Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Sedulurtani.com Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Secara umum bawang putih dikenal sebagai bumbu masak yang berperan penting untuk melengkapi  berbagai hidangan. Hampir seluruh jenis masakan di Indonesia menggunakan bawang putih sebagai bumbu pelengkap.

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh Kita
Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Ternyata salah satu bumbu dapur ini memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh kita. Selain itu, bawang putih juga memiliki berbagai manfaat yang penting bagi kesehatan tubuh kita.

Pada kesempatan kali ini Sedulurtani.com ingin berbagi informasi terkait Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh Kita. Akan tetapi sebelum kita mengetahui manfaat dari bawang putih, terlebih dahulu saya sajikan kandungan gizi dari 100g bawang putih

Komposisi kimiawi per 100 g umbi bawang putih.

SenyawaKadar NutrisiPersen dari Kebutuhan Harian
Energi (kalori)149,007,50
Karbohidrat (g)33,0625,00
Protein (g)6,3611,00
Lemak total (g)0,502,00
Serat (g)2,105,50
Folat (µg)3,001,00
Niasin (mg)0,704,00
Asam pantotenat (mg)0,59612,00
Piridoksin (mg)1,23595,00
Riboflavin (mg)0,118,00
Tiamin (mg)0,2017,00
Vitamin A (IU)9,00<1,00
Vitamin C (mg)31,2052,00
Vitamin E (mg)0,080,50
Vitamin K (µg)1,701,50
Natrium (mg)153,0010,00
Kalium (mg)401,008,50
Kalsium (mg)181,0018,00
Besi (mg)1,7021,00
Magnesium (mg)25,006,00
Magan (mg)1,67273,00
Fosfor (mg)153,0022,00
Seng (mg)1,16010,50
Tembaga (mg)0,29933,00
Selenium (µg)14,2026,00
β-Karoten (µg)5,00
Lutein-zeasantin (µg)16,00

Sumber : USDA National Nutrien Data Base.

Dari kandungan gizi bawang putih yang lengkap tersebut, membuat  salah satu jenis umbi ini memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ini adalah berbagai manfaat bawang putih bagi kesehatan tubuh kita :

1. Mencegah Kanker

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh Kita
Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa bawang putih memiliki manfaat didalam membunuh sel kanker secara efektif. Selain itu bawang putih juga tidak memberi efek samping terhadap penderita kanker .

Seperti halnya  salah satu penelitian  yang diterbitkan dalam jurnal American Cancer Association mengungkap bahwa bawang putih tak memberikan efek samping saat membunuh sel kanker.

Pada umbi bawang putih terdapat senyawa sulfur bioaktif yang diyakini memiliki efek pada setiap tahap pembentukan kanker. Senyawa sulfur bioaktif ini dapat mempengaruhi proses bilogis sehingga kanker tidak sempat terbentuk.

Oleh karena itu mengkonsumsi bawang putih sangat dianjurkan bagi seorang yang terkena kanker. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka anda harus mengkonsumsi bawang putih dalam bentuk mentah.

Meskipun bawang putih akan terasa lebih enak apabila dimasak, namun proses memasak dapat mengurangi kandungan enzim yang penting didalam mencegah sel kanker.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh Kita
Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Penyakit darah tinggi merupakan salah satu jenis penyakit yang menyebabkan jumlah kematian terbesar setiap tahunya. Apabila penyakit ini tidak mendapatkan perhatian yang serius, maka semakin lama akan meningkat pada level yang lebih tinggi.

Meskipun jenis obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi begitu banyak, akan tetapi sebagia besar orang memilih menggunakan obat alami karena lebih aman untuk digunakan. Salah satunya obat alami untuk menurunkan darah tinggi  yaitu bawang putih.

Dimana bawang putih memiliki kandungan Inhibitor ACE alami, magnesium, fosfor, adenosine, allicin,  dan sulfer.

Beberapa kandungan tersebut diyakini para peneliti yang mempromosikan dilatasi arteri (pelebaran pembuluh darah), sehingga aliran darah menjadi lancar dan tekanan darah menurun. Selain itu bawang putih juag memiliki sifat mengencerkan darah, sehingga membuat darah tidak menggumpal.

