Klasifikasi dan Morofologi Semangka Secara Lengkap

Klasifikasi dan Morofologi Semangka Secara Lengkap

Sedulurtani.com. Tanaman semangka merupakan jenis tanaman merambat dan bersifat semusim serta tergolong cepat berproduksi karena umurnya hanya sekitar enam bulan. Tanaman semangka berasal dari Afrika dan pada saat ini tanaman ini telah menyebar keseluruh dunia, baik itu wilayah tropis maupun sub tropis.

Sementara itu, di Indonesia sendiri semangka banyak diusahakan seperti halnya, di Madiun, Malang, Madura, Klaten, Lombok, Indramayu dan Cirebon. Semangka memiliki jenis-jenis yang beragam dengan rasa buah yang manis dan berair serta menyegarkan.

Supaya Anda mengenal lebih jelas tentang tanaman semangka, maka pada pertemuan kali ini Sedulurtani.com. ingin berbagi informasi tentang Klasifikasi dan Morofologi Semangka Secara Lengkap.

Klasifikasi dan Morofologi Semangka Secara Lengkap
Klasifikasi dan Morofologi Semangka Secara Lengkap
Berikut ini adalah klasifikasi tanaman semangka :
KingdomPlantae
Sub KingdomViridiplantae
Infra KingdomStreptophyta
Super DevisiEmbryophyta
DevisiTracheophyta
Sub DevisiSpermatophytina
KelasMagnoliopsida
Super OrdoRosanae
OrdoCucurbitales
FamiliCucurbitaceae
GenusCitrullus Schrad. Eckl. & Zeyh.
SpesiesCitrullus lanatus (Thunb). Matsum. & Nakai
Setelah Anda mengetahui klasifikasi dari tanaman semangka, maka selanjutnya yaitu morfologinya. Berikut ini adalah morfologi dari tanaman semangka :
1. Morfologi Akar

Tanaman semangka memiliki akar tunggang dan akar samping sedikit, tetapi agak dalam.

2. Morfologi Daun

Daun semangka memiliki pola yang selang-seling, daunya lebar dan bercangap menjari serta berbulu.Ukuran daun semangka memiliki panjang sekitar 3-25cm dan lebar 1,5- 5 cm dan berbentuk lancip pada bagian ujung daun.

Sedangkan pada bagian samping daun semangka bergelombang dan dibagian bawah daun berambut rapat pada bagian bawah.

3. Morfologi Batang

Batang tanaman semangka memiliki ukuran yang kecil dan panjang, sehingga mampu untuk memanjat dengan perantara alat pemegang. Akan tetapi secara umum petani menjalarkan tanaman semangka di atas tanah.

Batang semangka dapat tumbuh merambat dengan panjang sekitar 3-5 meter dengan bentuk persegi. Batang ini memiliki sifat lunak dan berambut panjang antara 1-5-5 cm.

4. Morfologi Bunga

Tanaman semangka memiliki bunga berwarna kuning cerah dan muncul pada ketiak daun yang berbeda. Bunga berumah satu (monoecius), akan tetapi berkelamin satu (uniseksual). Bunga jantan memiliki bentuk seperti terompet, sedangkan bunga betina memiliki bakal  buah yang cukup besar seukuran kaleng.

Pada umumnya bunga jantan dengan bunga betina memiliki proporsi perbandingan 7:1 lebih banyak bunga jantan. Penyerbukan bunga semangka terjadi secara silang melalui perantara serangga, seperti lalat hijau dan lebah madu.

Biasanya tanaman akan mulai berbunga setelah berumur 45-60 hari setelah tanam, baru kemudian dapat berbunga setiap waktu.

5. Morfologi Buah

Buah semangka memiliki bentuk yang beragam, ada yang bulat, bulat telur, lonjong, dan ada juga yang berbentuk seperti kubis. Buah semangka memiliki ukuran cukup besar dengan panjang antara 20-40 cm, dan diameter 20-40 cm. Pada umumnya buah ini memiliki berat dapat mencapai 5 kg, dan bahkan sekarang dapat mencapai 20kg.

Daging buah berwarna merah, kuning, atau jingga tergantung dari jenisnya. Buah semangka memiliki rasa manis, renyah, mengandung banyak air dan menyegarkan.

Sedangkan kulit buah semangka juga memiliki warna beragam, ada yang hijau tua, kuning keputihan, atau hijau muda bergaris putih. Kulit buah memiliki permukaan yang licin dan berdaging tebal. Pada permukaan kulit buah tersebut memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

6. Morfologi Biji

Biji semangka memiliki ukuran yang kecil dan berbentuk pipih memanjang serta berwarna hitam, kuning, putih, atau coklat kemerahan tergantung jenisnya.

Bahkan ada juga semangka yang tidak memiliki biji (seedless), hal tersebut bisa terjadi karena tanaman semangka sengaja diberi hormon (ZPT) pada bagian bunga tanaman semangka.

Baca juga :

Demikian artikel tentang, Klasifikasi dan Morofologi Semangka Secara Lengkap. Semoga dapat menjadi referensi bagi Anda yang sedang mencari informasi berkaitan dengan tanaman semangka.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.