Manfaat Tomat bagi Kesehatan Beserta Kandungan Gizinya

Sedulurtani.com Manfaat Tomat bagi Kesehatan Beserta Kandungan Gizinya

Tomat adalah salah satu komoditas pertanian yang memiliki manfaat dan kandungan gizi yang begitu banyak. Tomat (Lycopersicon esculentum Mill), termasuk tumbuhan dari ordo solanales dan famili Solanaceae. Tomat yang berasal dari Amerika Selatan dan Tengah ini dapat dijadikan hidangan makanan ataupun minuman segar yang kaya akan nutrisi.

Manfaat tomat bagi kesehatan beserta kandungan gizinya
Manfaat tomat bagi kesehatan beserta kandungan gizinya

Tomat bisa dikatakan buah ataupun sayur, karena tomat dapat dikonsumsi secara segar layaknya buah dan juga bisa diolah menjadi sayur. Tomat memiliki rasa asam manis dan segar serta bisa diolah menjadi berbagai varian menu santapan maupun minuman.

Berbagai menu santapan yang menggunakan bahan tomat antara lain, tumis, sambal, saos, salad, pizza, krim sup tomat, dan manisan, serta masih banyak lagi .Tomat juga dapat dihidangkan dalam bentuk minuman segar, seperti es tomat yogurt, Es Rujak, Es jelly tomat, dan jus.

Apabila tidak terbiasa dengan minuman  es, tomat juga dapat dihidangkan dalam bentuk hangat, yaitu wedang tomat. Dan sajian wedang tomat akan lebih nikmat, jika ditambah dengan madu secukupnya.

Buah tomat yang telah matang banyak mengandung vitamin A dan C. Apabila buah tomat matang pada pohon kandungan dari kedua vitamin tersebut akan semakin banyak. Sebaliknya jika buah tomat dipetik  sebelum matang sempurna atau masih dalam kondisi matang hijau, maka kandungan dari kedua vitamin tersebut berkurang.

Selain kandungan  vitamin A dan C yang potensial, tomat juga mengandung berbagai nilai gizi yang baik bagi kesehatan tubuh. Manfaat tomat bagi kesehatan beserta kandungan gizinya membuat buah ini sangat direkomendasikan untuk di konsumsi setiap hari. Berikut ini adalah manfaat tomat bagi kesehatan beserta kandungan gizinya.

kandungan gizi dari buah tomat.

Komposisi gizi per 100 g buah tomat.

SenyawaKadar NurtisiPersen dari Kebutuhan Harian
Energi (kalori)18, 001, 00
Karbohidrat (g)3, 903, 00
Protein (g)0, 901, 60
Lemak total (g)0, 200, 70
Serat (g)1, 203, 00
Folat (µg)15, 004, 00
Niasin (mg)0, 5944, 00
Piridoksin (mg)0, 0806, 00
Tiamin (mg)0, 0373, 00
Vitamin A (UI)833, 0028, 00
Vitamin C (mg)13, 0021, 50
Vitamin E (mg)0, 544, 00
Vitamin K (µg)7, 906, 50
Natrium (mg)5, 00>1, 00
Kalium (mg)237, 005, 00
Kalsium (mg)10, 001, 00
Besi (mg)0, 304, 00
Magnesium (mg)11, 003, 00
Magan (mg)0, 156, 50
Fosfat (mg)24, 003, 00
Seng (mg)0, 171, 50
Β-karoten (µg)449, 00
a-karoten (µg)101, 00
Likopen (µg)2.573, 00
Lutein-zeasantin (µg)123, 00

Sumber. USDA National Nutrien Data Base.

Selain dapat diolah menjadi berbagai varian menu, mengonsumsi tomat juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ini adalah berbagai macam manfaat tomat bagi kesehatan tubuh.

1. Sebagai anti kanker

Manfaat tomat bagi kesehatan beserta kandungan gizinya
Manfaat tomat bagi kesehatan beserta kandungan gizinya

Buah tomat memiliki manfaat sebagai pencegah kanker. Dimana buah ini mengandung likopen yang merupakan pigmen karotenoid sebagai antioksidan yang kuat. Likopen banyak terdapat pada buah yang berwarna cerah seperti halnya tomat.

Antioksidan memiliki peranan penting untuk menjaga kesehatan jaringan dan organ karena berfungsi sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh kita. Likopen merupakan antioksidan yang dapat menekan multifikasi sel. Untuk itu efektifitas ini mampu untuk menekan resiko tomor dan kanker yang mungkin akan terjadi pada tubuh manusia.

Likopen mampu untuk mencegah kanker terutama kanker perut, kanker kolon, paru- paru, kulit, prostat, kanker serviks, dan kanker payudara.

2. Sebagai Pencegah Stroke

Manfaat tomat bagi kesehatan beserta kandungan gizinya
Manfaat tomat bagi kesehatan beserta kandungan gizinya

Salah satu manfaat dari buah tomat yaitu mampu untuk mencegah penyakit stroke. Orang yang sering mengonsumsi buah tomat memiliki resiko lebih kecil terserang penyakit stroke. Hasil penelitian para ahli dari University of eastern finland di kuopio dengan subjek 1000 orang tua memberikan hasil yang baik.

