Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sawi Secara Lengkap

Sedulurtani.com Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sawi Secara Lengkap

Tanaman sawi atau Brassica campestris .L, merupakan tanaman dikotil berbentuk perdu dengan sifat pertumbuhan dwi musim. Tanaman sawi masih termasuk dalam famili yang sama dengan tanaman kubis-kubisan, seperti kubis bunga, lobak, dan juga brokoli.

Sawi merupakan tanaman sayuran yang kandungan gizinya cukup tinggi, sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Ada beberapa penelitian yang menunjukan bahwa senyawa brassinin yang terkandung dalam sawi dapat membantu mencegah timbulnya tumor payudara.

Selain itu, mengonsumsi sawi juga dapat menyehatkan mata dan mengendalikan kadar kolesterol didalam darah. Sehingga hal tersebut akan dapat mengurangi resiko serangan jantung.

Secara garis besar sawi dikelompokan menjadi dua tipe, yaitu Brassica campestris grup Pekinensis dan B. Campestris grup Chinensis.

Sawi yang termsuk dalam grup pekinensis di antaranya pe-tsai atau bok choy. Sedangkan yang termasuk grup Chinensis adalah choy sum atau chai sim atau sawi bakso dan pak choy.

Asal-usul sawi dari kelompok Barassica campestris diperkirakan berasal dari kawasan Mediterania dan daerah Timur dekat , Afghanistan, Iran, dan Pakistan Barat.

Selain itu, bukti lain juga menunjukan bahwa tanaman sawi berasal dari Cina dan Asia bagian Timur. Di Cina sawi telah dibudidayakan sejak abad ke- 5 setelah Masehi.

Waktu yang begitu lama tersebut membuat tanaman sawi berulang-ulang dalam mengalami persilangan alami maupun seleksi yang dilakukan manusia untuk mendapatkan sifat-sifat yang diinginkan.

Oleh karena itu, maka tak heran apabila sekarang terdapat berbagai varietas sawi yang dibudidayakan.

Sementara itu, di Indonesia sendiri ada tiga jenis sawi yang dapat dibudidayakan oleh petani, antara lain sawi putih (sawi jabung), sawi hijau, dan sawi huma.

Sawi putih (B. Juncea L. Var Rugosa Roxb & Prain) memiliki batang yang tegak dan bintil yang pendek serta berdaun lebar dengan warna hijau tua.

Sedangkan sawi hijau memiliki batang yang pendek dengan warna daun agak keputih-putihan serta memiliki rasa yang pahit. Dan yang terahir adalah sawi huma memiliki bentuk yang relatif kecil dan pendek, bisa dikatakan tanaman kerdil.

Supaya anda tahu lebih jelas mengenai tanaman sawi, maka pada pertemuan kali ini Sedulurtani.com ingin berbagi informasi terkait klasifikasi dan morfologi dari tanaman sawi. Berikut ini adalah Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sawi Secara Lengkap.

Klasifikasi tanaman sawi :

KingdomPlantae
Sub kingdomTracheobinonta
Super DevisioSpermatophyta
DevisioMagnoliophyta
KelasMagnoliophyta
Sub KelasDileniidae
OrdoCapparales
FamiliaBrassicaceae
GenusBrassica
SpesiesBrassica juncea L.

Setelah anda mengetahui klasifikasi dari tanaman sawi, selanjutnya yaitu morfologi dari tanaman sawi. Seperti yang telah dijelaskan di awal bahwa tanaman sawi terbagi menjadi tiga jenis yaitu sawi putih, sawi hijau, dan sawi huma.

Adapun morfologi dari tanaman sawi terbagi menjadi lima, antara lain morfologi akar, morfologi daun, morfologi batang, morfologi bunga, dan morfologi buah dan biji. Berikut ini adalah morfologi dari tanaman sawi.

1. Morfologi Akar

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sawi Secara Lengkap
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sawi Secara Lengkap

Tanaman sawi memiliki perakaran yaitu akar tunggang dan akar bercabang yang membentuk bulat panjang dan menyebar pada permukaan tanah.

Akar tanaman sawi dapat menembus kedalaman tanah antara 30-50 cm dari permukaan tanah. Fungsi dari akar tanaman tersebut yaitu untuk menyerap unsur hara yang berada pada permukaan tanah.

2. Morfologi daun

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sawi Secara Lengkap
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sawi Secara Lengkap

Daun tanaman sawi berbentuk lonjong dan bulat serta lebar. Daun tanaman sawi berwarna hijau muda hingga hijua tua dan tidak berbulu. Selain itu, tanaman sawi memiliki tangkai daun yang pendek hingga panjang tergantung dari varietasnya.

3. Morfologi batang

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sawi Secara Lengkap
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sawi Secara Lengkap

Pada dasarnya batang tanaman sawi memiliki ukuran yang pendek dan beruas, sehingga tidak terlihat dengan jelas.  Seperti halnya tanaman lain batang tanaman ini berfungsi untuk menopang atau menyangga berdirinya tanaman sawi.

Selain itu, tanaman sawi memiliki daun yang halus dan tidak berbulu serta tangakinya berbentuk pipih.

4. Morfologi bunga

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sawi Secara Lengkap
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sawi Secara Lengkap

Tanaman sawi memiliki struktur bunga yang bentuknya memanjang dan juga bercabang banyak. Tanaman sawi memiliki bunga yang terdiri dari empat kelopak daun, empat mahkota yang warnanya kuning, empat buah benang sari, dan satu buah putik berongga.

Proses penyerbukan tanaman ini dapat berlangsung secara alami dengan bantuan angin dan juga binatang kecil.

5. Morfologi Buah dan Biji

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sawi Secara Lengkap
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sawi Secara Lengkap

Tanaman sawi memiliki buah yang termasuk jenis polong-polongan. Dimana buah tanaman sawi berbentuk bulat atau lonjong dengan warna keputihan hingga kehijauan.

Pada setiap satu buah terdapat 2-8 butir biji. Biji tanaman sawi berbentuk bulat dan berukuran sangat kecil dengan warna coklat hingga kehitaman. Selain itu biji tanaman sawi memiliki permukaan licin, keras, mengkilap dan juga berlendir.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sawi Secara Lengkap

Sekian artikel tentang, Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Sawi Secara Lengkap. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi anda yang sedang mencari informasi terkait klasifikasi dan morfologi dari tanaman sawi.

Follow juga Facebook saya di Facebook.

Baca juga artikel tentang :

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.