Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pepaya Secara Tepat

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pepaya Secara Tepat

Sedulurtani.com. Mungkin bagi Anda pepaya merupakan buah yang tidak asing lagi. Pasalnya buah pepaya merupakan salah satu buah yang begitu populer dikalangan masyarakat Indonesia bahkan dunia.

Buah yang memiliki rasa manis ini diduga berasal dari Amerika tropis diantaranya Meksiko, dan kemudian menyebar ke seluruh dunia termasuk negara kita Indonesia.

Pepaya merupakan salah satu tanaman berbentuk perdu dengan tinggi mencapai 3 meter. Tanaman ini dapat tumbuh di dataran rendah hingga ketinggian mencapai 1000 mdpl. Tanaman pepaya akan lebih suka tumbuh pada tempat yang banyak mengandung air.

Sementara itu, di Indonesia tanaman ini banyak ditanam masyarakat pada pekarangan rumah, dan hampir setiap rumah tangga menanamnya.

Untuk mengenal lebih jelas mengenai tanaman pepaya, maka pada pertemuan kali ini Sedulurtani.com. ingin berbagi informasi tentang, Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pepaya Secara Tepat.

Berikut ini adalah Klsifikasi dari tanaman pepaya :
KingdomPlantae
Sub KingdomViridiplantae
Infra KingdomStreptophyta
Super DevisiEmbryophyta
DevisiTracheophyta
Sub DevisiSpermatophytina
KelasMagnoliopsida
Super OrdoRosanae
OrdoBrassicales
FamiliCaricaceae
GenusCarica L.
SpesiesCarica papaya L.

Setelah Anda mengetahui klasifikasi dari tanaman pepaya, maka selanjutnya yaitu morfologi dari tanaman pepaya.

Berikut ini adalah morfologi dari tanaman pepaya :
1. Morfologi Akar

Akar pepaya merupakan akar tunggang (Radik primaria), karena akar lembaga tumbuh secara terus menerus dan akar yang bercabang-cabang menjadi akar yang lebih kecil.

Akar pepaya tumbuh panjang dan cenderung mendatar, serta jumlah dari akar tersebut tidak banyak dan memiliki sifat yang lemah. Akar pepaya memiliki warna putih kekuningan dengan bentuk bulat.

2. Morfologi Batang

Tanaman pepaya memiliki batang yang bentuknya bulat dan pada permukaan batang memperlihatkan bekas-bekas patahan tangkai daun menyerupai spiral.

Batang pepaya memiliki rongga karena pada bagian intinya hanya berupa sel gabus. Batang tanaman ini memiliki tekstur yang lunak dengan arah pertumbuhan yang tegal lurus.

3. Morfologi Daun

Daun pepaya merupakan daun tunggal yang berlekuk menjari dengan tangkai daun yang cukup panjang. Daun pepaya bergerigi dan memiliki bagian daun seperti tangkai daun dan helain daun, serta pada bagian ujung daun meruncing. Daun pepaya memiliki warna hijau dengan permukaan agak licin dan mengkilat.

4. Morfologi Bunga

Bunga pepaya merupakan adalah bunga majemuk yang tersusun pada sebuah tangkai. Bunga pada tanaman ini memiliki tiga jenis, antara lain bunga jantan, bunga betina, dan sempurna (hermafrodit).

Warna bunga pepaya yaitu kekuningan, dengan tangkai kecil, dan pada bagian ujung runcing, serta pada bagian tengah berkelopak. Bunga berbentuk terompet kecil dan penyerbukan pada bunga ini terjadi secara silang dengan bantuan angin.

5. Morfologi Buah

Buah pepaya merupakan buah sejati tunggal, yaitu buah yang terdiri dari bunga dengan satu calon buah saja. Buah pepaya memiliki getah yang cukup banyak dan getah tersebut akan semakin hilang ketika buah telah tua (matang).Didalam buah pepaya terdapat rongga yang berisi biji- biji kecil yang cukup banyak.

Buah pepaya muncul pada bagian ketiak tangkai daun dan berwarna hijau saat masih muda, kemudian setelah tua berubah menjadi kuning hingga jingga. Buah pepaya memiliki daging yang tebal dengan warna kemerahan dan rasanya manis serta berair.

6. Morfologi Biji

Biji pepaya berbentuk bulat telur berukuran kecil dengan jumlah banyak dan terdapat dalam rongga tengah buah pepaya. Biji ini memiliki warna kecoklatan sampai hitam dan dapat secara langsung untuk ditanam pada media tanam.

Baca juga :

Demikian artikel tentang, Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pepaya Secara Tepat. Semoga dapat menjdai referensi bagi Anda yang sedang mencari informasi terkait tanaman pepaya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.