Perkembangbiakan Hewan Generatif dan Vegetatif Serta Contohnya

Perkembangbiakan Hewan Generatif dan Vegetatif Serta Contohnya

Sedulurtani.com. Perkembangbiakan pada hewan terbagi menjadi dua macam, yaitu secara generatif dan vegetatif.

Perkembangbiakan generatif atau disebut juga perkembangbiakan seksual terjadi jika sel kelamin jantan (spermatozoid) bertemu dengan sel kelamin betina (sel telur). Perkembangbiakan generatif terbagi menjadi tiga jenis, yaitu ovipar, vivipar, dan ovovivipar.

Sementara itu, perkembangbiakan vegetatif disebut juga sebagai perkembangbiakan aseksual (tidak melalui perkawinan). Terdapat tiga cara perkembangbiakan vegetatif pada hewan, antara lain tunas, fragmentasi, dan membelah diri.

Berbagai Macam Cara Perkembangbiakan Hewan Secara Generatif Dengan Contohnya

1. Ovipar (Bertelur)

Ovipar adalah perkembangbiakan pada hewan yang dilakukan dengan cara bertelur dan biasanya dilakukan unggas dan reptil. Ovipar berasal dari kata “ovum” yang berarti telur. Setelah hewan bertelur, maka induknya  akan mengerami telur tersebut dalam beberapa waktu sampai telur tersebut menetas.

Jadi, pertumbuhan dan perkembangan embrio hewan ovipar terjadi di luar tubuh induknya. Embrio hewan ovipar akan dilindungi dengan cangkang telur. Telur yang dikeluarkan oleh hewan ovipar dilengkapi dengan kuning telur atau yolk.

Fungsi dari kuning telur tersebut adalah dijadikan sebagai cadangan makanan untuk embrio yang tumbuh di dalam telur tersebut.

Embrio yang tumbuh sempurna akan menetas dan keluar dari cangkang telur menjadi individu baru yang sejenis. Contoh hewan bertelur, yaitu ayam, bebek, dan angsa.

Ciri-ciri umum dari hewan ovipar :

  • Tidak mengalami masa mengandung
  • Tidak memiliki kelenjar susu
  • Tidak menyusui anaknya
  • Tubuh ditumbuhi penuh bulu
  • Tidak memiliki daun telinga

2. VIVIPAR (Melahirkan)

Vivipar merupakan perkembangbiakan hewan yang dilakukan dengan cara melahirkan atau beranak. Perkembangbiakan vivipar banyak dilakukan oleh mamalia atau hewan menyusui.

Setelah terjadi pembuahan, embrio akan tumbuh dan berkembang dalam rahim betina. Selama berada dalam kandungan embrio akan tetap mendapatkan makanan dari apa yang dimakan oleh induknya melalui plasenta. Contoh hewan melahirkan, yaitu anjing, singa, dan kucing.

Berikut adalah ciri-ciri hewan yang berkembangbiak dengan cara vivipar :

  • Menyusui anaknya (mamalia).
  • Mempunyai daun telinga.
  • Tubuhnya ditutupi dengan bulu atau rambut.
  • Induk mengandung keturunannya selama beberapa waktu.
  • Mempunyai kelenjar susu.

3. OVOVIVIPAR (Bertelur dan Melahirkan)

Ovovivipar merupakan perkembangbiakan secara kawin yang dilakukan dengan cara bertelur sekaligus melahirkan. Dimana perkembangbiakan ovovivipar ini merupakan kombinasi dari dua tadi.

Ketika terjadi pembuahan, maka embrio yang dihasilkan akan tumbuh dan berkembang di dalam telur. Hal ini memeng sedikit mirip vivipar, akan tetapi pada perkembangikan dengan cara ovovivipar, telur tersebut tidak akan dikeluarkan dari tubuh induknya, melainkan akan tetap berada di dalam tubuh induknya sampai telur tersebut menetas.

Apabila telur sudah menetas, baru anak tersebut dilahirkan dari tubuh induknya. Contoh hewan yang berkembangbiak dengan ovovivipar, seperti halnya platypus, kuda laut, beberapa spesies ikan hiu, dan iguana.

Berikut ini adalah ciri-ciri hewan yang berkembangbiak dengan cara ovovivipar :

  • Telur menetas di dalam tubuh induknya
  • Anak hewan dikeluarkan dengan cara melahirkan
  • Cadangan makanan embrio berasal dari dalam telur

Selanjutnya, yaitu berbagai macam cara perkembangbiakan hewan secara vegetatif dengan contohnya

perkembangbiakan hewan
perkembangbiakan hewan

1. TUNAS

Pertunasan merupakan cara perkembangbiakan hewan yang dilakukan dengan membentuk tunas baru pada tubuhnya.

Ketika tunas dalam tubuhnya induknya sudah dewasa, maka tunas tersebut akan berpisah dengan induknya dan membentuk individu baru.

Organisme baru yang terbentuk merupakan hasil kloning dari induknya sendiri dan secara genetik memiliki susunan gen yang sama dengan organisme induk.

Contoh hewan yang berkembangbiak dengan pertunasan adalah hydraporifera, dan coelenterata.

2. FRAGMENTASI

Fragmentasi merupakan cara berkembang biak pada hewan dengan teknik memutuskan bagian tubuhnya atau memotong tubuhnya menjadi dua bagian untuk membentuk organisme baru. Setelah itu kedua potongan tubuh tersebut akan membentuk dua individu yang baru.

Adapun contoh dari hewan yang berkembangbiak dengan fragmentasi, yaitu caing pipih dan cacing pita.

Perkembangbiakan Hewan Generatif dan Vegetatif Serta Contohnya

3. MEMBELAH DIRI

Membelah diri merupakan perkembangbiakan pada hewan yang dilakukan dengan cara  membagi tubuhnya menjadi dua bagian yang sama. Perkembangbiakan dengan membelah diri dilakukan oleh hewan bersel satu.

Perkembangbiakan dengan cara membelah diri ini diawali inti sel hewan bersel satu akan membelah diri menjadi dua bagian.

Pembelahan diri menjadi dua bagian ini diikuti dengan pembelahan cairan dan dinding sel yang akan menghasilkan organisme baru.

Contoh hewan yang berkembangbiak dengan cara membelah diri adalah amoebaprotozoa, dan paramecium.

Baca juga Buku SMP :

Silahkan Baca :

Demikian artikel tentang, Cara Perkembangbiakan Hewan Secara Genratif dan Vegetatif . Terima kasih telah berkunjung di Sedulurtani.com. dan semoga artikel ini bermanfaat.

Follow Facebook sedulurtani.com, untuk mendapatkan informasi terbaru terkait pertanian dan pendidikan dengan cara Klik disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.