Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kacang Buncis Secara Tepat

Sedulurtani.com Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kacang Buncis Secara Tepat

Kacang buncis merupakan tanaman yang banyak dibudidayakan di daerah tropis dan subtropis, serta di daerah sedang selama musim panas.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kacang Buncis Secara Tepat
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kacang Buncis Secara Tepat

Mungkin anda sudah  hafal atau tidak asing lagi dengan sayuran kacang buncis. Pasalnya kacang buncis adalah salah satu jenis sayuran yang cukup populer dikalangan masyarakat Indonesia.

Tahukah anda bahwa kacang buncis merupakan tanaman yang telah dibudidayakan kurang lebih sejak 7000 tahun yang lalu. Tanaman kacang buncis diperkirakan berasal dari Amerika Tengah (Mesiko bagian Selatan, Guatemala, dan Honduras).

Kacang buncis ditemukan di dua kawasan yang terpisah yaitu di Callejon de Huaylas, Peru untuk jenis berbiji besar, dan di Lembah Tehuacan, Meksiko untuk jenis kecil.

Secara umum kacang buncis dikenal dengan dua tipe, yaitu buncis polong dan buncis biji. Dimana buncis polong yaitu jenis buncis yang polongnya masih muda yang dikonsumsi sebagai sayuaran buah. Sedangkan buncis biji yang dikonsumsi yaitu bijinya yang sudah tua.

Buncis yang dibudayakan di Indonesia pada umumnya terbagi menjadi dua kategori. Yang pertama buncis yang  pertumbuhanya merambat dengan biji berwana putih dan kedua yaitu buncis yang pertumbuhanya tegak dengan biji berwarna merah.

Supaya anda tahu lebih terkait tanaman buncis, maka pada pertemuan kali ini Sedulurtani.com ingin berbagi informasi tentang Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kacang Buncis Secara Tepat.

Sebelum kita masuk ke morfologi buncis, maka sebaiknya anda simak dahulu klasifikasi dari tanaman kacang  buncis.

Berikut ini adalah klasifikasi dari tanaman kacang buncis.

KINGDOM                          : Plantea

SUB KINGDOM                  : Viridiplantea

INFRA KINGDOM              : Streptophyta

SUPER DEVISI                    : Embryophyta

DEVISI                                 : Tracheophyta

SUB DEVISI                         : Spermatophytina

KELAS                                  : Mangnoliopsida

SUPER ORDO                     : Rosanae

ORDO                                  : Fabales

FAMILI                                : Fabaceae

GENUS                                : Phaseolus L.

SPESIES                               : Phaseolus vulgaris L.

Setelah klasifikasi dari tanaman kacang buncis selanjutnya yaitu morfologinya. Dimana morfologi tanaman kacang buncis terbagi menjadi enam. Antara lain, morfologi akar, batang, daun, bunga, buah dan biji . Berikut ini adalah uraian dari morfologi tanaman kacang buncis.

1. Morfologi Akar

Akar berfungsi untuk menyokong dan memperkokoh berdirinya tumbuhan di tempat hidupnya. Selain itu akar juga berfungsi untuk menyerap air dan garam-garam mineral (zat-zat hara) dari dalam tanah.

Akar pada tanaman kacang buncis terdiri dari akar tunggang dan juga akar serabut. Dimana akar tunggang dapat masuk kedalam tanah dengan kedalaman antara 10-15 cm. Sedangkan akar serabut tanaman buncis tumbuh tidak terlalu dalam dan menyebar secara horisontal.

Akar tanaman kacang buncis berwarna kuning kotor dan juga memiliki bintil yang berfungsi sebagi pengikat nitrogen dari udara bebas. Sehingga, dengan begitu tanaman buncis akan mendapat nitrogen secara cukup.

2. Morfologi Batang

Batang merupakan bagian tanaman yang berfungsi untuk mengangkut mineral dan juga air dari akar menuju daun. Kemudian batang juga yang berfungsi untuk mengangkut sari sari makanan yang dihasilkan oleh daun menuju ke seluruh bagian tumbuhan.

