Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Sedulurtani.com Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Bawang merah, merupakan komoditas hortikultura termasuk sayuran rempah yang berguna sebagai bumbu untuk menambah cita rasa dan kenikmatan pada masakan. Bawang merah merupakan bumbu dapur yang mudah kita dapatkan dan juga murah. Baca juga : Klasifikasi dan Morfologi Lengkap Bawang Merah (Allium cepa L.)

Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan Tubuh Kita
Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Salah satu bumbu dapur yang sering kita jumpai tersebut ternyata menyimpan kandungan gizi yang cupuk tinggi. Bawang merah merupakan sumber pridoksin, Vitamin A, Vitamin C, besi, magan, dan tembaga yang potensial untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh.

Pada pertemuan kali ini Sedulurtani.com Ingin menyampaikan informasi terkait kandungan gizi dan Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan Tubuh Kita. Berikut ini adalah tabel komposisi gizi bawang merah.

Komposisi gizi per 100 g Umbi Bawang Merah.

SenyawaKadar NutrisiPersen dari Kebutuhan Harian
Energi (kalori)72,003,60
Karbohidrat (g)16,8013,00
Protein (g)2,505,00
Lemak total (g)0,100,50
Folat (µg)34,009,00
Niasin (mg)0,201,50
Asam pantotenat (mg)0,2906,00
Piridoksin (mg)0,34526,50
Riboflavin (mg)0,0202,00
Tiamin (mg)0,0605,00
Vitamin A (IU)1.190,0035,00
Vitamin C (mg)8,0013,00
Natrium (mg)12,001,00
Kalium (mg)334,007,00
Kalsium (mg)37,004,00
Besi (mg)1,2015,00
Magnesium (mg)21,005,00
Magan (mg)0,29213,00
Fosfat (mg)60,008,50
Seng (mg)0,404,00
Tembaga (mg)0,08810,00
Selenium (µg)1,202,00

Sumber. USDA National Nutrient Data Base.

Banyak orang tidak suka mengonsumsi bawang merah dalam keadaan mentah karena beranggapan bahwa hal tersebut akan membuat bau badan tidak sedap.

Akan tetapi beruntung bagi anda yang suka dan rutin mengonsumsi bawang merah. Pasalnya, salah satu bumbu dapur ini ternyata menyimpan berbagai manfaat penting bagi tubuh kita. Berikut ini adalah berbagai Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan Tubuh Kita.

1. Mencegah kanker

Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan Tubuh Kita
Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Tahukah anda bahwa semua jenis bawang memiliki manfaat didalam mencegah terjadinya kanker. Akan tetapi jika anda mencari yang memiliki potensi besar dalam mencegah kanker, maka pilihlah bawang merah.

Seorang peneliti Suresh Neethirajan, PhD, Profesor bioteknologi sekaligus penulis penelitian telah menjelaskan jenis bawang yang efektif untuk mencegah kanker.

Peneliti tersebut menjelaskan sel kanker manusia (yang digunakan adalah sel kanker kolorektal) dengan lima jenis bawang berbeda. Peneliti menemukan bahwa ekstrak bawang merah membunuh tiga sampai empat kali lipat jumlah sel jika dibandingkan dengan ekstrak bawang berwarna terang.

Bawang merah memiliki kandungan organosulphur, yaitu senyawa sulfur yang efektif untuk mengatasi kanker prostat dan lambung. Kandungan organosulphur ini akan membuat lapisan pelindung saat tubuh melawan kanker pada kelenjar dan perut.

Selain itu bawang merah juga mengandung quercetin yang bersifat antioksidan, anti inflamasi, dan antijamur. Kandungan quercetin pada bawang merah lebih tinggi jika dibandingkan dengan bawang lainya. Quercetin pada bawang merah mampu perangi sel-sel abnormal pada gejala kanker.

Nutrisi terbaik dari bawang merah dapat anda dapatkan dengan cara mengonsumsi bawang merah dalam keadaan mentah. Karena bawang merah yang dimasak akan membuat manfaatnya berkurang terutama kandungan antioksidanya.

Anda bisa mengonsumsinya bawang merah dengan cara mengirisnya dan kemudian menaburkanya pada sepiring salad sayuran segar.

2. Menyehatkan jantung

Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan Tubuh Kita
Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Setiap manusia pasti menginginkan supaya jantungnya tetap sehat. Untuk menjaga agar jantung anda tetap sehat, maka anda bisa melakukanya dengan cara memperbanyak mengonsumsi bawang merah.

