Manfaat Mangga Bagi Kesehatan Beserta Kandungan Gizinya

Manfaat Mangga Bagi Kesehatan Beserta Kandungan Gizinya

Sedulurtani.com. Siapa yang tidak kenal buah mangga? Mangga (Mangifera indica L.) merupakan salah satu buah yang populer dan banyak digemari oleh masyrakat dunia. Pasalnya buah mangga memiliki rasa manis dan juga asam yang dapat menyegarkan penikmatnya.

Baca juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Mangga Secara Tepat

Asal-usul tanaman mangga diketahui dari India, Srilangka, dan Pakistan, kemudian menyebar keseluruh dunia temasuk Indonesia. Akan tetapi, untuk mangga jenis Kueni (Mangifera odorata) diduga tanaman asli dari Kalimantan Timur.

Tahukan Anda bahwa buah yang sering kita jumpai ini memiliki manfaat yang laur biasa bagi kesehatan tubuh kita. Kandungan gizi dari buah mangga yang begitu kompleks membuat buah yang satu ini memiliki manfaat tak terduga untuk menyehatkan tubuh.

Pada pertemuan kali ini Sedulurtani.com. Ingin berbagi informasi tentang Manfaat Mangga Bagi Kesehatan Beserta Kandungan Gizinya. Sebelum Anda mengetahui manfaat dari buah mangga maka Admin sajikan terlebih dulu tabel kandungan gizi dari buah mangga.

Manfaat Mangga Bagi Kesehatan Beserta Kandungan Gizinya
Manfaat Mangga Bagi Kesehatan Beserta Kandungan Gizinya
Berikut ini adalah komposisi kimiawi per 100gram buah mangga.
Jenis Nutrisi / GiziKandunganAKG%
Kalori60kcal
Karbohidrat15g
Air83,46g
Protein0,82g
Gula13,7g
Serat1,6g
Lemak0,38g
Vitamin A54µg7%
Vitamin C36,4mg44%
Vitamin D0µg
Vitamin E0,9mg6%
Vitamin K4,2µg4%
Vitamin B1 (Thiamine)0,028mg2%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,038mg3%
Vitamin B3 (Niacin)0,669mg4%
Vitamin B5 (Panthothenic acid)0,197mg4%
Vitamin B6 (Piridoksina)0.119mg9%
Vitamin B9 (Folat)43µg11%
Kalsium11mg1%
Zat Besi0,16mg1%
Magnesium10mg3%
Fosfor14mg2%
Potassium (Kalium)168mg4%
Sodium1mg0%
Seng (Zinc)0,09mg1%

Setelah Anda mengetahui kandungan gizi dari buah mangga, maka selanjutnya yaitu manfaat mangga bagi kesehatan tubuh kita.

Berikut ini adalah berbagai manfaat mangga bagi kesehatan tubuh kita.

1. Mencagah Kanker

Manfaat buah mangga untuk mencegah kanker sudah tidak diragukan lagi. Berbagai penelitian telah menyebutkan bahwa buah mangga memiliki kemampuan untuk mencegah terjadinya sel kanker.

Buah mangga memiliki kandungan antioksidan seperti astragalin, asam gallic, quercetin, methylgallat dan isoquercitrin yang dapat membantu menghambat tumbuhnya sel  kanker pada tubuh.

Berbagai jenis kanker seperti, halnya kanker kolon, payudara, leukemia dan prostat dapat dicegah apabila Anda sering mengkonsumsi buah mangga.

2. Menurunkan Kolesterol Tubuh

Salah satu cara untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh yaitu sering mengkonsumsi antioksidan seperti vitamin C. Dimana menurut seorang ahli mengkonsumsi setidaknya 500-1.000 mg vitamin C setiap harinya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Mangga merupakan jenis buah yang kaya akan Vitamin C, serat, dan juga kalium yang bagus dikonsumsi untuk menurukan kadar kolesterol dalam tubuh. Oleh karena itu, tidak ada salahnya apabila Anda yang memiliki kolesterol tinggi sering-sering untuk mengkonsumsi buah yang satu ini.

Baca juga :Cara Menurunkan Kolesterol Melalui Menu Alami

3. Meredakan Tekanan Darah

Darah tinggi (Hipertensi) merupakan penyakit yang tidak dapat disepelekan. Apabila darah tinggi dibiarkan, maka akan dapat menimbulkan penyakit serius seperti stroke ataupun serangan jantung.

Cara meredakan darah tinggi selain melakukan pola hidup sehat, seperti halnya dengan berolahraga, tidak merokok, mengurangi konsumsi garam dapat Anda lakukan juga dengan mengkonsumsi mangga.

Pasalnya buah mangga memiliki kandungan magnesium dan kalium (potassium) yang dapat secara efektif mengendalikan tekanan darah dalam tubuh Anda.

Baca juga :Cara Mengatasi Darah Tinggi Melalui Menu Alami

4. Mengatasi Sembelit

Sembelit atau yang disebut dengan konstipasi ringan adalah penyakit yang dapat diatasi dengan cara memperbaiki pola maka, yaitu dengan asupan makanan berserat. Salah satu makanan berserat tinggi adalah buah mangga.

Dimana serat buah mengga dapat merangsang aktivitas saluran usus secara normal dalam mengeluarkan kotoran. Oleh karena itu, maka akan memperlancar pencernaan dan mengobati sembelit secara alami.

5. Meningkatkan Konsentrasi Otak

Apabila Anda merasa konsentrasi pada diri Anda mulai berkurang, atau memiliki daya ingat yang rendah, maka sering-seringlah mengkonsumsi mangga. Buah mangga mengandung Vitamin B6 (Piridoksina) yang bermanfaat untuk memelihara fungsi Otak. Selain meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, mengkonsumsi buah mangga juga menyehatkan otak kita.

Demikian artikel tentang, Manfaat Mangga Bagi Kesehatan Beserta Kandungan Gizinya. Semoga Informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Bagi Anda yang sedang sakit atau mungkin memiliki saudara sakit, maka saya rekomendasikan untuk melakukan pengobatan alternatif dan spiritual di Griya sehat Bapak Wahyu di Ds. Jurang gunting, rt 2 / rw 5, Kel. Ledok, Kec. Argomulya, Salatiga. (No telfon : 085640372744). Bagi Anda yang sedang sakit jangan pernah menyerah untuk berobat, karena Tuhan akan menghargai usaha yang Anda lakukan dengan sungguh-sungguh.

Baca juga :

Follow juga Facebook saya diFacebook.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.