Klasifikasi dan Morfologi Sawo Secara Tepat

Klasifikasi dan Morfologi Sawo Secara Tepat

Sedulurtani.com. Sawo (Manikara zapota .L) merupakan tanaman tahunan yang dapat berbuah tanpa mengenal musim. Tanaman ini berasal dari Amerika Tengah, yaitu Meksiko dan India Barat. Saat ini tanaman sawo telah menyebar luas di daerah tropik, termasuk negara kita Indonesia.

Sawo sangat cocok dibudidayakan pada daerah tropis terutama di dataran rendah, maka tak heran apabila di Indonesia sawo banyak di usahakan oleh masyrakat kita.

Sawo merupakan buah yang cukup populer dan banyak digemari masyarakat Indonesia, pasalnya buah yang satu ini memiliki rasa manis dan menyegarkan penikmatnya.

Untuk mengenal lebih jelas mengenai tanaman sawo, maka pada pertemuan kali ini Sedulurtani.com. ingin berbagi informasi tentang Klasifikasi dan Morfologi Sawo Secara Tepat.

Klasifikasi dan Morfologi Sawo Secara Tepat
Klasifikasi dan Morfologi Sawo Secara Tepat
Berikut ini adalah klasifikasi dari tanaman sawo :
KingdomPlantae
Sub KingdomViridiplantae
Infra KingdomStreptophyta
Super DevisiEmbryophyta
DevisiTracheophyta
Sub DevisiSpermatophytina
KelasMagnoliopsida
Super OrdoAsteranae
OrdoEricales
FamiliSapotaceae
GenusManilkara Adans
SpesiesManilkara zapota (L.) P. Royen
Setelah Anda mengetahui klasifikasi dari tanaman sawo, maka selanjutnya yaitu morfologi dari tanaman sawo. Berikut ini adalah morfologi dari tanaman sawo:
1. Akar

Tanaman sawo memiliki perakaran tunggang dan akar samping yang sangat kuat. Akar tunggang ini memiliki bentuk mengerucut dan tumbuh tegak lurus kebawah. Sedangkan akar samping tanaman ini berfungsi untuk menyerap nutrisi dan juga air dari dalam tanah.

2. Morofologi batang

Tanaman sawo memiliki batang berbentuk bulat, keras, dan bersifat kuat. Selain itu kulit batang sawo memiliki permukaan yang kasar.

Batang sawo berwarna kecoklatan dengan tajuk yang cukup rimbun. Batang sawo menghasilkan getah banyak, sehingga sering untuk dijadikan permen karet. Arah pertumbuhan batang tanaman ini lurus ke atas.

3. Morfologi Daun

Daun sawo memiliki ukuran yang cukup lebar dan bergetah. Daun sawo merupakan daun tunggal dan terletak pada bagian ujung ranting. Daun sawo berbentuk lonjong dengan ujung yang meruncing. Daun tanaman ini berwarna hijua dan mengkilap.

4. Morfologi Bunga

Tanaman sawo memiliki bunga tunggal yang terletak pada ketiak daun dekat dengan ujung ranting. Bunga tersebut berbulu kecoklatan berdiameter sampai 1,5 cm dan menggantung serta terdapat kelopak bunga pada bagian dalamnya. Bunga sawo memiliki warna putih dengan bentuk seperti lonceng.

5. Morfologi Buah

Buah sawo memiliki bentuk lonjong seperti telur dan berwarna coklat serta berkulit kasar. Pada umumnya buah ini memiliki diameter sekitar 4cm, akan tetapi ukuranya juga dipengaruhi oleh jenis dan pertumbuhan tanaman.

Buah sawo memiliki rasa manis dan menyegarkan dengan daging buah berwarnacoklat muda agak keputihan.

6. Morfologi Biji

Biji sawo memiliki bentuk lonjong agak pipih dengan warna hitam mengkilap. Biji bertekstur keras, dan dalam satu buah sawo biasanya terdapat sekitar lima biji.

Baca juga :

Demikian artikel tentang, Klasifikasi dan Morfologi Sawo Secara Tepat. Semoga dapat menjadi referensi bagi Anda yang sedang mencari informasi terkait dengan tanaman sawo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.