KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TANAMAN BAYAM (Lengkap)

KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TANAMAN BAYAM 

Sedulurtani.com. Mungkin Anda sudah tidak asing degan tanaman bayam. Pasalnya, bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Selain itu, tanaman ini juga banyak dijual dipasar dengan harga yang terjangkau.

Tanaman bayam berasal dari Amerika beriklim topis, kemudian sekarang telah menyebar ke seluruh penjuru dunia. Bayam atau yang disebut dengan nama latin Spinacia oleracea L. merupakan jenis sayuran yang dapat dibudidayakan di dataran rendah maupun dataran tinggi.

Tanaman sayur ini cukup banyak usahakan oleh petani Indonesia karena merupakan salah satu sayuran yang mudah dibudidayakan dan banyak diminati. Untuk mengenal lebih jelas mengenai tanaman bayam, maka pada pertemuan kali ini sedulurtani.com ingin berbagi informasi tentang klasifikasi dan morfologi dari tanaman bayam.

Klasifikasi dan morfologi tanaman bayam
Klasifikasi dan morfologi tanaman bayam
Berikut ini adalah klasifikasi dan morfologi tanaman bayam :
Klasifikasi Tanaman Bayam
KingdomPlantae
Sub KingdomViridiplantae
Infra KingdomStreptophyta
Super DivisiEmbryophyta
DivisiTracheophyta
Sub DivisiSpermatophytina
KelasMagnoliopsida
Super OrdoCaryophyllanae
OrdoCaryophyllales
FamiliAmaranthaceae
GenusSpinacia L.
SpesiesSpinacia oleracea L.

Setelah Anda mengetahui klasifikasi dari tanaman bayam, maka selanjutnya yaitu morfolginya. Dimana morfologi dari tanaman bayam, meliputi morfologi akar, morfologi batang, morfologi daun, morfologi bunga, dan morfologi biji.

Berikut ini adalah ciri-ciri morfologi dari tanaman bayam :

Morfologi Tanaman Bayam
1. Morfologi akar

Semua tanaman bayam memiliki sistem perakaran yang sama yaitu berupa akar tunggang dan serabut pada bagian atas. Tanaman ini mempunyai akar perdu ( terma ), akar tanaman bayam ini akan menembus tanah hingga kedalaman 20-40 cm bahkan lebih.

2. Morfologi Batang

Bayam memiliki batang yang tumbuh dengan tegak, tebal, dan mengandung banyak air. Panjang batang tanaman dapat mencapai 0,5-1 meter dan memiliki batang monopodial.

Pada umumnya batang bayam bewarna hijau, akan tetapi ada juga yang bewarna merah tergantung dari jenis bayam tersebut. Selain itu, juga terdapat duri halus di bagian pangkal ujung batang tanaman.

3. Morfologi Daun

Dauna tanaman bayam termasuk daun tunggal, berbentuk bulat memanjang dan oval dengan warna hijau muda dan tua. Akan tetapi ada juga bayam yang memiliki daun bewarna merah tergantung varietasnya. Panjang daun bayam berkisar 1.5 cm hingga 6 cm, sedangkan lebarnya berukuran 0.5-3.2 cm.

Tanaman bayam memiliki pangkal ujung daun yang runcing dan juga obtusus. Pada batang bayam terdapat tangkai yang berbentuk bulat dan memiliki permukaan opacus. Tangkai ini memiliki panjang mencapai 9.0 cm. Selain itu, tangkai ini juga memiliki bagian tepi atau permukaan repandus.

4. Morfologi Bunga

Bunga tanaman bayam berkelamin tunggal, berwarna hijau tua dan terdapat mahkota yang terdiri dari daun bunga yang berjumlah 4-5 buah, benang sari 1-5, dan bakal buah dengan jumlah 2-3 buah, serta bagian lainnya untuk membantu penyerbukan.

Bunga dari tanaman ini berukuran kecil, yaitu dengan panjang dapat mencapai 1.5-2.5 mm. Cara membedakan antara bunga jantan dan betina pada bayam yaitu bunga jantan memiliki bentuk bulir. Sedangkan bunga betina berbentuk bulat yang terdapat pada ketiak batang. Secara umum penyerbukan bunga bayam dibantu oleh binatang sekitar dan juga bantuan angin.

5. Morfologi Biji

Biji tanaman bayam berukuran kecil, halus, berbentuk bulat dengan warna kecoklatan hingga kehitaman. Akan tetapi ada beberapa jenis bayam yang bijinya berwarna putih dan merah, contohnya bayam maksi.

KLASIFIKASI DAN MORFOLOGI TANAMAN BAYAM

Dengan demikian dapat disimpulkan  bahwa klasifikasi dan morfologi dari tanaman bayam merupakan ilmu pengenalan tentang penempatan dan ciri-ciri dari tanaman bayam. Dimana klasifikasi tanaman bayam telah disajikan pada tabel di atasyang merupakan penempatan organisme secara berurutan pada kelompok tertentu (takson) yang didasarkan oleh persamaan dan perbedaan.

Sementara itu, untuk morfologi dari tanaman bayam, meliputi morfologi akar, morfologi batang, morfologi daun, morfologi bunga, dan biji, seperti yang telah diterangkan di atas.

Demikian artikel tentang klasifikasi dan morfologi dari tanaman bayam, semoga dapat menjadi referensi bagi Anda.

Baca juga :

Follow saya diFacebook.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.