Pemeliharaan Tanaman Coklat Sederhana dan Mudah

Pemeliharaan Tanaman Coklat Sederhana dan Mudah

Sedulurtani.com. Setelah melakukan penanaman tanaman coklat maka langkah selanjutnya, yaitu pemeliharaan. Dimana pemeliharaan tanaman coklat meliputi pemangkasan, pemupukan, dan pengendalian gulma.

Baca jugaKlasifikasi Tanaman Coklat (Kakao) Beserta Morfologinya Secara Lengkap

Pemeliharaan tanaman ini dimaksudkan untuk memperoleh pertumbuhan dan produksi yang maksimal. Oleh karena itu, pada pertemuan kali ini Sedulurtani.com. ingin berbagi informasi tentang, pemeliharaan tanaman coklat sederhara dan mudah.
Berikut ini adalah uraian dari pemeliharaan tanaman coklat secara sederhana tersebut :
a.Pemangkasan

Pemangkasan ditujukan untuk pembentukan cabang yang seimbang dan pembentukan vegetatif yang baik. Pada tanaman coklat yang belum menghasilkan (TBM) perlu dipangkas setelah tanaman berumur 8 bulan.

Pemangkasan ini dilakukan satu kali dalam dua minggu, tunas-tunas air dipangkas tepat dipangkal batang utama atau cabang primer yang tumbuh.

Pangkas hingga meninggalkan 3-4 cabang saja, dan batang yang dibutuhkan simetris dengan cabang utama.

Pemangkasan juga  perlu dilakukan pada tanaman pelindung. Jenis pohon pelindung sementara harus dilakukan pemangkasan agar tidak begitu menutupi tanaman coklat.

Pohon pelindung sementara sebaiknya memilikii tinggi sekitar 1,5 m supaya tanaman coklat mendapatkan sinar yang sesuai untuk pertumbuhanya.

Sementara itu untuk pohon pelindung tetap, pada cabang utama dibiarkan tumbuh selama satu tahun baru kemudian dilakukan pemangkasan. Hal ini dimaksudkan supaya tidak memberikan naungan terlalu gelap pada tanaman utama.

Pemeliharaan Tanaman Coklat Sederhana dan Mudah
Pemeliharaan Tanaman Coklat Sederhana dan Mudah
b.Pemupukan

Pemberian pupuk pada tanaman coklat dimaksudakan supaya tanaman cepat tumbuh dan berproduksi dengan baik. Tanaman coklat dipupuk setelah berumur 2 bulan di lapangan.

Pemupukan untuk TBM (Tanaman Belum Menghasilkan) dilakukan dengan menaburkan pupuk melingkar mengelilingi pohon dengan jaran sekitar 15-50 cm untuk tanaman berumur 2-10 bulan. Sedangkan untuk tanaman yang telah berumur 14-20 bulan sebaiknya diberikan dengan jarak 50-75 cm dari batang utama.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, maka sebaiknya pada bagian lingkaran tersebut dibersihkan terlebih dahulu. Setelah tanaman menghasilkan, tanaman pun harus tetap diberi pupuk dengan teratur dan sesuai dosis yang direkomendasikan.

Pemberian pupuk utama dibutuhkan tanaman coklat yaitu pupuk yang mengandung unsur N, P, dan K. Berikut ini adalah dosis pupuk untuk tanaman coklat berdasarkan umur tanamanya :

Umur bibitPupuk (gram/pohon)
UreaTSPMoPKiesrit
620030025075
720025025075
8175300250100
9175250250100

Sumber : P4TM 1983

c. Pengendalian Gulma

Secara umum pengendalain gulma pada tanaman kakao dilakukan ketika masa TBM yang dilakukan dengan manual ataupun kimiawi.

Jenis-jenis gulma yang sering hadir pada budidaya tanaman ini, antara lain Paspalum conjugatum, Ageratum conyzoides, Axonophus compressus, Eleusine indica, dan Mikania micranta.

Biasanya gulma yang tumbuh pada bedeng pembibitan dikendalikan menggunakan herbisida pratumbuh. Pengendalian gulma pada areal tanam kakao muda, ditujukan untuk membersihkan piringan tanaman dengan diamter 0,5 cm.

Selain itu, pembersihan dilakukan dengan pendongkelan anak kayu, anakan yang tumbuh liar, atau pemberantas ilalang juga harus dilaksanakan supaya areal tanam bersih dari tanaman pengganggu.

Baca juga :

Demikian artikel tentang,Pemeliharaan Tanaman Coklat Secara Sederhana dan Mudah. Semoga Artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.