Kandungan Gizi dan Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh

Sedulurtani.com Kandungan Gizi dan Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh.

Kentang dengan nama latin Solanum tuberosum L. termasuk dalam tanaman semusim yang berbentuk perdu. Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan dan termasuk ke dalam tanaman berkeping dua atau dikotil.

Tanaman kentang mulai dikenalkan ke Eropa pada abad 16 dan pada akhirnya menjadi makanan pokok penduduk Eropa. Penyebaran kentang ke Asia, seperti Jepang, Cina, dan India dilakukan oleh orang- orang Inggris pada akhir abad ke-17.

Kentang merupakan sayuran yang populer di kalangan masyarakat dunia, termasuk penduduk Indonesia. Jadi tidak mengherankan apabila  kentang banyak digemari, hal tersebut dikarenakan umbi ini memiliki rasa yang gurih dan lezat.

Kentang dapat diolah menjadi berbagai varian masakan sesuai selera. Berbagai menu tersebut, antara lain sop kentang, perkedel, kentang balado, sambal goreng, stick, dan masih banyak lagi.

Kandungan gizi dan manfaat kentang bagi kesehatan tubuh
Kandungan gizi dan manfaat kentang bagi kesehatan tubuh

Selain memiliki rasa lezat dan dapat diolah menjadi berbagai menu masakan, kentang juga memiliki kandungan gizi yang tinggi. Kentang merupakan sayuran batang yang kaya akan karbohidrat dan mineral. Sayuran batang ini juga mengandung protein dan pro vitamin A yang rendah.

Satu – satunya sayur dengan kandungan vitamin C yang tinggi adalah kentang. Apabila kita mau mengonsumsi kentang, maka kebutuhan vitamin C harian kita akan terpenuhi. Di bawah ini adalah tabel komposisi gizi  per 100 g Umbi Kentang.

SenyawaKadar NutrisiPersen dari Kebutuhan Harian
Energi (kalori)70, 003, 50
Karbohidrat (g)15, 9012, 00
Protein (g)1, 893, 00
Lemak total (g)0, 100, 50
Serat (g)2, 507, 00
Folat (µg)18, 004, 50
Niasin (mg)1, 1497, 00
Asam Pantotenat (mg)0, 2796, 00
Piridoksin (mg)0, 23918, 00
Riboflavin (mg)0, 0383, 00
Tiamin (mg)0, 0817, 00
Vitamin A (IU)7, 00< 1, 00
Vitamin C (mg)11, 4020, 00
Vitamin K (µg)2, 902, 50
Natrium (mg)6, 000, 40
Kalium (mg)455, 0010, 00
Kalsium (mg)10, 001, 00
Besi (mg)0, 739, 00
Magnesium (mg)22, 005, 50
Magan (mg)0, 1416, 00
Fosfat (mg)61, 009, 00
Seng (mg)0, 333, 00
Β-karoten (µg)4, 00
Lutein – Zeasantin (µg)21, 00

Sumber. USDA National Nutrient Data Base.

Kentang yang kaya akan kandungan gizi tersebut mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita.  Kandungan Gizi dan Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh Berikut ini adalah kandungan gizi dan manfaat kentang bagi kesehatan tubuh.

1.  Kentang sebagai pencegah penyakit kanker

Tanaman sayur ini mampu untuk mencegah penyakit kanker. Antioksidan dan vitamin A yang terdapat pada kentang mampu untuk mencegah pertumbuhan kanker pada tubuh manusia.

Seorang profesor dari Amerika Serikat yang bernama Jairam Vanamala dan merupakan pakar kesehatan telah mengungkapkan pada semua orang. Beliau menyebutkan bahwa kentang ungu dan berbagai sayuran lainya ternyata kaya akan senyawa bioaktif, asam fenolik, dan anthocyanin. Senyawa tersebut telah terbukti mampu untuk mencegah penyakit kanker.

Beliau beserta timnya juga mengatakan bahwa senyawa ini ternyata mampu bekerja hingga tingkat molekul. Dimana tingkat molekul ini dianggap menjadi langkah awal untuk menemukan obat bagi penyakit mematikan tersebut.

2.  Menurunkan Kolesterol

Di dalam menjaga kesehatan tubuh banyak orang menghindari makanan yang mengandung lemak tinggi. Kolesterol yang tinggi tidak termasuk penyakit, tetapi dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan manusia.

Penyakit yang ditimbulkan oleh kolesterol yang tinggi, seperti jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi (hipertensi). Salah satu sayuran yang dapat menurunkan kolesterol yaitu kentang.

Kandungan zat potasium yang tinggi pada kentang ini mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh manusia. Akan tetapi agar tidak mengandung kolesterol cara memasaknya supaya tidak dengan cara digoreng. Jadi, alangkah baiknya dengan cara direbus agar lebih sehat untuk dikonsumsi.

