Manfaat Jagung Manis bagi Kesehatan dan Kandungan Gizinya

Manfaat Jagung Manis bagi Kesehatan dan Kandungan Gizinya

Sedulurtani.com Jagung manis merupakan salah satu komoditas pertanian yang begitu populer dan banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Hal tersebut dikarenakan jagung manis memiliki rasa yang berbeda dari jagung biasa yaitu manis dan lezat.

Baca juga : Klasifikasi dan Mofologi Lengkap Tanaman Jagung Manis

Jagung manis biasa dihidangkan dan dijual dalam bentuk jagung bakar, jagung rebus, bahkan baru-baru ini dibuat jasuke (jagung susu keju) yang rasanya bikin ketagihan setiap penikmatnya.

Dibalik rasanya yang manis dan lezat ternyata jagung manis memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Pada kesempatan kali ini, Sedulurtani.com ingin berbagi informasi terkait manfaat jagung manis bagi kesehatan dan kandungan gizinya.

Manfaat Jagung Manis bagi Kesehatan dan Kandungan Gizinya
Manfaat Jagung Manis bagi Kesehatan dan Kandungan Gizinya

Sebelum Anda mengetahui manfaat dari jagung manis, akan lebih baik jika anda tahu terlebih dahulu kandungan gizi dari jagung manis.

Berikut ini adalah tabel komposisi kimiawi per 100 g biji jagung manis :

Komposisi Kimiawi per 100 g Biji Jagung Manis

SenyawaKadar NutrisiPersen dari Kebutuhan Harian
Energi (kalori)86,004,00
Karbohidrat (g)18,7014,00
Protein (g)3,276,00
Lemak total (g)1,357,00
Serat (g)2,005,00
Folat (µg)42,0010,50
Niasin (mg)1,77011,00
Asam Pantotenat (mg)0,71714,00
Piridoksin (mg)0,0937,00
Riboflavin (mg)0,0554,00
Tiamin (mg)0,15513,00
Vitamin A (IU)187,006,00
Vitamin C (mg)6,8011,00
Vitamin E (mg)0,07< 1,00
Vitamin K (µg)0,302,00
Natrium (mg)15,001,00
Kalium (mg)270,006,00
Kalsium (mg)2,00< 1,00
Besi (mg)0,526,50
Magnesium (mg)37,009,00
Magan (mg)0,6137,00
Seng (mg)0,464,00
Tembaga (mg)0,0546,00
Selenium (µg)0,601,00
Β-karoten (µg)47,00
α-karoten (µg)16,00
Β-kriptosantin (µg)115,00
Lutein-zaesantin (µg)644,00

Sumber. USDA National Nutrient Data Base.

Berikut ini adalah manfaat dari jagung manis bagi kesehatan tubuh kita :

1. Mencegah Diabetes

Menurut Profesor dari University of Phillipphines Los Banos, Dr. Artemio Salazar yang dilansir dari Asia journal mengungkapkan hal menarik tentang jagung yang termasuk juga jagung manis. Beliau menyebutkan bahwa jagung bisa menjadi makanan pokok yang baik bagi penderita diabetes.

Hal tersebut dikarenakan jagung memiliki kandungan amilosa yang tinggi daripada beras. Serat jagung manis akan lebih lambat dicerna oleh tubuh manusia, sehingga gula darah dalam tubuh akan lebih terkontrol.

2. Menyehatkan Jantung

Tahukan anda bahwa mengonsumsi jagung manis bermanfaat didalam menyehatkan jantung. Pasalnya jagung manis kaya akan folat atau yang dikenal sebagai Vitamin B9. Dimana Vitamin ini berfungsi untuk menurunkan asam amino dalam pembuluh darah.

Naiknya asam amino tersebut dapat menyebabkan masalah pada pembuluh darah yang kemudian akan menimbulkan masalah pada jantung. Selain itu, jagung manis juga mengandung kolesterol baik yang mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Oleh karena itu, mengkonsumsi jagung manis secara rutin akan dapat menyehatkan jantung dan juga mengurangi resiko serangan jantung.

