Informasi Pendaftaran CPNS Tahun 2019

Informasi Pendaftaran CPNS Tahun 2019

Sedulurtani.com. Informasi pendaftaran CPNS tahun 2019 ini merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Dimana pemerintah telah berencana untuk membuka pendaftaran CPNS di tahun 2019 ini.

Kepala Badan Kepegawaian, Bima Haria Wibisama mengatakan, bahwa pembukaan pendaftaran CPNS di tahun 2019 ini akan diselengarakan bulan Oktober mendatang.

Akan tetapi, Bima juga menambahkan kalau pendaftaran CPNS di tahun ini masih menunggu persetujuan Presiden Joko Widodo.

Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin mengatakan, bahwa seleksi pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil 2019 akan dibuka usai pelantikan Presiden Republik Indonesia.

Beliau menyebutkan, jika kemungkinan pendaftaran CPNS akan diselenggarakan pada tanggal 20 Oktober ke atas.

Sementara itu, untuk pengankatan pegawai honorer menjadi PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) tidak dilakukan secara bersamaan dengan pembukaan CPNS.

Pada pesan berantai yang sedang beredar di media sosial pemerintah akan membuka 150.000 lowongan. Dimana rekrutmen terdiri dari 100.000 tenaga guru baik SD, SMP,maupun SMA/SMK, dan 50.000 untuk tenaga kesehatan meliputi bidan, perawat, dokter dan lain-lain.

Informasi Pendaftaran CPNS
Informasi Pendaftaran CPNS

Pada rekrutmen CPNS di tahun 2019 ini dapat diikuti oleh lulusan SMA/ SMK, D3, dan S1 segala jurusan. Adapun persyaratan umum untuk mengikuti CPNS, yaitu berusia 20 tahun ke atas hingga batas maksimal 35 tahun. Sedangkan untuk PPPK berusia 35 sampai 58 tahun.

BKN telah memastikan bahwa seluruh instansi Kementerian Lembaga baik daerah maupun pusat sudah menyetorkan data kebutuhan pegawai untuk seleksi CPNS tahun 2019.

Dengan demikian, hal tersebut membuktikan bahwa pembukaan Calon Pegawai Negeri Sipil pada tahun ini akan dilakukan bulan Oktober mendatang.

Informasi Pendaftaran CPNS Tahun 2019

Selanjutnya setelah usai pendaftaran formasi yang dibutuhkan Kementerian dan Lembaga adalah melakukan verifikasi antara pengajuan kebutuhan pegawai dengan data pegawai yang ada di lapangan. Bima menyebut, bahwa pemerintah akan segera melakukan rapat terbatas untuk memastikan kapan pembukaan seleksi mulai dibuka..

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyampaikan terdapat empat kendala yang banyak dialami oleh pelamar saat seleksi CPNS tahun 2018 lalu. Hal yang demikian menjadi evaluasi dalam perekrutan Aparatur Sipil Negara (ASN) ditahun 2019 ini.

Bima Haria Wibisana seorang Kepala BKN sekaligus ketua Panetia Pelaksanaan ASN  menyampaikan, bahwa salah satu kendala pertama pada CPNS 2018 lalu yakni terkait data kependudukan.

Dimana database kependudukan tidak update, terutama kesulitan pelamar dalam melakukan update KTP dan KK di Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil Daerah dan pusat.

Bagi Anda yang minat untuk mengiikuti CPNS dan PPPK, maka perisapkan diri Anda dan juga berkas-berkas terkait.

Demikian informasi yang dapat Admin sampaikan, semoga bermanfaat, terima kasih atas kunjungan Anda.

Baca juga :

Follow saya diFacebook

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.