Bawang merah mengandung allicin yang memiliki manfaat didalam menyehatkan jantung. Selain itu quercetin pada bawang merah berfungsi untuk mencegah pengerasan arteri dan penumpukan plak, sehingga dapat menurunkan resiko serangan jantung.

Jika anda mengonsumsinya dalam keadaan mentah secara teratur, maka akan bermanfaat didalam menurunkan darah tinggi dan mengontrol tekanan darah anda.

3. Meredakan batuk

Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan Tubuh Kita
Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Batuk merupakan penyakit yang disebabkan karena sering minum es, mengonsumsi minyak berlebihan, menghirup polusi udara, dan lain-lain.

Penyakit batuk dapat diobati dengan obat yang dibeli dari apotik atau anda bisa membuatnya sendiri obat batuk herbal. Salah satu obat batuk herbal dapat dibuat dari bawang merah.

Cara pembuatanya, yaitu kupas dan potong-potong bawang merah sebanyak ½ kg kemudian rebus dengan air sebanyak 4 gelas. Tunggu sampai air mendidih dan hanya tersisa setengah dari air yang direbus tersebut lalu tuangkan pada gelas.

Tambahkan 3 sendok makan air jeruk lemon dan tambahkan madu secukupnya, kemudian minum selagi air masih hangat.

Jika anda ingin meredakan batuk pada anak, maka parut bawang merah dan campurkan dengan minyak telon. Kemudian balurkan bawang merah pada sekujur punggung dengan sedikit urutan.

Parutan bawang merah yang dicampur dengan minyak telon juga dapat meredakan perut kembung pada anak dengan cara dibalurkan pada pusarnya.

4. Mengatasi Penyakit Tuberkulosis (TBC)

Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan Tubuh Kita
Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Dalam jurnal penelitian Scientific Reports disebutkan bahwa bahan-bahan (tumbuhan dan mikroba) yang ada di alam memang punya banyak potensi untuk jadi obat. Kemungkinan ini karena mereka juga beradaptasi dengan bakteri yang ada di lingkungan sekitar.

Untuk itu tak heran apabila bahan alami seperti bawang merah memiliki kemampuan yang efektif didalam mengatasi penyakit Tuberkulosis. Pada bawang merah terdapat sifat Antiseptik dan juga Antimikroba.

Hal tersebut berguna untuk mengikat Mycobacterium, yang merupakan penyebab Tuberkulosis (TBC), serta memiliki efek Antitubercular.

Salah satu studi penelitian di Inggiris telah menemukan potensi bawang merah persia untuk melawan bakteri TBC. Peneliti menyebutkan bahwa ada empat molekul dalam bawang merah yang dapat menahan TBC yang kebal obat hingga 99,9%.

Untuk meningkatkan kegunaan dari bawang merah dapat dilakukan dengan mengonsumsi secara mentah dan ditaburi garam.

5. Untuk Detoksifikasi Tubuh

Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan Tubuh Kita
Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Belum banyak yang tahu bahwa bawang merah juga memiliki manfaat didalam menyerap bakteri dan membersihkan tubuh manusia. Mengonsumsi bawang merah berguna didalam proses detoksifikasi dalam tubuh dari racun-racun berbahaya.

Kandungan zat posphoric acid pada bawang merah yang sering membuat mata kita pedih saat mengirisnya merupakan zat berguna bagi tubuh. Apabila zat tersebut masuk dalam aliran darah, maka akan membersihkan dan membunuh bakteri didalam tubuh.

Selain mengkonsumsinya anda juga bisa mengiris bawang merah dan menempelkan pada telapak kaki kemudian ditutup menggunakan kaos kaki.

Lakukan hal ini sepanjang malam ketika anda mau tidur, dan akan lebih baik lagi jika anda menggunakan bawang merah organik yang terbebas dari pestisida.

Proses detoksifikasi ini akan memperlancar aliran darah, membunuh bakteri dalam tubuh, dan membersihkan oksigen pada tubuh kita.

Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Bawang merah memiliki kandungan gizi cukup tinggi yang telah disajikan pada tabel di atas. Selain kandungan gizinya bawang merah juga mempunyai berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Antara lain, mencegah kanker, menyehatkan jantung, meredakan batuk, mengatasi penyakit tuberkulosis, dan untuk upaya detoksifikasi tubuh.

Demikian artikel tentang Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan Tubuh Kita, semoga dapat bermanfaat bagi anda.

Follow juga Facebook saya di Facebook.

Baca juga artikel terkait bawang merah :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.