Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pandan

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pandan

Sedulurtani.com. Pandan atau biasa disebut juga dengan pandan wangi merupakan tanaman yang tumbuh di daerah tropis. Tanaman ini sering ditanam dipekarangan rumah atau kebun, dan terkadang tanaman ini tumbuh liar di daerah yang lembab, seperti dekat sungai atau tepi rawa.

Pandan atau yang disebut dengan nama latin Pandanus amaryllifolius merupakan tanaman monokotil yang masih dalam satu genus pandanus. Asal-usul tanaman daun pandan yaitu dari tropika yang menyebar luas ke berbagai daerah, meliputi Arfika TImur, Asia Tenggara, Australia hingga kepulauan Pasifik.

Bagian tanaman pandan yang memliki peranan penting untuk dimanfaatkan yaitu daunnya. Dimana daun pandan biasa digunakan oleh orang Indonesia untuk pewangi makanan.

Secara umum daun pandan memiliki bentuk memanjang dengan tepi bergerigi, perakaran tunggang dan menopang. Untuk mengenal lebih jelas mengenai tanaman daun pandan, maka pada pertemuan kali ini sedulurtani.com ingin berbagi informasi tentang klasifikasi dan morfologi dari tanaman padan.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pandan
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pandan

Berikut ini adalah klasifikasi dan morfologi dari tanaman pandan :

Klasifikasi Tanaman Pandan

KingdomPlantae
Sub KingdomViridiplantae
Infra KingdomStreptophyta
Super DivisiEmbryophyta
DivisiTracheophyta
Sub DivisiSpermatophytina
KelasMagnoliopsida
Super OrdoLilianae
OrdoPandanales
FamiliPandanaceae
GenusPandanus L. f.
SpesiesPandanus amaryllifolius

Setelah Anda mengetahui klasifikasi dari tanaman pandan, maka selanjutnya yaitu morfologinya. Dimana morfologi dari tanaman pandan, meliputi morfologi akar, morfologi batang, morfologi daun, morfologi bunga, serta morfologi buah dan biji.

Berikut ini adalah ciri-ciri morfologi dari tanaman pandan :

Morfologi Tanaman Pandan

1. Morfologi Akar

Akar tanaman pandan berukuran besar dan mempunyai akar tunggang yang menopang tanaman bila tanaman sudah besar. Akar tanaman ini memiliki panjang berkisar 30-60 cm bahkan lebih. Akar tanaman pandan berwarna kecokalatan dan juga dapat menembus kedalaman tanah hingga 30 cm.

2. Morfologi Batang

Batang tanaman pandan ini berupa perdu yang rendah dengan tinggi sekitar 2 meter bahkan lebih. Batangnya menjalar, berbentuk bulat, lunak, dan bercabang.

Batang daun pandan ini juga di kenal sebagai batang perdu, sehingga dapat meneduhkan daerah sekitar tanaman daun pandan.

3. Morfologi Daun

Daun pandan merupakan daun tunggal yang duduk memeluk batang, dengan bentuk memanjang hampir menyerupai daun palem atau rumput. Tepi daun bergerigi runcing, pangkal ujung merucing, dengan pertulangan yang menonjol memanjang. Panjang daun pandan berkisar 40-80 cm, sedangkan lebarnya 3-5 cm.

Daun pandan tersusun dalam beberapa garis spiral yang biasanya ada 3-4 garis. Secara umum daun pandan ini berwarna hijau muda hingga hijau tua dan jika daun diremas akan mengeluarkan aroma yang wangi.

4. Morfologi Bunga

Bunga tanaman pandan merupakan bunga majemuk, bebentuk dalam tandan atau tongkol yang berwarna putih. Bunga tanaman pandan berkelamin tunggal dan terletak pada ujung batang atau di ketiak daun pelindung yang berukuran besar.

Bunga jantan dengan putik atau tanpa putik yang rudimenter mempunyai banyak benang sari pada sumbu bunga yang pendek maupun panjnag.

Tangkai sari bunga ini bebas atau berlekatan, sedangkan kepala sari tegak dan terdiri atas dua ruang yang masing-masing terbagi lagi dalam ruang-ruang yang berukuran kecil. Bunga betina tanpa benang sari, dan jika terdapat benang sari pasti berukuran kecil dengan posisi hipogin. Penyerbukan bunga pandan dapat berlangsung secara alami maupun bantuan hewan disekitar.

5. Morfologi Buah dan Biji

Buah tanaman pandan berbentuk bulat, dengan permukaan bergerigi dan dinding buah berambut halus, dan pada umumnya buah ini memiliki  ukuran yang bervariasi mulai 4 – 7 cm.

Buah tanaman ini berwarna kehijauan dengan corak kemerahan dan hanya sedikit yang memiliki biji dalam setiap buahnya. Jumlah biji dalam buah ini berkisar antara 10-20 bahkan lebih. Biji berbentuk bulat, pipih, dan juga berdaging halus. Biji ini berwarna abu – abu hingga kecoklatan.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pandan

Dengan demikian dapat disimpulkan  bahwa klasifikasi dan morfologi dari tanaman pandan merupakan ilmu pengenalan tentang penempatan dan ciri-ciri dari tanaman pandan. Dimana klasifikasi tanaman pandan telah disajikan pada tabel di atasyang merupakan penempatan organisme secara berurutan pada kelompok tertentu (takson) yang didasarkan oleh persamaan dan perbedaan.

Sementara itu, untuk morfologi dari tanaman pandan, meliputi morfologi akar, morfologi batang, morfologi daun, morfologi bunga, serta morfologi buah dan biji, seperti yang telah diterangkan pada artikel di atas.

Baca juga :

Demikian artikel tentang, klasifikasi dan morfologi dari tanaman pandan, semoga dapat menjadi referensi bagi Anda.

Follow saya diFacebook.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.