Morfologi Lengkap dan Klasifikasi dari Tanaman Apel

Sedulurtani.com Morfologi Lengkap dan Klasifikasi dari Tanaman Apel

Tanaman apel (Malus Mill), merupakan jenis tanaman yang akan tumbuh dan berbuah dengan baik pada dataran tinggi yang iklimnya kering.

Morfologi Lengkap dan Klasifikasi dari Tanaman Apel
Morfologi Lengkap dan Klasifikasi dari Tanaman Apel

Di daerah basah pertumbuhan tanaman ini mengalami banyak kendala dan rasa buahnya pun menjadi kurang manis.

Asal-usul tanaman apel ini diduga dari sekitar Israel- Palestina, dan kemudian menyebar keseluruh dunia termasuk di Indonesia. Negara Australia secara agribisnis juga merupakan pengembang buah apel yang paling dulu jika dibandingkan dengan negara-negara lainya.

Sementara itu, di Indonesia sendiri tanaman apel banyak dikembangkan di daerah Batu, Malang dan Soe, Timor Timur Selatan.

Buah apel memiliki bentuk bulat dengan warna yang cukup bervariasi, ada yang merah, oren agak kekuningan dan juga hijau. Buah ini tergolong sangat populer kalangan masyarakat dunia karena memiliki rasa yang manis dan menyegarkan.

Buah apel biasa dikonsumsi secara langsung atau dibuat minuman dengan cara dijus. Buah ini mengandung serat makanan, Vitamin C, dan berbagai jenis antioksidan yang tinggi, sehingga bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Manfaat buah apel bagi kesehatan tubuh kita, antara lain dapat mencegah kanker, menurunkan deabetes, mencegah penyakit jantung, menurunkan kadar kolesterol, mencegah batu empedu, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, maka tak heran jika buah ini sering disuguhkan pada orang yang sedang sakit. Dimana buah ini memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi dan berbagai manfaat, serta tidak menjadi pantangan untuk segala macam penyakit.

Supaya anda dapat mengenal lebih jelas terkait tanaman apel, maka pada kesempatan kali ini Sedulurtani.com ingin berbagi infirmasi terkait Morfologi Lengkap dan Klasifikasi dari Tanaman Apel.

Morfologi dari tanaman apel terbagi menjadi lima, antara lain morfologi akar, daun, batang, bunga, serta buah dan biji. Berikut ini adalah morfologi dari tanaman apel.

Morfologi tanaman apel :

1. Morfologi Akar

Tanaman apel yang berasal dari perbanyakan tanaman secara generativ menggunakan biji akan memiliki jenis perakaran tunggang. Dimana akar tunggang pertumbuhanya lurus atau vertikal ke dalam tanah dan bersifat kuat.

Sedangkan tanaman apel yang berasal dari perbanyakan tanaman secara vegetatif, seperti rundukan tunas akar ataupun stek, maka akan menghasilkan perakaranya serabut dan dan tidak memiliki akar tunggang. Dimana akar ini memiliki sifat kurang kuat dan rentan terhadap kekurangan air.

Akar ini berfungsi untuk menyokong dan memperkokoh berdirinya tumbuhan di tempat hidupnya. Selain itu akar ini berfungsi  menyerap air dan garam-garam mineral (zat-zat hara) dari dalam tanah.

Akar ini menembus jauh ke dalam tanah agar tanaman dapat terus hidup dan juga tumbuh .

2. Morfologi Daun

Morfologi Lengkap dan Klasifikasi dari Tanaman Apel
Morfologi Lengkap dan Klasifikasi dari Tanaman Apel

Daun tanaman apel merupakan daun tunggal, berbulu kasar, dan tersebar melingkar disepanjang cabang. Daun tanaman ini memiliki bentuk lonjong dan oval serta pada bagian pangkal tumpul sedangkan bagian ujungnya meruncing.

Warna daun tanaman ini hijau muda dan pada bagian tepinya bergerigi dari ujung hingga pangkal.

3. Morfologi Batang

Tanaman apel memiliki batang yang sifatnya keras dan kuat. Selain itu, batang tanaman apel memiliki batang-batang yang tipe pertumbuhnaya lurus dan tidak memiliki ranting.

Kulit kayu tanaman ini cukup tebal dengan warna kecoklatan sampai kuning keabu-abuan.Batang tanaman apel dapat mencapai ketinggian 7-10 meter dari permukaan tanah.

4. Morfologi Bunga

Morfologi Lengkap dan Klasifikasi dari Tanaman Apel
Morfologi Lengkap dan Klasifikasi dari Tanaman Apel

Tanaman apel memiliki bunga tunggal atau berkelompok dengan warna putih bersih. Bunga tanaman ini memiliki tangkai pendek, menghadap ke atas, bertandan dan pada setiap tandan terdapat 7-9 bunga.

Bunga tanaman ini tumbuh pada ketiak daun dengan mahkota yang berwarna putih hingga kemerahan yang terdiri dari 5 helai kelopak daun. Pada bagian tengah-tengah mahkota terdapat benang sari dan juga putik yang jumlahnya bervariasi.

5. Morfologi Buah dan Biji

Morfologi Lengkap dan Klasifikasi dari Tanaman Apel
Morfologi Lengkap dan Klasifikasi dari Tanaman Apel

Buah apel memiliki bentuk bulat hingga bulat telur dan pada bagian pucuk buah memiliki sedikit lekukan. Buah ini memiliki tekstur keras akan tetapi renyah jika dimakan.

Buah apel memiliki kulit yang tipis dan kasar, serta berpori besar. Akan tetapi setelah buah ini masak (matang) pada permukaan buah ini akan menjadi halus dan mengkilat.

Jika buah ini sudah tua maka akan memiliki warna merah, kuning, atau hijau tergantung dari varietasnya.

Buah apel memiliki biji yang kecil, jumlahnya sedikit, dan keras. Biji buah apel berbentuk pipih dan panjang, serta pada bagian ujungnya runcing dengan warna biji yang kecoklatan.

Dan perlu anda ketahui bahwa biji apel mengandung sianida yang bersifat racun, sehingga usahakan supaya biji tidak ikut termakan.

Setelah anda mengetahui morfologi dari tanaman apel maka selanjutnya yaitu klasifikasinya. Berikut ini adalah klasifikasi dari tanaman apel :

KingdomPlantae (Tumbuhan)
Sub KingdomTracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super DevisiSpermatophyta (Tumbuhan berbiji)
DevisiMagnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
KelasMagnoliopsida (Tumbuhan dikotil)
Sub KelasRosidae
OrdoRosales
FamiliRosaceae
GenusMalus Mill.
SpesiesMalus sylvestris Mill.

Morfologi Lengkap dan Klasifikasi dari Tanaman Apel

Sekian artikel tentang, Morfologi Lengkap dan Klasifikasi dari Tanaman Apel. Semoga dapat menjadi referensi bagi anda yang sedang mencari informasi terkait morfologi dan klasifikasi dari tanaman apel.

Follow juga facebook saya di Facebook.

Baca juga artikel tentang :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.