Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pisang Secara Tepat

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pisang Secara Tepat

Sedulurtani.com. Mungkin bagi Anda pisang merupakan buah yang tidak asing lagi. Pasalnya buah dengan rasa manis dan bertekstur empuk ini telah populer dikalangan masyarakat Indonesia, bahkan berbagai negara di dunia.

Pisang merupakan tanaman semak dengan batang semu (pseudostem) yang memiliki tinggi antara 1-4 meter tergantung dari varietasnya. Tanaman pisang memiliki sifat merumpun dan setiap tanaman hanya berbuah satu kali saja kemudian mati (monokarpik).

Asal-usul tanaman pisang, yaitu dari Asia Tenggara dan saat ini tanaman pisang telah menyebar ke seluruh dunia termasuk negara kita Indonesia.

Buah pisang banyak digemari masyarakat dan disajikan untuk buah meja, pisang rebus, pisang goreng, selai pisang dan lain-lain. Beberapa pisang yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia, antara lain pisang raja, pisang ambon, pisang mas, barangan, dan pisang sere.

Untuk mengenal lebih jelas terkait tanaman pisang, maka pada pertemuan kali ini Sedulurtani.com. ingin berbagi informasi tentang, Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pisang Secara Tepat.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pisang Secara Tepat
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pisang Secara Tepat
Berikut ini adalah klasifikasi dari tanaman pisang :
KingdomPlantae (Tumbuhan)
Sub KingdomTracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super DevisiSpermatophyta (Menghasilkan biji)
DevisiMagnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
KelasLiliopsida (Berkeping satu/ monokotil)
Sub KelasCommelinidae
OrdoZingiberales
FamiliMusaceae (Suku pisang-pisangan)
GenusMusa
SpesiesMusa paradisiaca L.
Setelah Anda mengetahui klasifikasi dari tanaman pisang, maka selanjutnya yaitu morfologi dari tanaman pisang. Berikut ini adalah morfologi dari tanaman pisang :
1. Morfologi Akar Pisang

Tanaman pisang tidak memiliki akar tunggang. Tanaman ini hanya memiliki akar samping yang merupakan akar serabut berwarna kecoklatan. Secara umum, pertumbuhan akar berkumpul dan bergerak menyaping dengan panjang sekitar 4-5 meter.

Akar tanaman pisang memiliki tekstur yang lunak dan menyamping, sehingga tidak dapat menembus kedalaman melebihi 2 meter.

2. Morfologi Batang Pisang

Tanaman pisang memiliki batang berbentuk bulat dan berlapis. Batang tanaman pisang memiliki dua bagian, yaitu batang asli dan batang semu (palsu).

Batang asli tanaman pisang memiliki banyak mata tunas dan dapat tumbuh menjadi tunas baru (sucker). Sedangkan batang semu terdiri dari pelepah-pelepah daun yang berdiriri tegak dan kokoh.

3. Morfologi Daun

Tanaman pisang memiliki bentuk daun yang bulat lonjong dan melebar dengan tulang daun yang besar. Pada bagian tepi daun tidak mempunyai ikatan daun yang kuat, sehingga akan mudah robek ababila terkena angin kencang.

Daun tanaman pisang memiliki warna daun hijau muda saat masih muda dan setelah dewasa daun akan berubah menjadi hijau tua. Pada permukaan daun memiliki sifat licin dan berlapis lilin, serta pada bagian ujung daun berbentuk tumpul.

4. Morfologi Bunga

Tanaman pisang berbunga tunggal, dan keluar dari bagian ujung batang serta bersifat monokarpik (hanya berbunga sekali selama hidupnya). Bunga tanaman pisang ini biasa disebut dengan jantung, memiliki warna merah tua, akan tetapi ada juga jantung pisang yang berwarna ungu ataupun kuning.

Bunga pisang merupakan bunga sempurna, akan tetapi pada ujung jantung biasanya berbunga jantan. Pada setiap seludang berlahan-lahan akan mekar dan tampak sisirnya, sedangkan bagian ujung jantung tidak akan mekar, melainkan akan tetap tersisa jantungnya.

5. Morfologi Buah Pisang

Buah pisang ini tersusun dalam sebuah tandan, dan dalam tandan ini terdapat beberapa sisir yang terdiri dari 8-10 buah dalam tiap sisirnya. Banyaknya buah pada tiap sisir tergantung dari varietasnya.

Buah pisang memiliki ukuran yang bervariasi tergantung dari varietasnya. Secara umumĀ  buah pisang memiliki panjang antara 10-18 cm dan lebar antara 2,5-4,5 cm.

Buah pisang memiliki warna hijau jika belum matang, dan setelah buah ini matang maka buah akan berubah warna menjadi kuning. Buah pisang memiliki rasa yang manis dan daging buahnya tebal serta lunak.

Pada umumnya buah pisang tidak memiliki biji (triploid), kecuali pisang jenis klutuk yang bersifat diploid memiliki biji.

Baca juga :

Demikian artikel tentang, Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pisang Secara Tepat. Semoga dapat menjadi referensi bagi Anda yang sedang mencari informasi terkait tanaman pisang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.