Klasifikasi dan Morfologi Rambutan Secara Lengkap

Klasifikasi dan Morfologi Rambutan Secara Lengkap

Sedulurtani.com. Siapa yang tidak kenal dengan buah rambutan? Rambutan merupakan buah yang populer dan banyak digemari oleh masyarakat karena rasanya yang manis dan menyegarkan.

Rambutan merupakan buah-buahan tropis dengan iklim basah. Tanaman ini berbentuk pohon dengan tinggi dapat mencapai 7 meter bahkan lebih.

Sumber genetik dari tanaman rambutan berasal dari Malaysia, Kalimantan, dan juga Sumatra. Di Kalimantan Timur bagian pedalaman, begitu banyak ditemukan spesies liar dari tanaman rambutan.

Sementara itu, kini rambutan telah menyebar di berbagai negara seperti, Filipina, Thailand, Vietnam, dan negara-negara tropik lainya.

Rambutan sering ditanam di halaman atau pekarangan rumah untuk memperteduh halaman. Dan ada juga yang ditanam dalam bentuk tabulampot, selain dinikmati hasilnya juga ada nilai estetikanya.

Untuk mengenal lebih jelas tentang tanaman rambutan, maka pada pertemuan kali ini Sedulurtani.com. ingin berbagi informasi tentang Klasifikasi dan Morfologi Rambutan Secara Lengkap.

Klasifikasi dan Morfologi Rambutan Secara Lengkap
Klasifikasi dan Morfologi Rambutan Secara Lengkap
Berikut ini adalah klasifikasi dari tanaman rambutan :
KingdomPlantae
Sub KingdomViridiplantae
Infra KingdomStreptophyta
Super DevisiEmbryophyta
DivisiTracheophyta
Sub DevisiSpermatophytina
KelasMagnoliopsida
Super OrdoRosanae
OrdoSapindales
FamiliSapindaceae
GenusNephelium L.
SpesiesNephelium lappaceum L.

Setelah Anda mengetahui klasifikasi dari tanaman rambutan, maka selanjutnya yaitu morfologinya. Perlu kita ketahui bahwa tanaman rambutan memiliki jenis yang cukup banyak, seperti halnya rambutan binjai, sinyonya, cimacan, dan juga rambutan aceh lebak bulus. Berikut ini adalah morfologi dari tanaman rambutan (Naphelium lappaceum L.):

1. Morfologi Akar

Tanaman rambutan memiliki akar tunggang dan juga akar samping. Akar rambutan berwarna coklat dengan serabut akar yang berfungsi untuk menyerap air dan juga mineral dari dalam tanah.

Terdapat juga tudung akar yang berguna untuk melindungi akar dari kerusakan saat menembus tanah.

2. Morfologi Batang

Tanaman rambutan dapat tumbuh dengan ketinggian mencapai 15m bahkan lebih. Batang tanaman ini memiliki bentuk bulat tidak beraturan dengan warna coklat dan diameternaya dapat mencapai 40-60 cm. Batang tanaman ini memliki tekstur yang keras dan tidak rata, serta termasuk tanaman berumur panjang. Tanaman rambutan memiliki cabang yang banyak dengan arah cabang cenderung horizontal.

3. Morfologi Daun

Tanaman rambutan memiliki daun jenis majemuk berselang-seling dengan ukuran kecil dan panjang, serta pada bagian ujungnya runcing.

Daun tanaman ini berwarna hijau dengan panjang antara 7-20 cm dan lebar 3-8cm. Daun rambutan mengandung minyak terpentin, sehingga memiliki sifat mudah terbakar meskipun masih berwarna hijau.

4. Morfologi Bunga

Bunga rambutan memiliki dimater sekitar 5mm dan terdapat pada rangkaian yang muncul pada bagian ujung cabang. Selain itu juga terdapat kelopak bunga yang berfungsi untuk melindungi bungaketika masih kuncup.

Dalam bunga rambutan juga terdapat mahkota, benang sari, dan juga putik. Dimana benang sari terdiri dari tangkai sari, kepala sari, dan juga serbuk sari, sedangkan putik terdiri dari bakal putik, tangkai buah, dan bakal biji.

Tanaman rambutan memiliki tiga macam bunga, yaitu bunga jantan, bunga betina, dan juga bunga sempurna (hermafrodit). Penyerbukan tanaman ini terjadi secara silang dengan bantuan lebah lanceng (trigonoid).

5. Morofologi Buah

Buah rambutan memiliki bentuk bulat hingga bulat memanjang dengan kulit yang penuh dengan rambut, ada yang berambut agak panjang dan pendek. Buah ini memiliki kulit berwarna hijau ketika masih muda dan akan berubah menjadi warna kuning, jingga, hingga merah ketika sudah matang.

Buah rambutan memiliki panjang antara 4-5cm, dengan daging buah tebal berwarna putih kekuningan dan berair. Rasa buah rambutan asam hingga manis sekali serta menyegarkan penikmatnya.

6. Morfologi Biji

Biji buah rambutan berbentuk elips dan diselimuti oleh daging buah yang cukup tebal. Biji ini memiliki warna putih agak keruh, dan pada biji ini diselimuti sejenis kayu yang sangat tipis.

Baca juga :

Demikian artikel tentang, Klasifikasi dan Morfologi Rambutan Secara Lengkap. Semoga dapat menjadi referensi bagi Anda yang sedang mencari informasi terkait tanaman rambutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.