Bagi seseorang yang ingin diet dengan menu rendah kolesterol dan kalori maka dianjurkan untuk mengonsumsi kentang setiap hari.

3.  Sebagai Pencegah Penyakit Jantung

 

Seorang profesor yang bernaman Derek Stewart berasal dari hutton Institute Skotlandia mengungkapkan terkait salah satu manfaat mengonsumsi kentang. Dari hasil studi epidomiologi yang dilakukan oleh Stewart, Belliau menyebutkan konsumsi kentang dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan kardiovaskular.

Kentang mengandung Vitamin C, B kompleks, serat, mineral dan senyawa karatenoid yang bermanfaat bagi kesehatan jantung serta fungsi tubuh yang lainya.

4.  Menjaga Kesehatan Tulang

 

Tulang merupakan bagian tubuh yang berfungsi untuk menggerakan badan. Tulang juga berfungsi sebagai pembentuk struktur tubuh, sistem syaraf, pelindung otak maupun organ tubuh dari benturan yang dapat mengakibatkan cidera.

Salah satu faktor penting dalam menjaga kesehatan tulang yaitu pola makan. Pastikan tubuh mendapatkan asupan cukup yang dibutuhkan dalam menjaga kesehatan tulang melalui apa yang kita konsumsi.

Tanpa kita sadari kentang memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan tulang. Kentang merupakan sumber mineral yang sangat dibutuhkan oleh tulang . Kentang mengandung  Zat besi, kalsium, magnesium, fosfat, dan seng . Kandungan tersebut merupakan kombinasi baik dalam membangun dan membentuk struktur serta kekuatan tulang.

5.  Mencegah Penuaan Dini

 

Seiring berjalanya waktu menjadi tua merupakan hal yang pasti akan terjadi bagi semua orang.  Akan tetapi saat ini begitu banyak orang mengeluhkan bahwa dirinya sudah terlihat tua walapun seharusnya usianya belum sedemikian. Hal yang seperti ini yang disebut dengan penuaan dini.

Salah satu penyebab penuaan dini, yaitu penggunaan kosmetik maupun make up berbahan kimia yang akan membuat wajah tampak lebih tua. Selain itu  yang menyebabkan penuaan dini adalah kurangnya asupan gizi dan nutrisi yang diperlukan tubuh.

Maka dari itu perlu pencegahan melalui pemenuhan asupan gizi dan nutrisi bagi tubuh. Kebutuhan gizi dan nutrisi tersebut terdapat pada sayuran kentang, maka kentang disebut sayuran yang dapat mencegah penuaan dini.

Kandungan Vitamin C dari kentang  sebagai sumber antioksidan yang berperan bagi kehatan kulit, sehingga kulit tidak akan mudah keriput.

6.  Mengobati Wajah dari Jerawat

Pada umumnya jerawat sering kali muncul pada wajah seorang remaja. Selain remaja, seorang yang mengalami stres berat pun juga dapat muncul jerawat. Jerawat begitu mengganggu penampilan wajah  sehingga membuat kita merasa tidak nyaman.

Untuk mengatasi jerawat supaya hilang kita dapat menggunakan umbi kentang. Caranya dengan mengiris tipis- tipis kentang secara melebar dan mencucinya. Selanjutnya kentang ditempelkan pada wajah yang bermunculan jerawat sampai kentang berwarna keabu- abuan.

Cara ini dapat dilakukan setiap malam hari ketika ingin tidur. Hal tersebut dikarenakan kentang memiliki kandungan alkali yang tinggi dan bersifat antibakteri, sehingga baik untuk membersihkan bakteri yang menyebabkan jerawat.

7.  Mengatasi Bengkak Pada Mata (Kantung Mata)

 

Bengkak pada mata terasa begitu menggangu penampilan seseorang, terutama bagi wanita. Bengkak pada mata biasanya disebabkan karena kurang tidur akibat dari aktifitas yang berlebihan.

Selain kurang tidur bengkak juga bisa disebabkan karena menangis. Sayuran kentang bisa memberikan efek dingin. Kentang dapat digunakan untuk mengatasi bengkak pada mata.

Caranya yaitu dengan mengiris kentang dan meletakkan pada kedua mata yang bengkak serta biarkan selama 10 – 15 menit . Setelah itu bilas menggunakan air hangat secara pelan.

Baca juga : Morfologi Lengkap dan Klasifikasi Tanaman Kentang (Solanum tuberosum L.)

Kandungan Gizi dan Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh

Demikian artikel tentang Kandungan Gizi dan Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh, semoga dapat membantu anda dalam mencari informasi yang berkaitan dengan manfaat kentang.

Jangan lupa Follow Facebook saya di Facebook

One Reply to “Kandungan Gizi dan Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.