Batang tanaman buncis memiliki bentuk bulat kecil dan lunak akan tetapi kuat. Selain itu batang tanaman ini tampak berkelok-kelok dan memiliki bulu-bulu halus serta memiliki  ruas-ruas yang mengalami penebalan. Batang tanaman buncis bercabang banyak, sehingga tampak rimbu.

Warna batang tanaman buncis ada yang hijau dan ada juga yang berwarna ungu. Tanaman buncis yang tumbuh secara merambat biasanya memiliki tinggian sekitar 2,5 m sedangkan tanaman yang tumbuh dengan tegak lurus memiliki tinggi 40cm.

3. Morfologi daun

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kacang Buncis Secara Tepat
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kacang Buncis Secara Tepat

Pada dasarnya daun memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai tempat pengolahan zat makanan. Proses pengolahan zat makanan pada daun ini disebut dengan fotosintesis.

Daun tanaman kacang buncis berbentuk oval dan pada ujungnya meruncing serta memiliki bulu halus. Tepi daun tanaman ini rata dan memiliki tulang daun menyirip.

Posisi daun buncis tegak akan tetapi tetap mendatar dan bertangkai pendek. Selain itu pada setiap cabang tanaman ini terdapat tiga daun yang posisinya saling berhadapan.

Daun tanaman kacang buncis yang berukuran kecil memiliki panjang sekitar 8 cm dan lebar skitar 6 cm. Sedangkan daun tanaman kacang buncis yang berukuran besar memiliki panjang sekitar 12cm dan lebar 10 cm.

4. Morfologi bunga

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kacang Buncis Secara Tepat
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kacang Buncis Secara Tepat

Bunga tanaman kacang buncis memiliki kelamin ganda atau disebut dengan hermaprodit, oleh karena itu bunga tanaman ini tergolong sebagai bunga sempurna.

Bunga tanaman kacang buncis memiliki ukuran sekitar 1 cm berbentuk bulat memanjang. Kelopak bunga buncis berjumlah 2 pada bagian pangkal bunga dan  berwarna hijau, serta panjang tangkai 1 cm.

Makhkota bunga kacang buncis berjumlah 3 buah dan memiliki berbagai variasi warna tergantung dari varietasnya. Ada yang berwarna ungu tua, ungu muda, kuning, hijau keputihan maupun merah.

Pada tanaman kacang buncis yang pertumbuhanya secara merambat, karangan bunganya akan muncul dengan tidak serempak. Sebaliknya pada tanaman kacang buncis yang pertumbuhanya tegak memiliki karangan bunga yang tumbuh hampir serempak.

Bunga tanaman buncis menyerbuk sendiri dengan bantuan serangga atau tiupan angin.

5. Morfologi Buah

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kacang Buncis Secara Tepat
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kacang Buncis Secara Tepat

Buah kacang buncis disebut juga dengan polong. Dimanan polong memiliki ukuran dan bentuk berbeda-beda tergantung dari varietasnya.

Ada yang berbentuk pipih dan lebar dengan ukuran panjang bisa lebih dari 20 cm, ada yang bulat lurus dan pendek kurang dari 20 cm, dan bulat dengan panjang antara 12-20 cm.

Buah (polong) kacang buncis memiliki warna bermacam-macam tergantung dari varietasnya, ada yang hijau tua, hijau muda, hijau keputihan, dan bahkan ada juga yang berwarna ungu.

Susunan pada polong buncis bersegmen dengan jumlah biji pada setiap polongnya antara 5-14 biji. Selain itu polong buncis memiliki struktur halus ada yang berserat dan ada juga yang tidak.

6. Morfologi biji

Biji dari kacang buncis memiliki bentuk bulat dan lonjong serta bagian tenganya sedikit melengkung. Selain itu biji kacang buncis memiliki warna yang bervariasi tergantung dari varietasnya dan biji akan mengeras jika tanaman semakin tua umurnya.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kacang Buncis Secara Tepat

Demikian artikel tentang, Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kacang Buncis Secara Tepat. Semoga dapat menjadi referensi bagi anda yang sedang mencari informasi terkait klasifikasi dan morfologi dari tanaman buncis.

Follow juga Facebook saya di Facebook.

Baca juga artikel tentang:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.