Pendaftaran CPNS Tahun 2019 Segera diBuka

Pendaftaran CPNS Tahun 2019 Segera diBuka

Sedulurtani.com. Kabar gembira datang bagi para sarjana muda yang ingin bekerja menjadi PNS.  Dimana pemerintah akan membuka pendaftaran rekrutmen CPNS pada bulan Oktober mendatang. Sedangkan untuk PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja) akan dibuka pada paling lama setelah 17 Agustus.

Pendaftaran CPNS Tahun 2019 Segera diBuka
Pendaftaran CPNS Tahun 2019 Segera diBuka

Seperti yang telah disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Syafruddin, bahwa pendaftaran CPNS 2019 akan dimulai pada bulan Oktober mendatang.  “ Insyaallah rekrutmen ASN dibulan sepuluh. Dananya sudah disiapkan pemerintah”.  Begitulah ujar beliau setelah selesai melakukan rapat kerja komisi II DPR RI dengan pemerintah terkait membahas masalah anggaran.

Pada tahun ini pemerintah telah menyiapkan kuota dengan jumlah yang cukup besar yaitu, 254.173 formasi. Kuota rekrutmen ini didominasi oleh PPPK dengan jumlah 168.636 untuk pusat dan daerah. Sedangkan sisanya untuk CPNS yang meliputi ikatan dinas, yaitu 5.769 dan untuk pelamar umum 79.768.

Syafruddin menyebutkan, bahwa pemerintah kekurangan tanaga guru dan kesehatan, terutama tenaga bidan, perawat, dan dokter. Beliau melanjutkan dalam rektrutmen kali ini pemerintah akan mengurangi formasi dibidang administrasi, terutama dibidang infrastrutur kepentingan yang lebih menjurus kepada skill.

Selain itu, ketika beliau ditanya  mengenai sistem perekrutan seperti rangking, sang mentri berkata ingin tes yang dinamis dan fokus ke generasi muda. Untuk itu, sistem akan dibuat sedinamis mungkin, sebagus mungkin untuk kepentingan bagaimana kualitas SDM CPNS itu bisa kita rekrut. Selain itu juga tidak menafikan kebutuhan individu, generasi muda yang ingin mengabdi pada negara.

Pendaftaran CPNS Tahun 2019 Segera diBuka

Dilansir dari kompas.com, Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Muhammad Ridwan, menyebutkan paling tidak ada tujuh tahapan proses penerimaan CPNS 2019 dan  PPPK /P3K  tahun ini. Hingga akhirnya seorang dipelamar resmi menjadi Aparatur Negeri Sipil (ASN).

“Kalau berdasarkan di PP 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS dan PP 49 tahun 2018 tentang Manajemen PPPK, kalau tidak keliru ada tujuh tahapan,” kata Ridwan kepada Kompas.com, di Jakarta, tempo hari.

Akan tetapi Ridwan belum bisa menyebutkan rincian tahapan demi tahapan yang harus dilakukan pelamar. Beliau menjelaskan proses tahapan seleksi CPNS dan PPPK ini tidak jauh berbeda dengan tahun lalu. Namun ada sedikit perbedaan, salah satunya yaitu penggantian saol ujian soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Demikian artikel tentang, Pendaftaran CPNS Tahun 2019 Segera diBuka semoga bermanfaat.

Baca juga : Cabai Untuk Mengobati Kanker Sebagai Alternatif Pengobatan

Follow saya diFacebook.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.