Mengenal Klasifikasi Tanaman Durian dan Morfologinya Secara Lengkap

Mengenal Klasifikasi Tanaman Durian dan Morfologinya Secara Lengkap

Sedulurtani.com. Tanaman durian merupakan jenis tanaman pohon yang memiliki ukuran besar dengan tinggi dapat mencapai 30 meter.

Selain itu, tanaman durian termasuk dalam jenis tanaman berumur panjang yang menghasilkan buah berukuran besar dan berduri.

Mengenal Klasifikasi Tanaman Durian dan Morfologinya Secara Lengkap
Mengenal Klasifikasi Tanaman Durian dan Morfologinya Secara Lengkap

Akan tetapi secara umum dari segi ukuran buah, rasa buah, tekstur, dan ketebalan daging buah juga tergantung dari varietasnya.

Mungkin bagi Anda sudah tidak asing lagi dengan buah durian, atau bahkan mungkin buah ini merupakan salah satu buah faforit bagi anda.

Buah yang satu ini sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia karena banyak digemari oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Maka tak heran apabila buah yang memiliki rasa manis dengan aroma khas ini dijuluki sebagai king of fruit.

Tanaman durian berasal dari Asia Tenggara, terutama Indonesia dan juga Malaysia. Di negara Thailand, tanaman ini telah dikembangkan secara agribisnis dengan sangat baik.

Sedangkan di negara Indonesia pengembangan secara agribisnis dalam suatu kebun khusus masih sangat terbatas.

Pada dasarnya tanaman durian memiliki habitat asli yaitu tumbuh pada hutan belantara yang memiliki iklim panas. Tanaman ini akan tumbuh dengan baik pada ketinggian sekitar 800 mdpl.

Untuk mengenal lebih jelas mengenai tanaman durian, maka pada kesempatan kali ini Sedulurtani.com ingin berbagi informasi terkait tanaman durian.

Adapun informasi yang akan disampaikan terkait dengan Mengenal Klasifikasi Tanaman Durian dan Morfologinya Secara Lengkap. Oleh karena itu mari simak uraian di bawah ini.

Berikut adalah klasifikasi dan morfologi dari tanaman durian.

Klasifikasi tanaman durian :

KingdomPlantae (Tumbuhan)
Sub KingdomTracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super DevisiSpermatophyta (Menghasilkan biji)
DevisiMagnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
KelasMagnoliopsida (Dikotil/ Berkeping dua)
Sub KelasDilleniidae
OrdoMalvales
FamiliBombaceae
GenusDurio
SpesiesDurio zibethinus Murr

Setelah Anda mengetahui klasifikasi dari tanaman durian, selanjutnya yaitu morfologinya. Adapun morfologi dari tanaman durian, antara lain morfologi akar, daun, batang, bunga, dan buah, serta biji.

Berikut ini adalah morfologi dari tanaman durian.

1. Morfologi Akar

Tanaman durian memiliki perakaran yang terbagi atas beberapa jenis, antara lain akar tunggal atau primer, akar seunder, dan juga tersier yang kuat dan dalam.

Oleh karena itu, jenis perakaran seperti ini baik untuk mencegah erosi pada lereng. Akar primer dari tanaman durian berfungsi sebagai penopang tanaman durian tersebut supaya dapat berdiri dengan kokoh.

Sedangkan akar sekunder adalah akar yang tumbuh di daerah perbatasan dibawah tanah. Akar ini berfungsi untuk mendukung kokohnya tanaman untuk berdiri.

Kemudian akar tersier merupakan akar yang tumbuh dari perakaran serabut sehingga ukuranya kecil. Dimana akar ini berfungsi didalam menyerap air dan zat hara yang dibutuhkan oleh tanaman durian.

2. Morfologi Daun

Tanaman durian memiliki daun berbentuk lonjong atau melanset serta lonjong melanset. Ukuran panjang daun durian dapat mencapai 10 cm bahkan lebih dan lebar 4 cm.

Akan tetapi tidak semua jenis tanaman durian memiliki ukuran daun yang sama, karena semua juga tergantung dari varietasnya.

Daun tanaman ini terletak secara berselang-seling, dengan pangkal yang tumpul ataupun lancip serta pada bagian ujungnya lancip.

Selain itu, tanaman ini memiliki warna hijau terang pada daun bagian atas dan berwarna perak  atau keemasan pada daun bagian bawah.

Pertulangan daun tanaman ini tampak menyirip, serta bagian ibu tulang daun (costa) terlihat memanjang dari pangal daun ataupun sampai pada ujung daun, dan kemudian dari costa keluar ke arah samping tulang-tulang cabang.

3. Morfologi Batang

Tanaman durian memiliki batang yang berbentuk silindiris dengan panjang mencapai ukuran 45 meter atau bahkan dapat lebih.

Kulit batang tanaman durian memiliki tekstur yang kasar dengan warna coklat yang secara terus menerus mengalami pengelupasan dan tidak beraturan.

Batang tanaman ini memiliki arah tumbuh yang tegak lurus dari setiap percabangan. Selain itu, untuk arah tumbuh cabang dari tanaman durian condong sedikit ke atas dan ada juga yang arah tumbuhnya mendatar.

4. Morfologi Bunga

Tanaman durian memiliki bunga yang ukuranya besar berbentuk seperti mangkuk dengan benang sari dan mahkota berwarna kuning emas hingga merah.

Bunga tanaman durian tersusun dari dua kelamin, yaitu jantan dan juga betina. Oleh karena itu bunga tanaman ini disebut dengan bunga sempurna atau hermafrodit.

Bunga tanaman ini keluar secara tunggal atau berkelompok pada cabang primer hingga cabang sekunder. Bunga ini terletak secara bergantungan dengan tangkai yang panjang.

Sedangkan penyerbukan silang tanaman ini dibantu oleh binatang, seperti kelelawar yang aktif pada waktu malam hari ataupun kumbang.

5. Morfologi Buah dan Biji

Tanaman durian memiliki buah berukuran besar dengan kulit yang penuh duri keras dan tajam. Kulit buah durian memiliki ketebalan sekitar 1,5-2 cm dan bahkan lebih terrgantung dari varietasnya.

Buah durian memiliki bentuk bulat dan lonjong dengan warna hijau hingga kecoklatan.

Daging buah terdapat dalam kulit yang berkembang dari jaringan biji yang disebut arilus. Daging buah ada yang struktunyae tebal dan ada juga yang tipis tergantung dari varietasnya.

Buah durian memiliki rasa yang sangat manis dengan bahu yang khas. Dalam  buah terdapat 1-7 ruang, yang setiap ruangnya terdapat 1-6 buah.

Sementara itu, biji durian memiliki bentuk bulat hingga lonjong dengan serabut halus pada bagian ujungnya.

Biji dari buah durian hanya tersusun dari beberapa lapisan saja, dimana yang pertama memiliki kulit luar atau epidermis yang tipis, dan bagian dalam dermis yang tebal.

Biji tersebut memililiki warna coklat pada bagian permukaan, sedangkan pada bagian dalam memiliki warna putih. Biji durian sering disebut dengan pongge.

Baca juga artikel tentang :

Sekian artikel tentang, Mengenal Klasifikasi Tanaman Durian dan Morfologinya Secara Lengkap. Semoga dapat menjadi referensi bagi Anda yang sedang mencari informasi terkait klasifikasi dan morfologi dari tanaman durian.

Follow juga facebook saya di Facebook.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.