Manfaat Daun Sirih Sebagai Ramuan Utama

Manfaat Daun Sirih Sebagai Ramuan Utama

Sedulurtani.com. Sirih merupakan jenis tanaman yang tumbuh secara  menjalar atau merambat pada tanaman lain yang berada disekitarnya. Tanaman ini mempunyai berbagai jenis variasi, sepeti halnya sirih hijau, sirih hitam, sirih kuning, dan juga merah. Silahkan baca : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sirih

Sementara itu, daun sirih tergolong sebagai tanaman yang mengandung banyak air. Dimana 85-90% daun sirih terdiri dari air. Oleh karena itu, daun sirih juga rendah kalori dan rendah lemak. Per 100 gram daun sirih hanya mengandung 44 kalori dan 0,4-1% lemak.

Berbagai manfaat dapat Anda temukan pada daun tanaman ini. Berikut ini sedulurtani.com sajikan macam-macam manfaat beserta cara membuat ramuan daun sirih untuk berbagai pengobatan tradisional :

Manfaat Daun Sirih Sebagai Ramuan Utama
Manfaat Daun Sirih Sebagai Ramuan Utama

Manfaat Daun Sirih Sebagai Ramuan Utama

1. Menghentikan mimisan

Daun sirih terbukti memiliki manfaat untuk menghentikan mimisan. Dimana kandungan seperti tannin dan berbagai zat lainnya memiliki kemampuan untuk  mempercepat respon tubuh dalam menghentikan perdarahan yang terjadi. Dengan demikian perdarahan pada hidung pun akan berhenti dengan cepat.

Caranya menghentikan mimisan dengan menggunakan daun sirih, yaitu ambil satu atau dua helai daun sirih yang sudah dibersihakan. Kemudian gulung daun sirih dan masukan ke dalam hidung yang mimisan. Tekan dengan perlahan, agar tidak memperburuk keadaan. Selanjutnya, tunggu beberapa saat, maka darah pun akan terhenti secara berlahan.

2. Menghilangkan Jerawat

Bersumber dari StyleCraze, bahwa daun sirih hijau, kuning, maupun merah memiliki antiseptik yang sama baiknya. Kaya akan polifenol, terutama chavicol yang mampu melindungi kulit dari serangan bakteri penyebab jerawat dan beruntusan. Oelh karena itu, bagi Anda yang mempunyai jerawat yang membandel tidak perlu khawatir. Berikut ini adalah cara mengatasi jerawat menggunakan daun sirih :

  •  Siapkan 10 lembar daun sirih, sedikit garam halus dan juga air hangat.
  •  Tumbuk daun sirih hingga halus dan bubuhkan sedikit garam halus.
  • Daun yang telah ditumbuk tersebut diberi beberapa tetes air hangat.
  • Campurkan hingga merata.
  • Oleskan tumbukan tersebut ke jerawat yang membandel dengan berlahan-lahan.
  • Kemudian diamkan 15 – 30 menit dan setelah itu basuh dengan air bersih
  • Lakukan pengulangan setiap hari hingga jerawat pada wajah menghilang
3. Pengobatan Asam Lambung

Bagi Anda yang menderita penyakit asam lambung, maka jangan sampai disepelekan, karena menyangkut dengan bagian sistem pencernaan dalam tubuh. Salah satu cara mengobati asam lambung secara tradisional, yaitu dapat menggunakan ramuan daun sirih.

Dimana antiinflamasi yang terkandung dalam daun sirih dapat dimanfaatkan untuk membantu mengurangi peradangan yang terjadi pada lambung.

Cara mengatasi asam lambung dengan daun sirih, yaitu :

  • Siapkan 7 helai daun sirih yang masih segar dan air sebanyak 100 ml
  • Bersihkan daun sirih dengan dicuci menggunakan air.
  • Daun yang sudah dibersihkan kemudian direbus hingga mendidih dan tunggu hingga air sudah tidak panas.
  • Minum ramuan daun sirih tersebut secara teratur setiap harinya pada jam yang sama
  • Anda juga dapat meminum air ramuan daun sirih hingga 2 kali sehari secara berlahan-lahan.

 4. Pengobatan luka Luar

Salah satu obat luka luar tradisional yang mujarab, yaitu daun sirih. Dimana daun sirih yang memiliki kandungan antiseptik dan antibakteri ini dapat digunakan untuk mengobati luka luar. Berikut ini adalah cara mengobati luka luar menggunakan daun sirih :

  • Cuci beberapa lembar daun sirih hingga bersih, kemudian ditumbuk sampai halus.
  • Setelah halus tempelkan beberapa menit pada area yang terluka.
  • Tunggu hingga daun sirih mengering. Daun ini mempu mencegah infeksi akibat dari bakteri yang menempel.
5. Obat Keputihan

Cara mengatasi keputihan dapat dilakukan menggunakan ramuan daun sirih. Dimana  nutrisi dan zat antioksidan di dalam daun sirih memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri dan jamur penyebab keputihan.

Berikut ini adalah cara mengatasi keputihan menggunakan daun sirih :

  • Rebus 3-6 lembar daun sirih dengan 2 gelas air menggunakan api yang kecil.
  • Kemudian setelah mendidih matikan kompor dan tunggu hingga air dingin, lalu saring air tersebut.
  • Minum air rebusan tersebut secara berlahan-lahan.
  • Anda dapat meminum air rebusan ini setiap 1 kali dalam 3 hari.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan air rebusan daun sirih untuk mencuci organ intim. Akan tetapi, hal ini hanya boleh dilakukan 1 kali dalam seminggu selama mengalami keputihan.

Karena sering mencuci organ intim menggunakan daun sirih dikhawatirkan justru akan berbahaya bagi keseimbangan pH organ intim Anda.

Demikian artikel tentang, manfaat daun sirih sebagai ramuan utama untuk berbagai macam pengobatan. Terima kasih telah berkunjung di website sedulurtani.com. dan semoga bermanfaat.

Baca juga :

Follow Facebook sedulurtani.com, untuk mendapatkan informasi terbaru terkait pertanian dan pendidikan dengan cara Klik disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.