Mengetahui Syarat Tumbuh Tanaman Talas

Mengetahui Syarat Tumbuh Tanaman Talas

Sedulurtani.com. Talas merupakan tanaman monokotil atau biji berkeping dua yang diduga berasal dari Asia Tenggara.

Baca : Ciri-ciri Morfologi Tanaman Talas dan Klasifikasinya Secara Lengkap

Tanaman ini termasuk tanaman umbi-umbian yang cukup populer di Indonesia dan banyak ditemukan pada daerah yang lembab maupun berair.

Umbi talas adalah salah satu makanan yang dapat digunakan sebagai menu diet, dimana umbi ini mengandung serat dan kaya akan vitamin.

Berbagai vitamin yang terkandung dalam umbi talas antara lain, seperti Vitamin A, C, E, B6, dan folat. Selain itu, talas juga mengandung potassium yang baik untuk pencernaan.

Manfaat mengonsumsi umbi talas, yaitu dapat meredakan darah tinggi, mengatasi masalah pencernaan, menyehatkan kulit dan rambut, baik untuk penderita diabetes serta masih banyak lagi.

Sementara itu, bagi Anda yang ingin membudidayakan tanaman ini, maka sebaiknya terlebih dahulu Anda mengetahui syarat tumbuh dari tanaman talas.

Dimana pertumbuhan dan produksi dari tanaman talas yang baik hanya akan diperoleh apabila ditanam pada lingkungan yang cocok dengan syarat tumbuhnya.

Syarat tumbuh talas
Syarat tumbuh talas

Berikut ini adalah persyarat tumbuh dari tanaman talas :

Syarat Tumbuh Tanaman Talas

1. Iklim 

Talas merupakan tanaman yang dapat hidup pada iklim tropis maupun sub tropis.

Tanaman talas dapat tumbuh pada ketinggian 0-1300 mdpl, sedangkan di beberapa tempat tanaman ini dapat tumbuh pada daerah dengan ketinggian 2000 mdpl. Akan semakin tinggi daerah untuk menanam talas, maka semakin panjang pula umur panen tanaman tersebut.

Tanaman ini dapat tumbuh dan berkembang pada lingkungan dengan curah hujan yang rendah ataupun tinggi. Akan tetapi, curah hujan yang optimum untuk budidaya talas adalah 175 cm / tahunya.

Selain itu, tanaman talas menghendaki penyinaran yang penuh selama masa pertumbuhan.Sedangkan suhu yang optimum untuk pertumbuhan tanaman ini yaitu 21- 27o C.

2. Media tanam (Tanah )

Tanaman talas dapat tumbuh di berbagai jenis tanah, seperti tanah vulkanis, latosol, andosol, maupun tanah lempung yang bebas dari air tanah.

Tanaman talas akan tumbuh dengan baik pada kondisi tanah yang memiliki drainase yang baik dan tingkat keasaman pH antara 5,5- 6,5.

Pada tanah gambut tanaman ini juga dapat tumbuh dengan baik asalkan pH tanah dinaikan menggunkan kapur sebanyak 1 ton/ Ha.

Baca juga :

Demikian artikel tentang, syarat tumbuh tanaman talas. Terima kasih telah berkunjung di Website Sedulurtani.com. dan semoga bermanfaat.

Follow Facebook sedulurtani.com, untuk mendapatkan informasi terbaru terkait pertanian dan pendidikan dengan cara Klik disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.