Manfaat Nanas Bagi Kesehatan Tubuh Beserta Kandungan Gizinya

Manfaat Nanas Bagi Kesehatan Tubuh Beserta Kandungan Gizinya

Sedulurtani.com Nanas merupakan buah dengan rasa manis maupun asam yang memiliki berbagai manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh kita.

Saat ini, sebagian dari masyarakat Indonesia telah menerapkan gaya hidup sehat dengan cara mengonsumsi makanan yang menyehatkan, seperti halnya nanas. Nanas memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh kita.

Pada pertemuan kali ini Sedulurtani.com ingin berbagi informasi terkait manfaat nanas bagi kesehatan tubuh beserta kandungan gizinya. Sebelum anda membaca manfaat nanas untuk kesehatan, telebih dahulu kami sajikan kandungan gizi nanas yang cukup penting untuk diketahui.

Manfaat Nanas Bagi Kesehatan
Manfaat Nanas Bagi Kesehatan

Manfaat Nanas Bagi Kesehatan Tubuh Beserta Kandungan Gizinya

Berikut ini adalah kandungan gizi buah nanas per 100 gram.

Kandungan zat gizi dalam 100 gram buah nanas masak.

Komponen Zat GiziBanyaknya
Kalori50 kal
Protein0,40 g
Lemak0,20 g
Karbohidrat13,0 g
Kalsium (Ca)19,0 g
Posfor (P)9,0 g
Serat0,40 g
Besi (Fe)0,20 g
Vitamin A20,00 RE
Vitamin B10,08 mg
Vitamin B20,04 mg
Vitamin C20,00 mg
Niacin0,20 g

Sumber: Buah dan Sayur Untuk Terapi, 2000

Setelah anda mengetahui kandungan nutrisi nanas, maka selanjutnya yaitu manfaat buah nanas untuk kesehatan tubuh.

Berikut ini adalah manfaat buah nanas bagi kesehatan tubuh kita :
1. Sebagai Antioksidan

Manfaat buah nanas bagi kesehatan yang pertama yaitu dapat menjadi antioksidan. Nanas merupakan buah yang terkenal kaya akan kandungan enzim bromelain. Buah ini juga memiliki potensi yang tinggi sebagai sumber antioksidan. Manfaat buah nanas sebagai antioksidan ini dikarenakan memiliki kandungan magan. Dimana mineral mikro ini sangat dibutuhkan didalam memproduksi enzim SOD yang berperan sebagai antioksidan.

Tidak hanya itu, kandungan vitamin C dan beta-karoten pada nanas membuat antioksidan pada buah ini semakin lengkap. Kandungan tersebut dikenal mampu untuk menangkal radikal bebas. Oleh karena itu, sering mengkonsumsi nanas akan dapat melindungi seleruh sel dan sitoplasma pada tubuh kita dari damapak radikal bebas.

2. Menyehatkan Saluran Pencernaan

Nanas merupakan buah yang mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga membawa manfaat baik bagi pencernaan tubuh kita. Pada umumnya makanan yang kaya akan serat biasanya susah untuk dicerna, akan tetapi lain halnya dengan nanas.

Nanas juga mengandung enzim yang baik untuk pencernaan yang biasa disebut dengan enzim bromelain. Enzim tersebut merupakan campuran dari enzim proteolitik yang dapat membantu usus kita memecar. Selain itu, enzim ini juga dapat berfungsi untuk menyerap protein lebih baik dan meringankan sakit perut seperti diare.

3. Menyehatkan Jantung

Nanas memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Sebuah penelitian di Firlandia menunjukan bahwa hasil asupan Vitamin C yang mencukupi tubuh bermanfaat dalam menurunkan resiko penyakit jantung koroner.

Selain itu kandungan kalium dari buah nanas juga dipercaya dapat menurunkan resiko serangan stroke dan menurunkan resiko penyakit jantung iskemik yang mematikan. Hal tersebut dikarenakan kalium juga berfungsi untuk menjaga ritme denyut jantung dan tekanan darah supaya stabil.

4. Mencegah kanker

Kandungan Vitamin A dan Vitamin C pada nanas memiliki sifat antioksidan, sehingga dapat berfungsi untuk menagkal radikal bebas. Dimana radikal bebas akan dapat memicu tumbuhnya kanker pada tubuh.

Dari beberapa penelitian menyebutkan bahwa bromealin dalam nanas mampu untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Didalam mendapatkan hasil yang maksimal disarankan supaya mengonsumsi nanas sebanyak 80 gram per hari.

Akan tetapi bagi penderita diabetes sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi buah ini. Hal tersebut dikarenakan nanas memiliki kadar gula yang cukup tinggi mencapai 10%.

5. Penyembuhan Luka

Buah nanas memiliki kandungan yang bersifat sebagai anti inflamasi dan bermanfaat untuk menyembuhkan luka dengan sangat efektif. Cara mengobati luka pada tubuh dapat dilakukan dengan cara mengoleskan jus nanas pada area yang terasa sakit.

Beberapa penelitian medis juga menyatakan bahwa orang yang mengaplikasikan bromelain pada lukanya, membuat masa penyembuhanya akan lebih cepat daripada yang tidak diaplikasikan. Akan tetapi untuk penggunaanya akan lebih baik jika anda konsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang merawat anda.

6. Meredakan Sembelit

Penyakit sembelit secara umum disebabkan karena kurangnya mengkonsumsi makanan berserat. Makanan berserat salah satunya bisa anda dapatkan dari buah nanas.

Dr. David Fajar P. MS yang merupakan dokter spesialis gizi menyatakan bahwa buah kaya serat seperti apel, mangga, pepaya, jambu biji merah, dan nanas sangat baik dikonsumsi untuk mengatasi sembelit.

Akan tetapi dari semua buah tersebut yang paling dianjurkan yaitu nanas. Hal tersebut dikarenakan nanas memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, yaitu dari per 100 g nanas mengandung 1,4 g serat.

Caranya cukup mudah, yaitu buat jus nanas dan gunakan nanas yang tidak terlalu masak. Kemudian minum jus nanas secara teratur, maka anda akan mendapatkan manfaat nanas didalam meredakan sembelit.

7. Menyehatkan Gusi Gigi

Seperti yang telah kita ketahui bahwa buah nanas memiliki kandungan Vitamin C yang cukup tinggi. Dimana vitamin C yang terdapat pada buah nanas ini memiliki manfaat untuk mencegah penyakit yang berkaitan dengan gigi.

Maka bagi anda yang sering mengalami sakit gigi dianjurkan untuk sering mengonsumsi buah nanas.

Manfaat Nanas Bagi Kesehatan Tubuh Beserta Kandungan Gizinya

Manfaat nanas untuk kesehatan telah admin sampaikan, antara lain dapat menjadi antiokasidan, menyehatkan pencernaan, menyehatkan jantung, mencegah kanker, penyembuhan luka, meredakan sembelit, dan menyehatkan guzi.

Baca juga :

Demikian artikel tentang, Manfaat Nanas Bagi Kesehatan Tubuh Beserta Kandungan Gizinya. Semoga dapat bermanfaat bagi anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.