3. Mencegah penyakit jantung

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh Kita
Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Perlu anda tahu bahwa rutin mengkonsumsi bawang putih dalam keadaan mentah akan dapat mencegah terjadinya penyakit jantung.

Dalam The Journal of Nutrition diungkapkan bahwa bawang putih mentah bisa membantu mengurangi penumpukan plak pada arteri koronen, yaitu pembuluh darah yang memompa darah ke jantung.

Oleh karena itu, mengkonsumsi bawang putih sangat bermanfaat bagi anda didalam menyehatkan jantung. Selain itu bawang putih juga sangat bermanfaat bagi anda untuk menjaga kadar gula dalam darah.

4. Meredakan infeksi

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh Kita
Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Bawang putih merupakan salah satu tanaman yang banyak digunakan sebagai keperluan medis. Dimana bawang putih telah lama digunakan sebagai antibiotik untuk melawan bakteri.

Bawang putih memiliki kandungan allicin yang cukup tinggi yang berfungsi sebagi anti virus, anti mikroba, dan juga anti jamur. Hal tersebut terbukti ampuh dalam membunuh berbagai organisme yang dapat menyebabkan penyakit.

5. Mengatasi diabetes

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh Kita
Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Diabetes merupakan penyakit kronik karena ganguan kerja pada insulin. Bagi orang yang telah terdiagnosa diabetes maka harus pandai didalam mengontrol makanan yang akan ia konsumsi supaya tubuh anda tidak drop.

Akan tetapi bagi anda yang terkena diabetes jangan khawatir, karena mengkonsumsi bawang putih juga terbukti ampuh didalam mengatasi penyakit diabetes.

Kandungan Allicin bawang putih jika dikombinasikan dengan vitamin B dan thiamine akan merangsang pankreas untuk mengirimkan insulin ke seluruh tubuh.

Bawang putih juga mengandung protein, vitamin A, B-1 dan C, juga terdiri dari mineral yang penting. Seperti halnya kalsium (cocok sebagai pencegah hipertensi), magnesium, kalium, besi dan selenium serta asam amino penting.

Oleh karena itu bagi anda yang terkena diabetes, bawang putih merupakan salah satu konsumsi yang perlu anda prioritaskan.

6. Mengobati Wasir (Ambeien)

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh Kita
Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Penyakit wasir merupakan salah satu penyakit yang menyakitkan sekaligus bisa dibilang memalukan. Meskipun penyakit ini tidak mematikan akan tetapi kehadiranya begitu menggangu kenyamanan penderita.

Bagi anda yang terkena penyakit wasir, maka anda dapat mengobatinya dengan menggunakan obat alami yaitu bawang putih. Banyak study yang telah menyebutkan bahwa bawang putih sangat efektif didalam mengobati penyakit wasir atau ambeien.

Caranya cukup mudah, yaitu kupas satu siung bawang putih berukuran kecil saja, kemudian lumuri dengan minyak Zaitun dan masukan ke dubur pada waktu malam sbelum tidur.

Biarkan sampai pagi kemudidan bawang akan keluar dengan sendirinya lewat BAB. Lakukan hal tersebut sebanyak 3 kali dalam waktu seminggu.

Langkah berikutnya yaitu tumbuk bawang putih mentah dan biarkan selama 10 menit, kemudian telan sambil makan atau sebelum makan.

7. Meredakan Flu

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh Kita
Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Flu merupakan penyakit yang sering menyerang ketika datang musim hujan. Bagi anda yang sedang terserang flu jangan buru-buru untuk minum obat dokter, sebab anda dapat mengatasinya dengan menggunakan bawang putih.

Bawang putih memiliki kandungan vitamin C dan mineral yang berfungsi untuk memperbaiki sistem imun pada tubuh seseorang yang sedang terkena flu. Dari beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa bawang putih memiliki kandungan allicin yang bisa untuk mengatasi penyakit flu.

Menurut para ahli cara untuk mengatasi gejala flu menggunakan bawang putih yaitu dengan cara menghancurkan bawang putih mentah kemudian dicampurkan dengan cengkeh lalu ditelan.

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Demikian artikel tentang, Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh Kita. Semoga dapat bermanfaat bagi anda.

Follow juga Facebook saya di Facebook.

Baca juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.