Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kelapa Secara Lengkap

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kelapa Secara Lengkap

Sedulurtani.com. Kelapa merupakan tanaman yang memiliki berbagai kegunaan, sehingga sering kali dijuluki sebagai pohon kehidupan. Dimana seluruh bagian tanaman tersebut, mulai dari ujung akar hingga ujung batang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan dari rumah tangga hingga industri.

Seperti halnya sabut kelapa dapat dimanfaatkan sebagai coir fiber, bahan pembuat spring bed,dan  matras; tempurung untuk karbon aktif, charcoal, dan kerajinan tangan; daging buah untuk kopra, minyak kelapa, dan santan, batangnya untuk bahan bagunan, daunnya untuk sapu dan anyaman; serta niranya untuk gula merah.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kelapa
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kelapa

Ada beberapa pendapat yang menyebutkan bahwa tanaman kelapa berasal dari Amerika Tengah dengan alasan di tempat tersebut terdapat banyak spesies tanaman kelapa. Kemudian pendapat lain menyebutkan bahwa tanaman kelapa berasal dari Asia Tenggara.

Untuk mengenal lebih jelas mengenai tanaman kelapa, maka pada pertemuan kali ini sedulurtani.com ingin berbagi informasi tentang, Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kelapa Secara Lengkap.
Berikut ini adalah klasifikasi tanaman kelapa :
DivisiSpermatophyta
SubdivisiAngiospermae
KelasMonocotyledonae
OrdoArecales
FamiliArecaceae
GenusCocos
SpesiesCocos nucifera L.
Setelah Anda mengetahui Klasifikasi dari tanaman kelapa, maka selanjutnya yaitu morfologi dari tanaman kelapa. Berikut ini adalah morfologi tanaman kelapa :
1.Morfologi Akar

Tanaman kelapa memiliki sistem perakaran serebut yang tubuh secara vertikal dan horizontal. Selain itu, tanaman kelapa juga memiliki akar rambut yang berdiameter 0,1 cm, berdinding lunak, berbintil, dan berfungsi sebagai penyerapan unsur hara dalam tanah.

Akar tanaman kelapa memiliki jumlah yang bervariasi antara 4000-7000 buah, tergantung dari varietas dan keadaan lingkungan tumbuh tanaman. Pada bagian akar tumbuh bintil-bintil berwarna putih yang berfungsi sebagai pernafasan.

2. Morfologi Batang

Secara umum tanaman kelapa memiliki batang yang tidak bercabang-cabang. Pada fase muda terjadi pembentukan batang yang melebar tanpa diikuti pemanjangan ruas. Tanaman ini hanya memiliki satu titik tumbuh yang terletak pada ujung batang dan berukuran sangat kecil.

Titik tumbuh tersebut terdiri dari jaringan meristem. Batang tanaman kelapa memiliki pangkal pelepah-pelepah daun yang melekat kokoh, sehingga sulit untuk lepas meskipun daun telah kering.

3. Morfologi Daun

Daun kelapa mempunyai struktur morfologi berbentuk menyerupai bulu burung ataupun ayam. Tanaman yang telah dewasa mempunyai 30-35 daun pada mahkotanya dengan panjang sekitar 6m. Daun-daun tersebut tersusun melingkar pada bagian mahkotanya dan setiap 6 daun yang berurutan akan berada pada satu garis lurus.

Daun kelapa memiliki anak daun berjumlah sekitar 200 lembar dengan panjang pada bagian ujung dan pangkal yang pendek. Sedangkan pada bagian tengah daun memiliki panjang sekitar 100cm.

4. Morfologi Bunga

Kelapa merupakan tanaman berumah satu. Dimana bunga jantan dan bunga betina terdapat pada satu malai dan satu mancung (spathe).

Bunga tersebut akan muncul setalah tanaman berumur sekitar tiga tahun. Bentuk bunga jantan yaitu lonjong dan terdapat pada ujung malai. Sedangkan bunga betina berbentuk agak membulat terdapat pada dasar malai. Penyerbukan pada tanaman kelapa terjadi secara silang.

5. Morfologi Buah

Buah kelapa memiliki bentuk bulat lonjong dan tersusun dari kulit buah yang licin dan keras. Buah yang masih muda berwarna hijau muda dan semakin tua akan berubah menjadi hijau tua kemudian berwarna kuning coklat.

Jika sabut kelapa dikupas maka akan terdapat tempurung kelapa yang keras dan dapat dimanfaatkan sebagai kerajinan tangan. Daging buah berwarna putih menempel pada bagian tempurung kelapa dan bagian dalam buah juga terdapat air yang memiliki rasa segar.

Baca juga :

Demikian artikel tentang, Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kelapa Secara Lengkap. Semoga dapat menjadi referensi bagi Anda.

Follow juga saya diFacebook.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.