Jenis Perkembangbiakan Vegetatif Buatan Tumbuhan dan Contohnya

Jenis Perkembangbiakan Vegetatif Buatan Tumbuhan dan Contohnya

Sedulurtani.com. Perkembangbiakan vegetatif buatan tumbuhan adalah perkembangbiakan pada tumbuhan tidak melalui perkawinan, melainkan dilakukan melalui campur tangan manusia.

Tujuan perkembangbiakan vegetatif buatan ini adalah untuk mendapatkan tumbuhan yang memiliki sifat mirip dengan induknya. Biasanya dilaukan pada tanaman bermutu tinggi, seperti buahnya yang banyak, akarnya yang kuat, dan resisten terhadap hama dan penyakit.

Terdapat beberapa jenis perkembangbiakan vegetatif buatan pada tumbuhan. Berikut ini berbagai macam contoh perkembangbiakan vegetatif buatan pada tumbuhan dan contohnya.

Perkembangbiakan vegetatif buatan pada tumbuhan
Perkembangbiakan vegetatif buatan pada tumbuhan

1. Mencangkok

Mencangkok merupakan suatu upaya mengembangbiakan tanaman dengan cara membuat akar baru pada bagian batang tumbuhan tersebut.

Kemudian setalah bagian batang tanaman yang dicangkok tumbuh akar baru, maka bisa dipotong dan menjadi bibit tanaman baru. Contoh Tumbuhan yang bisa dicangkok antara lain

Keuntungan dari mencangkok, yaitu akan menghasilkan bibit tanaman yang memiliki sifat seperti induknya. Sedangkan kekurangan dari mencangkok yaitu tanaman akan mudah roboh karena tidak memiliki akar tunggang atau hanya memiliki akar serabut saja. Contoh tanaman yang bisa dicangkok, seperti jambu, mangga, jeruk, dan belimbing.

2. Setek

Setek adalah perkembangbiakan pada tumbuhan dengan cara menanamkan potongan atau bagian dari tumbuhan, seperti batang, tangkai, ataupun daun.

Cara menyetek tanaman (misalnya setek batang) yaitu dengan memotong bagian batang secara meruncing, kemudian menancapkannya ke dalam tanah yang gembur. Tunggu beberapa hari, maka tanaman tersebut akan menghasilkan akar dan tunas baru.

Tidak semua jenis tumbuhan dapat disetek. Contoh tanaman yang dapat disetek, ayitu singkong dan mawar. Dimana singkong disetek melalui batang, sedangkan mawar melalui tangkainya.

Jenis Perkembangbiakan Vegetatif Buatan Tumbuhan dan Contohnya

3. Mengenten (Menyambung)

Mengenten atau menyambung dilakukan dengan cara menyambung batang bawah dan batang atas dari suatu tanaman yg berbeda, sehingga akan memperoleh tanaman baru sesuai dengan sifat yang diinginkan.

Biasanya batang atas diambil dari tanaman penghasil buah yang besar dan manis, bunga yang indah, atau daun yang menarik. Sedangkan batang bawah diambil dari tanaman yang memiliki perakaran kuat.

Tujuan dari teknik menyambung, yaitu untuk memperoleh tumbuhan yang memiliki akar kuat, batang yang kokoh, serta rasa buah yang enak.

Contoh tumbuhan yang dapat disambung antara lain kopi, mangga, jeruk, durian dan lain sebagainya.

4. Okulasi (Menempel)

Menempel atau okulasi adalah menempelkan mata tunas pada batang tanaman sejenis yang akan dijadikan induk.

Okulasi memliki tujuan untuk menggabungkan dua tumbuhan berbeda sifat, sehingga akan mengasilakan jenis buah atau bunga yang berbeda.

Contoh tanaman yang bisa dikembangbiakan dengan okulasi, yaitu mangga, jeruk dan durian.

5. Merunduk

Merunduk (layering) adalah salah satu bentuk perkembangbiakan vegetatif buatan pada tumbuhan bercabang panjang dengan cara merundukkannya dan memendam batang ke dalam tanah, agar batang tanaman yang merunduk dapat berkembangbiak. Dari ruas-ruas batang tanaman yang dipendam tersebut akan tumbuh akar dan menjadi tanaman yang baru.

Merunduk sebaiknya dilakukan pada tanaman yang berbatang lentur, panjang, tidak mudah patah, serta batang tanaman ini bersdekatan dengan tanah. Perkembangbiakan tanaman dengan cara ini, misalnya pada tanaman  stroberi dan anggur.

Silahkan Baca :

Baca juga Buku SMP :

Demikian artikel tentang, Jenis Perkembangbiakan Vegetatif Buatan Tumbuhan dan Contohnya. Terima kasih telah berkunjung di Website Sedulurtani.com. dan semoga bermanfaat bagi Anda.

Follow Facebook sedulurtani.com, untuk mendapatkan informasi terbaru terkait pertanian dan pendidikan dengan cara Klik disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.