Penyebab Paru-Paru Basah dan Pencegahanya

Penyebab Paru-Paru Basah dan Pencegahanya

Sedulurtani.com. Paru-paru basah atau disebut juga pneumonia merupakan penyakit yang tergolong ringan maupun serius karena dapat membahyakan nyawa si penderita. Paru-paru basah merupakan penyakit yang terjadi akibat dari infeksi yang memicu inflamasi pada kantong-kantong udara atau pada alveolus disalah satu bagian paru-paru ataupun keduanya.

Paru-paru basah merupakan kondisi terjadinya penumpukan atau terendamnya cairan pada bagian organ tersebut. Ada beberapa hal yang dapat dirasakan oleh penderita penyakit paru-paru basah, salah satunya yaitu merasakan sakit pada bagian dada. Akan tetapi, terendamnya paru-paru tersebut  terkadang tidak menyebabkan sakit atau suatu tanda apapun.

Penyebab Paru-paru Basah
Penyebab Paru-paru Basah

Berikut ini adalah ciri-ciri umum dari gejala paru-paru basah :

  • Nyeri pada bagian dada, dan nyeri ini akan bertamabah jika disertai batuk
  • Sesak nafas, terutama saat berbaring
  • Demam dan sering berkeringat
  • Batuk
  • Sering mual dan muntah

Apabila Anda merasakan hal seperti itu, maka sebaiknya segera periksakan diri Anda ke Dokter supaya mendapatkan penanganan yang tepat.

Penyebab paru-paru basah adalah infeksi virus, bakteri, maupun jamur yang terjadi pada sistem pernafasan. Selain itu, beberapa penyebab paru-paru basah yaitu, gagal jantung kongestif, penyumbatan pada arteri paru, dan juga fungsi hati yang buruk.

Berikut ini adalah jenis penyakit paru-paru basah berdasarkan penyebabnya :

1. Paru-paru Basah Akbiat dari Bakteri

Penyakit ini dapat menyerang pada segala usia, dan berkembang setelah flu atau batuk yang parah. Selain disebabkan oleh bakteri Streptococcus pneumoniae, bakteri penginfeksi lainnya adalah Legionella pneumophila dan Chlamydophila pneumonia.

2. Paru-paru basah Akibat dari Virus

Secara umum sering terjadi, infeksi virus pada sistem pernafasan dapat menjadi pemicu paru-paru basah pada anak-anak dan juga lansia.

Kondisi paru-paru basah akan semakin parah karena virus flu, terutama pada Ibu hamil, penderita gangguan jantung, dan paru-paru.

3. Paru-paru Basah akibat dari Mikroplasma

Mikroplasma bukanlah termasuk virus ataupun bakteri, akan tetapi mikroplasma tersebut memiliki sifat dari keduanya, oleh karena itu hal ini juga sangat berpengaruh terhadap paru-paru basah. Mikroplasma adalah agen terkecil penyebab paru-paru basah ringan yang sering kali menyerang anak-anak dan orang beranjak dewasa.

4. Paru-paru Basah Tipe Lain

Penyakit paru-paru basah tipe yang lain sering kali menyerang tipe imun inang yang terganggu atau individu dengan penurunan kinerja sistem imun.

Penyebab Paru-Paru Basah dan Pencegahanya

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk mencegah terserangnya penyakit paru-paru basah, antara lain :

  • Tidak merokok
  • Mengurangi konsumsi minuman beralkohol
  • Mencuci tangan secara rutin untuk menghindari penyebaran kuman dari orang maupun benda yang kita sentuh
  • Menutup mulut menggunakan sapu tangan ketika bersin
  • Memakai masker ketika keluar ditempat umum yang rawan dengan bakteri maupun virus
  • Membuang tisu bekas yang memungkinkan kuman dapat tumbuh dan menyerang mulut ataupun hidung manusia.

Selain pencegahan, apabila Anda mengalami gangguan-gangguan seperti, nyeri pada dada, sesak nafas, batuk-batuk, maka sebaiknya konsultasikan ke dokter supaya lebih jelas dan mendapatkan penaganan yang tepat.

Baca juga :

Bagi Anda yang sedang sakit atau mungkin memiliki saudara sakit, maka saya rekomendasikan untuk melakukan pengobatan alternatif dan spiritual di Griya sehat Bapak Wahyu di Ds. Jurang gunting, rt 2 / rw 5, Kel. Ledok, Kec. Argomulya, Salatiga. (No telfon : 085640372744).

Bagi Anda yang sedang sakit jangan pernah menyerah untuk berobat, karena Tuhan akan menghargai usaha yang Anda lakukan dengan sungguh-sungguh.

Demikian artikel tentang, Penyebab Paru-Paru Basah dan Pencegahanya. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi kesehatan bagi Anda.

Follow saya diFacebook.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.