun 2019

Peserta upacara yang berbahagia,

Tema peringatan Hari Ulang Tahun ke 74 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2019 ini adalah “SDM Unggul Indonesia Maju.”

Tema tersebut mengandung makna bahwa pembangunan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan unggul akan ikut mendukung kemajuan Indonesia. Pembangunan Sumber Daya Manusia sebagai kunci keberhasilan dan kesuksesan Indonesia di masa depan.

Umur emas untuk mencetak sumber daya manusia Indonesia harus benar-benar dijaga, termasuk kualitas pendidikan yang akan terus ditingkatkan.

Pemerintah terus memberikan fasilitas, dukungan pendidikan, dan pengembangan diri bagi talenta anak-anak bangsa, karena mereka memberikan kontribusi terhadap percepatan pembangunan Indonesia.

Sumber Daya Manusia Indonesia harus unggul sehingga dapat bersaing secara global, terlebih ketika memasuki era industri 4.0. 

Kemajuan industri yang berjalan di Indonesia tidak cukup hanya dengan pendanaan infratruktur, akan tetapi harus didukung dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Peningkatan kualitas SDM tersebut dapat ditempuh dengan perbaikan pendidikan untuk menjalankan kemajuan teknologi seiring kemajuan industri 4.0. 

Akhirnya, marilah kita sama-sama berdoa, semoga Allah SWT selalu meridoi setiap usaha dan langkah kita di dalam mengisi kemerdekaan ini dan agar kita senantiasa menjadi insan yang bermanfaat untuk keluarga, agama, bangsa, dan negara kita tercinta, Indonesia.

Demikian sambutan pidato yang saya sampaikan. Kurang dan lebihnya, mohon maaf yang sebesar besarnya.

Saya akhiri…

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pidato Sambutan HUT Kemerdekaan RI ke 74 Tahun 2019

Demikian adalah contoh pidato contoh pidato sambutan HUT kemerdekaan RI yang ke 74 (Tahun 2019) di tingkat sekolah. Semoga dapat menjadi referensi bagi Anda.
Baca juga :
Follow saya diFacebook.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.