3. Mengatasi Anemia

Anemia merupakan salah satu penyakit yang secara umum disebabkan karena kekurangan zat besi. Akan tetapi selain kekurangan zat besi dapat juga disebabkan karena kekurangan Vitamin B12, folat, maupun mineral.

Untuk membantu mencegah atau mengatasi anemia disarankan supaya Anda mengonsumsi jagung manis karena mengandung Vitamin B12 dan juga folat yang akan membantu zat besi membentuk sel darah merah dalam tubuh.

4. Sebagai Antioksidan

Jagung manis merupakan sumber antioksidan fenolik, flavonoid, dan asam ferulat yang baik. Dari beberapa hasil penelitian menyebutkan bahwa asam ferulat berperan penting untuk mencegah kanker, peradangan pada manusia, dan penuaan.

Vitamin C yang dibantu oleh protein yang terkandung pada jagung manis memiliki fungsi dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C juga berfungsi mencegah demam dan juga flu.

Oleh karena itu, sering mengkonsumsi jagung manis dapat menjadi antioksidan bagi tubuh kita supaya tidak mudah terserang penyakit.

5. Bermanfaat Untuk Masa Kehamilan

Pada masa kehamilan wanita begitu membutuhkan kandungan asam folat untuk menjaga kesehatan bayi yang berada didalam kandungan. Bagi anda yang sedang hamil dianjurkan mengonsumsi jagung manis, dimana jagung manis mengandung asam folat yang cukup tinggi.

Selain itu kandungan nutrisi yang terdapat pada jagung manis memiliki fungsi untuk mencegah terjadinya cacat pada bayi. Ada juga Vitamin B yang terkandung dalam jagung berperan untuk membantu dan mempengaruhi kesehatan sistem syaraf dan tulang belakang bayi.

6. Menyehatkan Tulang dan Gigi

Jagung manis memiliki kandungan magnesium dan fospat yang berfungsi untuk menyehatkan tulang. Dimana magnesium memiliki perananan penting bagi tulang yang mana berkontribusi untuk kepadatan dan membangun kembali pertumbuhan tulang.

Selain itu, menurut penelitian dari University of Maryland Medical Center menyebutkan bahwa fospor dalam bentuk fosfat, dapat membangun dan memperkuat gigi dan tulang dengan meningkatkan massa mineralnya.

7. Meredakan Kolesterol

Jika Anda memiliki kolesterol yang tinggi, maka Anda dapat menambahakan jagung manis sebagai menu harian untuk dikonsumsi. Dengan sering mengkonsumsi jagung manis akan mampu menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh Anda.

Jagung manis mengandung Vitamin C, karotenoid, dan bioflafonoid yang dapat membantu tubuh mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.

8. Pencegah kanker

Sering mengkonsumsi jagung manis akan membawa dampak baik bagi kesehatan tubuh, seperti halnya mencegah tubuh kita dari terjadinya kanker.

Telah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa jagung manis mengandung pytonutriens yang memiliki fungsi sebagai penangkal pertumbuhan sel kanker.

Dalam jagung manis juga terdapat kandungan senyawa fenolik yaitu asma ferolic yang terbukti efektif dalam melawan tumor payudara dan juga hati.

9. Menyehatkan Pencernaan

Jagung manis mengandung banyak nutrisi yang salah satunya bermanfaat untuk menjaga dan memelihara kesehatan pencernaan. Jika Anda mau mengkonsumsi secara teratur maka akan membawa dampak positif yang luar biasa bagi keshatan tubuh anda, terutama untuk saluran pencernaan.

Jagung manis memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, sehingga sangat baik untuk mencegah terjadinya wasir ataupun sembelit.

Baca juga :

Sekian artikel tentang, Manfaat Jagung Manis bagi Kesehatan dan Kandungan Gizinya. Semoga dapat bermanfaat bagi anda.

Follow juga Facebook saya di Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.