Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bunga Anggrek

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bunga Anggrek

Sedulurtani.com. Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan tanaman bunga anggrek. Pasalnya bunga hias yang indah ini banyak ditemukan diberbagai daerah hingga hampir seluruh dunia. Tanaman bunga anggrek merupakan hiasan dengan bentuk dan warna menarik, sehingga banyak digunakan sebagai hiasan pot dan bunga potong.

Bunga anggrek memliki 20000 spesies yang menyebar di berbagai belahan dunia, dan terdapat 6000 spesies yang hidup di hutan-hutan Indonesia.

Untuk mengenal lebih jelas mengenai tanaman anggrek, maka pada pertemuan kali ini sedulurtani.com ingin berbagi informasi tentang klasifikasi dan morfologi dari tanaman anggrek. Berikut ini adalah klasifikasi dan morfologi tanaman bunga anggrek :

Morfologi bunga anggrek
Morfologi bunga anggrek

Klasifikasi Tanaman Bunga Anggrek

KingdomPlantae
DivisiSpermatophyta
Sub DivisiAngiospermae
KelasMonocotyledoneae
OrdoOrchidales
FamiliOrchidaceae
Sub FamiliEpidendroideae
SukuEpidendreae
Sub SukuDendrobiinae
GenusDendrobium
SpesiesDendrobium macrophylumm, Dendrobium canaliculatum, Dendrobium lineale, Dendrobium bifale dan Dendrobium secundum.

Setelah Anda mengetahui klasifikasi dari tanaman anggrek, maka selanjutnya yaitu morfologinya. Dimana morfologi dari tanaman anggrek, meliputi morfologi akar, morfologi batang, morfologi daun, morfologi bunga dan buah. Berikut ini adalah morfologi dari tanaman anggrek :

Morfologi Tanaman Anggrek

1. Akar

Tanaman anggrek memiliki akar berbentuk silinderis, berdaging lunak dan mudah patah, serta memiliki ujung akar agak runcing, licin dan sedikit lengket.

Jika akar tanaman ini dalam keadaan kering, maka akan terlihat berwarna putih abu – abu pada bagian luar dan berwarna kehijau – hijuan atau keungguan pada bagian ujung akar. Sedangkan, akar yang sudah tua memiliki warna coklat dan kering, kemudian akar ini akan digantikan dengan akar baru.

2. Batang

Batang bunga tanaman anggrek memiliki bentuk yang bervariasi ada yang ramping, gemuk dengan daging, dan ada juga yang menebal pada bagian tertentu. Batang tanaman menurut pertumbuhanya dibedakan menjadi dua tipe ,yaitu monopodial dan simpodial.

Tipe monopodial memiliki batang utama yang pertumbuhanya tidak terbatas dan memiliki bentuk yang ramping serta tidak berumbi. Tangkai bunga tanaman ini keluar dari bagian ketiak daun. Sementara itu, untuk tipe simpodial secara umum memiliki bbebrapa batang utama dan berumbi semu dengan pertumbuhan pada ujungnya yang terbatas.

3. Daun

Daun tanaman anggrek memililki bentuk bervariasi ada yang bulat telur terbalik dan ada juga yang bulat oval. Daun anggrek ada yang berwarna hijau, hijau tua, kuning, dan ada juga yang bercak-bercak.

Pertulangan daun sejajar dengan tepi yang berakhir pada ujung daun. Selain itu, daun tanaman ini tersusun secara berselang-seling dan tidak memiliki tangkai, sehingga posisinya duduk pada batang.

4. Bunga

bunga tanaman anggrek memiliki keragaman warna dan bentuk bunga yang bervariasi, akan tetapi secara umum bunga ini memiliki struktur yang sama.

Pada bunga anggrek terdapat kelopak ( sepal ), mahkota, petal, lidah ( labelum ), dan bakal buah yang dibentuk dengan menyatuan putik dengan benang sari.

Bunga tanaman ini mengandung biji yang jumlahnya banyak dan halus dengan warna kuning hingga coklat.

5. Buah

Tanaman anggrek memiliki buah dengan bentuk yang berbeda-beda tergantung dari varietasnya. Bunga anggrek lentera atau capsuar memiliki enam rusuk. Tiga diantaranya rusuk sejat dan tiga lainnya melekat pada dua tepi dari buah yang berlainan. Buah ini memiliki ukuran yang kecil dan didalamnya terdapat jutaan biji yang halus.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bunga Anggrek

Dengan demikian dapat disimpulkan  bahwa klasifikasi dan morfologi dari tanaman anggrek merupakan ilmu pengenalan tentang penempatan dan ciri-ciri dari tanaman anggrek.

Dimana klasifikasi tanaman anggrek telah disajikan pada tabel di atasyang merupakan penempatan organisme secara berurutan pada kelompok tertentu (takson) yang didasarkan oleh persamaan dan perbedaan.

Sementara itu, untuk morfologi dari tanaman anggrek, meliputi morfologi akar, morfologi batang, morfologi daun, morfologi bunga dan morfologi buah, seperti yang telah diterangkan pada artikel di atas.

Baca juga :

Demikian artikel tentang, Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bunga Anggrek. Semoga dapat menjadi refrensi pembelajaran bagi Anda dan terima kasih telah berkunjung.

Follow saya diFacebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.