Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Salak Secara Tepat

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Salak Secara Tepat

Sedulurtani.com. Salak atau yang dikenal dengan nama latin (Salacca zalacca), merupakan tanaman monokotil (berkeping biji tunggal) yang sifatnya merumpun. Salak termasuk dalam tumbuhan palma yang berbentuk perdu dengan batang yang memiliki banyak duri yang panjang.

Tanaman yang sering dijuluki snake fruit ini diduga berasal dari Malaysia, Thailand, dan Indonesia. Tanaman salak banyak terdapat di Jawa bagian barat daya dan Sumatra. Baru kemudian tanaman ini menyebar ke Mulucca, Papua New Guinea, Filipina, kepulauan Fiji dan Queensland (Australia).

Salak yang merupakan buah populer ini sering dihidangkan sebagai buah meja. Selain itu, salak juga dapat dibuat menjadi manisan, makanan kaleng, asinan, maupun kripik salak.

Untuk mengenal lebih jelas tentang tanaman salak, maka pada pertemuan kali ini Sedlurtani.com. Ingin berbagi Informasi tentang, Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Salak Secara Tepat.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Salak Secara Tepat
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Salak Secara Tepat
Berikut ini adalah klasifikasi dari tanaman salak :
KingdomPlantae
Sub KingdomTrachebionta
Super DevisiSpermatophyta
DevisiMagnoliophyta
KelasLiliopsida
Sub KelasArecidae
OrdoArecales
FamiliaArecaceae
GenusSalacca
SpesiesSalacca zalacca (Gaertn.) Voss
Setelah Anda mengetahui klasifikasi dari tanaman salak, maka selanjutnya yaitu morfologi dari tanaman salak. Berikut ini adalah morfologi dari tanaman salak :
1. Akar

Tanaman salak memiliki perakaran serabut yang banyak dan kuat. Akar serabut ini tumbuh dangkal dan sedang dengan kedalaman antara 10-50 cm.

2. Batang

Tanaman salak memilki batang yang dipenuhi duri panjang dan tajam, serta tidak begitu terlihat karena tertutup daun yang sangat lebat.

Batang tanaman salak berwarna hijau dan pada daging batang berwarna putih. Batang tanaman ini menjalar ke bawah membentuk seperti rimpang, dengan diameter antara 10-15cm dan berukuran pendek.

3. Daun

Tanaman salak memiliki daun tipe majemuk menyirip dengan panjang antara 3-7 meter dan terdapat urat utama yang kuat seperti pada kelapa yang dijadikan lidi.

4. Bunga

Terdapat tiga macam bunga salak, yaitu bunga jantan, bunga betina, dan sempurna. Pada bunga jantan terbungkus seludang (spandex) dengan tangkai panjang, sedangkan bunga betina terbungkus seludang dengan tangkai yang pendek.

Bunga jantan memiliki warna coklat kemerahan dan sekelompok bunga jantan terdiri dari 4-12 malai. Sedangkan bunga betina berwarna hijau kekuningan berbintik merah dan memiliki tiga petal.

Bunga tersebut muncul dari ketiak pelepah daun. Sedangkan penyerbukanya terjadi secara silang dengan bantuan serangga, seperti halnya kumbang moncong (Curculinoid sp).

5. Buah

Buah salak memiliki bentuk hampir seperti segitiga agak  bulat telur terbalik dengan pangkal yang runcing kerucut dan ujung yang membulat. Buah ini terdiri dari tiga bakal biji yang dibungkus daging (sarcotesta) dengan tekstur lunak dan enak untuk dikonsumsi.

Pada bagian daging buah dibukus oleh selaput tipis yang transparan tidak tembus air, akan tetapi tembus oleh cahaya matahari.

Daging buah salak memiliki warna kuning agak keputihan. Buah ini memiliki kulit seperti sisik ular dengan warna coklat kekuningan, hingga coklat kehitaman.

Pada umumnya setiap satu buah salak terdapat 2-3 biji salak dengan warna coklat sampai hitam.

Baca juga :

Demikian artikel tentang, Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Salak Secara Tepat. Semoga dapat menjadi referensi bagi Anda yang sedang mencari informasi terkait tanaman salak.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.