Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Nilam (Pogostemon cablin Benth.)

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Nilam (Pogostemon cablin Benth.)

Sedulurtani.com. Nilam merupakan jenis tanaman semak yang banyak tumbuh di daerah beriklim tropis. Tanaman ini tumbuh tegak, bercabang, bertingkat-tingkat dan juga mempunyai aroma yang wangi.

Tanaman nilam atau disebut juga dengan nama latin Pogostemon cablin Benth. Termasuk famili dari Lamiaceae dan ordo dari lamiales. Secara umum, manfaat tanaman nilam yaitu sebagai penghasil minyak serupa minyak atsiri (minyak nilam).

Kandungan nilam tidak hanya minyak astiri, dimana tanaman nilam ini juga memiliki kandungan kimia yang cukup banyak. Kandungan kimia dari nilam tersebut, meliputi tanim, saponin, flavonoida, terpenoid dan steroid.

Selain itu, minyak nilam memiliki kandungan alkohol yang berfungsi sebagai bahan anti bakteri. Senyawa ini dapat menghampat pertumbuhan bakteri. Untuk mengenal lebih jelas mengenai tanaman nilam, maka berikut ini telah kami sajikan klasifikasi dan morfologi  dari tanaman nilam.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Nilam (Pogostemon cablin Benth.)

Klasifikasi Tanaman Nilam
KingdomPlantae
Sub KingdomViridiplantae
Infra KingdomStreptophyta
Super DivisiEmbryophyta
DivisiTracheophyta
Sub DivisiSpermatophytina
KelasMagnoliopsida
Super OrdoAsteranae
OrdoLamiales
FamiliLamiaceae
GenusPogostemon Desf.
SpesiesPogostemon cablin (Blaco) Benth.

Morfologi Tanaman Nilam

1. Morfologi Akar

Sistem perakaran tanaman nilam, yaitu serabut yang tumbuh menjalar ditanah dan memiliki bau yang wangi. Akar sekunder tanaman nilam yang sudah dewasa menyebar sekitar 20 – 30 cm didalam tanah.

2. Morfologi Batang

Tanaman nilam memiliki batang berkayu dengan panjang berkisar 20-40 cm dan berdiameter 10-20 mm membentuk segi empat.

Percabangan tanaman ini bertingkat mengelilingi batang dan biasanya 3-5 cabang per tingkat.

3. Morfologi Daun

Bentuk daun nilam, yaitu agak bulat dan lonjong menyerupai bentuk jantung dengan ujung daun yang tumpul dan bagian urat daun menonjol.

Daun nilam berukuran antara 5 – 10 cm dan berwarna hijua pucat. Pada bagian permukaan daun terdapat bulu-bulu halus. Letak duduk daun nilam saling berhadapan dan sebagian besar daun yang melakat pada ranting selalu berpasangan.

Demikian artikel tentang klasifikasi dan morfologi tanaman nilam. Terima kasih telah berkunjung di Website Sedulurtani.com. dan semoga bermanfaat.

Follow Facebook sedulurtani.com, untuk mendapatkan informasi terbaru terkait pertanian dan pendidikan dengan cara Klik disini.

Baca juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.