Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sirsak Secara Lengkap

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sirsak Secara Lengkap

Sedulurtani.com. Mungkin bagi Anda sirsak merupakan buah yang sudah tidak asing lagi, atau bahkan mungkin sirsak adalah salah satu buah yang Anda gemari.

Buah yang cukup populer dikalangan dunia ini berasal dari Amerika Tropis, yakni sekitar Peru, Meksiko, dan Argentina. Kemudian tanaman ini menyebar ke Filiphina dan juga Indonesia.

Buah sirsak memiliki rasa manis dan asam serta mengandung banyak air, sehingga dapat menyegarkan bagi yang mengkonsumsinya. Berbagai manfaat dapat Anda temukan pada tanaman ini, mulai dari buahnya, daunya, bahkan hingga kulit batangnya.

Untuk mengenal lebih dalam tentang tanaman sirsak, maka pada pertemuan kali ini Sedulurtani.com ingin berbagi informasi tentang, Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sirsak Secara Lengkap.

Berikut ini adalah klasifikasi dari tanaman sirsak :
KingdomPlantae
Sub KingdomViridiplantae
Infra KingdomStriptophyta
Super DevisiEmbryophyta
DevisiTracheophyta
Sub DevisiSpermatophytina
KelasMagnoliopsida
Super OrdoMagnolianae
OrdoMagnoliales
FamiliAnnonaceae
GenusAnnona L.
SpesiesAnnona muricata L.
Setelah anda mengetahui klasifikasi dari tanaman sirsak, maka selanjutnya yaitu morfologi dari tanaman sirsak. Berikut ini adalah morfologi dari tanaman sirsak.
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sirsak Secara Lengkap
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sirsak Secara Lengkap
1. Daun

Daun tanaman sirsak memiliki bentuk bulat telur dan pada ujungnya berbentuk lancip. Daun ini berwarna hijau hijau muda hingga hijau tua dengan ukuran panjang antara 6-18 cm dan lebar 3-7 cm serta berukuran tebal.

Daun pada bagian permukaan atas memiliki ciri warna hijau mengkilap, sedangkan pada bagian bawah daun berwarna kusam. Daun sirsak memiliki bau yang spesifik langu dengan tangkai yang pendek antara 3-10mm.

2. Buah

Buah sirsak memiliki bentuk buah sejati berganda yaitu buah yang berasal dari satu bunga yang dapat membentuk bakal buah yang banyak, akan tetapi hanya membentuk satu buah.

Buah sirsak memiliki duri sisik yang halus dan berwarna hijau. Sedangkan pada daging buah memiliki warna putih, lembek, berserat, dan berair, serta mamiliki biji yang jumlahnya banyak dengan warna coklat ataupun hitam.

3. Bunga

Bunga tanaman sirsak tergolong bunga tunggal, yaitu dalam satu bunga terdapat banyak putik sehingga sering kali dinamakan juga bunga berpistil majemuk.

Bunga tanaman sirsak memiliki ukuran cukup besar, bermahkota tebal dan berwarna hijau. Bunga ini tersusun dari lapisan-lapisan mahkota, yaitu tiga helai lapisan dalam dan tiga helai lapisan luar.

Bunga tersebut muncul pada bagian tunas yang pendek disepanjang cabang ataupun ranting. Penyerbukan pada bunga ini secara umum melalui perantara serangga pencari madu.

4. Biji

Biji buah sirsak berwarna coklat kehitaman, halus, dan mengkilat serta pada bagian ujung tumpul. Sedangkan pada biji buah yang tidak normal memiliki warna agak putih dan tidak terlalu keras.

Ukuran biji sirsak, yaitu memiliki panjang sekitar 16mm dan lebar 9mm dengan jumlah biji pada setiap buah antara 20-70 biji.

Baca juga :

Demikian artikel tentang, Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sirsak Secara Lengkap. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari informasi yang berkaitan dengan tanaman sirsak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.