Klasifikasi dan Morfologi Ubi Jalar ( Lengkap )

Klasifikasi dan Morfologi Ubi Jalar ( Lengkap )

Sedulurtani.com. Ubi jalar atau yang disebut dengan nama latin ipomea batatas merupakan tanaman yang berasal dari Benua Amerika.  Para pakar botani memperkirakan bahwa tanaman ubi jalar pertama kali banyak terdapat di Selandia Baru, Polenesia, dan Amerika bagian tengah.

Hingga pada abad ke-16 ubi jalar disebarkan oleh orang Spanyol ke berbagai negara di Asia terutama Indonesia, Jepang dan Filipina.

Tanaman yang sering disebut juga ketela rambat ini dibudidayakan untuk dihasilkan umbinya. Dimana umbi tanaman ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan saos, tepung pati, sirup, dan juga alkohol.

Tanaman ubi jalar ini hampir sama dengan jenis tanaman umbi-umbian lainya, seperti halnya singkong, kentang, dan lainya, dimana tanaman ini memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi.

Untuk mengenal lebih jelas mengenai tanaman ubi jalar, maka berikut ini Sedulurtani.com sajikan klasifikasi dan morfologi secara lengkap dari tanaman ubi jalar :

Klasifikasi dan Morfologi Ubi Jalar ( Lengkap )
Ubi Jalar 

Klasifikasi dan Morfologi Ubi Jalar ( Lengkap )

Klasifikasi Ubi Jalar

KingdomPlantae
Sub KingdomViridiplantae
Infra KingdomStreptophyta
Super DivisiEmbryophyta
DivisiTracheophyta
Sub DivisiSpermatophytina
KelasMagnoliopsida
Super OrdoAsteranae
OrdoSolanales
FamiliConvolvulaceae
GenusIpomoea L.
SpesiesIpomoea batatas (L.) Lam.

Morfologi Tanaman Ubi Jalar

Akar

Ubi jalar memiliki system perakaran tunggang (radix primaria) dan berbentuk benang (filifoimis). Akar tanaman ini berwarna kemerah-merahan, tidak ada perubahan akar. Akar juga terdapat pada bagian umbi tanaman, dimana akar ini dihasilkan dari percabangan batang atau daun yang berhubungan dengan tanah.

Batang

Batang tanaman ubi jalar merupakan batang yang tidak berkayu, berbentuk bulat dengan ukuran yang bervariasi tergantung varietasnya, dan tumbuh secara merambat.

Batang tanaman ini berbuku-buku dengan warna hijau tua hingga dan ada juga yang keunguan, serta mengandung getah.

Ubi

Umbi yang dihasilkan memiliki bentuk lonjong tidak rata dengan berat berkisar 300 gram/ ubi serta berkulit tipis. Ubi memiliki warna dan rasa yang bermacam-macam, ada yang berwarna kuning, putih, jingga, dan juga ungu gelap. Ubi jalar kaya akan pati, dan mengandung gula, protein, dan juga lemak.

Daun

Daun ubi jalar memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda-beda tergantung varietasnya. Daun ubi jalar terletak pada bagian tangkai yang berukuran cukup panjang. Secara umum daun ini memiliki warna hijau tua dan ada juga yang agak kekuningan.

Bunga

Bunga ubi jalar berbentuk menyerupai terompet dengan warna ungu dan muncul pada pangkal tangkai daun. Bunga ini tersusun dari 5 helai daun mahkota, 5 helai daun bunga, dan 1 helai putik. Proses penyerbukan bunga pada ubi jalar ini dibantu oleh serangga yang sering berkunjung.

Buah

Tanaman ubi jalar akan menghasilkan buah berbentuk bulat, keras dan berbiji. Apabila buah telah kering dan pecah maka akan mengeluarkan biji kecil berwana hitam.

Demikian artikel tentang, klasifikasi dan morfologi dari tanaman ubi jalar. Terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Follow Facebook sedulurtani.com, untuk mendapatkan informasi terbaru terkait pertanian dan pendidikan dengan cara Klik disini.

Baca juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.