Klasifikasi dan Morfologi Nangka (Artocarpus heterophyllus Lamk.)

Klasifikasi dan Morfologi Nangka (Artocarpus heterophyllus Lamk.)

Sedulurtani.com. Nangka adalah tanaman yang diduga berasal dari India dan saat ini telah menyebar ke seluruh dunia, terutama di kawasan Asia Tenggara.

Klasifikasi dan Morfologi Nangka (Artocarpus heterophyllus Lamk.)
Klasifikasi dan Morfologi Nangka (Artocarpus heterophyllus Lamk.)

Nangka merupakan tanaman hutan yang pohonya dapat tumbuh dengan tinggi mencapai 25 meter. Tanaman ini memiliki kayu yang keras, dan jika telah tua akan berwarna kuning hingga kemerahan.

Seluruh bagian tanaman ini terdapat getah berwarna putih yang sifatnya sangat lengket dan biasa disebut dengan pulut.

Pada tanaman ini yang banyak dimanfaatkan yaitu pada bagian buahnya.  Buah nangka memiliki rasa yang manis dan beraroma harum serta menyegarkan. Buah ini sering dikonsumsi secara langsung dalam keadaan segar, atau dijadikan campuran minuman es.

Selain itu, buah ini juga dapat diolah menjadi jenis makanan oleh-oleh, seperti kripik nangka, dodol nangka, maupun selai nangka.

Untuk mengenal lebih jelas mengenai tanaman nangka, maka pada pertemuan kali ini, Sedulurtani.com. ingin berbagi informasi tentang, Klasifikasi dan Morfologi Nangka (Artocarpus heterophyllus Lamk.).

Berikut ini adalah klasifikasi dari tanaman nangka :
KingdomPlantae
Sub KingdomViridiplantae
Infra KingdomStreptophyta
Super DevisiEmbryophyta
DevisiTracheophyta
Sub DevisiSpermatophytina
KelasMagnoliopsida
Super OrdoRosanae
OrdoRosales
FamiliMoraceae
GenusArtocarpus J.R. Forst. & G. Forst
SpesiesArtocarpus heterophyllus Lam.

Setelah Anda mengetahui klasifikas tanaman nangka, maka selanjutnya yaitu morfologi dari tanaman nangka.

Berikut ini adalah morfologi dari tanaman nangka :
1. Morfologi Akar

Seperti halnya tanaman lain akar tanaman nangka berfungsi untuk menyokong pertumbuhan dan berdirinya tanaman. Selain itu akar tanaman ini juga berfungsi untuk menyerap air dan garam-garam mineral (zat-zat hara) dari dalam tanah.

Tanaman nangka memiliki perakaran tunggang dan juga akar samping yang sangat kuat dan dalam. Akar tunggang tanaman ini berbentuk bulat dan mampu menembus tanah hingga kedalaman 10-15 meter bahkan lebih.

2. Morfologi Batang

Tanaman mangga memiliki batang berbentuk bulat dengan diameter mencapai 1 m dan tinggi dapat mencapai 25 m. Kayu tanaman ini berstruktur keras dan mengandung getah yang sangat lengket. Tanaman ini memiliki percabangan yang sedikit dan pertumbuhanya cenderung mengarah ke atas.

3. Morofologi Daun

Daun tanaman nangka merupakan daun tunggal dengan bentuk bulat telur memanjang dan pada bagian tepi daun rata, serta ujung daun meruncing. Daun tanaman ini cukup tebal dan agak kaku, dengan permukaan daun yang berbulu halus hingga kasar.

Warna daun tanaman ini hijau tua pada bagian permukaan atas, sedangkan pada permukaan bawah berwarna hijau muda dan daun ini memiliki tangkai dengan panjang 1-4 cm.

4. Morfologi Bunga

Bunga tanaman nangka merupakan bunga berumah satu (monoecius), yaitu dalam satu tanaman terdapat bunga jantan dan bunga betina yang letaknya terpisah.

Bunga jantan tanaman ini memiliki bentuk menyerupai gada dan membenkok, dengan warna hijau tua, sedangkan bunga betina berbentuk silindiris dan pipih. Bunga tanaman ini keluar pada bagian batang, cabang, atau ranting dan menggantung.

5. Morfologi Buah

Pada dasarnya buah nangka merupakan buah majemuk (sinkarpik), yaitu berbunga banyak dan tersusun tegak lurus pada bagian tangkai buah atau yang disebut dengan poros.

Buah ini memiliki bentuk bulat dan panjang dengan duri yang sifatnya lunak pada bagian permukaan (kulitnya). Buah ini berwarna hijau dan berubah menjadi kuning kemerahan jika telah matang.

Daging buah nangka memiliki rasa yang manis dan berukuran tipis hingga tebal, serta memiliki aroma yang spesifik. Selain itu, daging buah yang sudah matang memiliki warna kuning kemerahan dan lunak.

6. Morfologi Biji

Biji nangka memiliki bentuk bulat telur hingga lonjong dengan ukuran kecil dan termasuk biji berkeping dua (dikotil). Biji ini memiliki warna keabu-abuan, dan terdiri dari lapisan luar yang tipis dan lapisan dalam yang tebal dengan warna putih.

Biji buah nangka sering disebut dengan istilah nama lain beton, dan dapat dikonsumsi dengan cara direbus terlebih dahulu.

Baca juga :

Demikian artikel tentang, Klasifikasi dan Morfologi Nangka (Artocarpus heterophyllus Lamk.) Semoga dapat menjadi referensi bagi Anda yang sedang mencari informasi terkait tanaman nangka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.