Hasil tersebut dipublikasikan dalam jurnal neorolgy, dan dari riset ditemukan lycopene dalam darah yang berfungsi sebagai antioksidan yang tinggi. Dimana antioksidan lycopene pada darah mereka akan membuat lebih kecil terhadap resiko serangan penyakit stroke dalam 12 tahun kedepan.

3. Meningkatkan Kinerja Ginjal

Manfaat tomat bagi kesehatan beserta kandungan gizinya
Manfaat tomat bagi kesehatan beserta kandungan gizinya

Mungkin sering bagi kita dalam mengkonsumsi buah tomat. Akan tetapi kita tidak mengetahui bahwa tomat memiliki manfaat yang baik dalam menjaga fungsi ginjal. Buah tomat memiliki kandungan flavonoid dan nutrisi lain, sehingga dapat untuk mengatur protein dan menurunkan perkembangan kristal ginjal. Maka dari itu, tomat dapat mencegah penyakit gagal ginjal.

Akan tetapi buah tomat tidak dianjurkan bagi penderita batu ginjal, karena tomat mengandung oksalat. Dimana oksalat merupakan salah satu senyawa paling banyak sebagai penyebab dari batu ginjal.

4. Menguatkan Tulang

Manfaat tomat bagi kesehatan beserta kandungan gizinya
Manfaat tomat bagi kesehatan beserta kandungan gizinya

Mengonsumsi tomat satiap hari merupakan salah satu cara untuk menguatkan tulang, sehingga kita akan terhindar dari resiko penyakit osteoporosis. Buah tomat merupakan sumber likopen yang baik. Kandungan likopen dalam tomat menjadi antioksidan yang mampu untuk menambah kekuatan pada tulang.

Sebelumnya juga telah dibahas bahwa likopen bermanfaat untuk mencegah kanker dan stroke. Dengan mengkonsumsi tomat setiap hari maka akan menjadikan alternatif untuk hidup lebih sehat.

5. Mengatasi Hipertensi

Manfaat tomat bagi kesehatan beserta kandungan gizinya
Manfaat tomat bagi kesehatan beserta kandungan gizinya

Penyakit hipertensi memang telah banyak diderita oleh orang, tetapi bukan berarti anda dapat meremehkan penyakit ini. Penyakit hipertensi dapat mengakibatkan orang terkena stroke bahkan bisa mengakibatkan kematian.

Mengonsumsi buah tomat setiap hari mampu untuk mengatasi hipertensi. Penelitian dari Universitas Ben Gurion telah menguji tomat sebagai penurun darah tinggi selama 16 minggu terhadap 31 orang.

Setelah 16 minggu mengonsumsi ekstrak tomat didapatkan hasil bahwa tomat rata-rata menurunkan 10 poin tekanan darah sistolik. Hasil juga menunjukan bahwa tomat menurunkan rata-rata 4 poin tekanan darah diastolik.

6. Meningkatkan Kesehatan Mata

Manfaat tomat bagi kesehatan beserta kandungan gizinya
Manfaat tomat bagi kesehatan beserta kandungan gizinya

Buah tomat memiliki kandungan alami seperti Vitamin A, C, K, B6, kalium, folat, thiamin, niacin, magnesium, tembaga, dan fosfor. Dimana kandungan tersebut memiliki manfaat yang efektif bagi kesehatan mata.

Buah tomat mampu dalam menjaga mata dari kerusakan retina serta membuat penglihatan menjadi tajam.  Kandungan Vitamin A yang cukup tinggi pada buah tomat berperan penting dalam menjaga kesehatan mata.

7. Bermanfaat Untuk Kecantikan

Manfaat tomat bagi kesehatan beserta kandungan gizinya
Manfaat tomat bagi kesehatan beserta kandungan gizinya

Kebutuhan akan Vitamin C semakin meningkat, setelah banyak penelitian yang mengungkapkan tentang manfaat Vitamin C bagi kulit. Berbagai penelitian mengungkapkan bahwa vitamin C dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk merawat kulit agar tetap sehat.

Sumber Vitamin C yang banyak bisa kita dapatkan dari buah tomat. Buah ini mengandung Vitamin C dan air cukup banyak yang berperan dalam memproduksi kolagen. Seiring berjalanya waktu usia orang akan semakin tua, sehingga kolagen akan rusak dan keriput pada kulit mulai terbentuk.

Asupan vitamin C yang kita dapatkan dari mengkonsumsi buah tomat akan melawan pembentukan keriput dengan cara memproduksi kolagen. Selain itu, konsumsi tomat akan mencerahkan warna gelap pada kulit akibat dari penuaan, sehingga kulit terasa lembut dan tampak muda.

Manfaat tomat bagi kesehatan beserta kandungan gizinya.

Buah tomat memiliki berbagai kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaatnya, antara lain sebagai antikanker, pencegah stroke, meningkatkan kinerja ginjal, menguatkan tulang, mengatasi hipertensi, meningkatkan kesehatan mata, dan bermanfaat untuk kecantikan.

Sekian artikel tentang Manfaat tomat bagi kesehatan beserta kandungan gizinya, semoga dapat membantu anda yang sedang mencari informasi terkait manfaat tomat dan kandungan gizinya.

Follow juga Facebook saya di Facebook

 Baca juga : Kandungan Gizi dan Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.